Wajib Tahu! Pentingnya Kemampuan Mengatur Waktu dalam Tes IELTS dan TOEFL (Bagian 1)

zowhy.com – Memang pengetahuan dalam berbahasa Inggris itu berperan sangat penting agar kita bisa meraih nilai IELTS dan TOEFL yang tinggi. Tapi, tahu tidak sih kalau selain pengetahuan, ada hal lain yang sama pentingnya biar nilai TOEFL dan IELTS mu tinggi. Apa itu? Time Management atau kemampuan mengatur waktu.

Baca juga: Kursus TOEFL

Banyak yang menganggap kemampuan mengatur waktu itu hanya skill yang dibutuhkan oleh teman-teman yang suka merencanakan sesuatu, padahal semua orang harus bisa loh mengatur waktu. Kemampuan mengatur waktu yang benar bisa membantu kamu work smarter not harder, jadi kamu bisa mengerjakan lebih banyak hal dengan waktu yang lebih sedikit. Nah, time management ini tidak hanya dibutuhkan untuk mengatur alokasi waktu antar aktifitas, misal mengerjakan esai A dan belajar untuk ujian B, tetapi juga manajemen waktu saat ujian berlangsung. Kemampuan ini tentunya sangat penting untuk tes-tes dengan batas waktu seperti IELTS dan TOEFL.

Baca juga: Kenapa Mendaftar IELTS?

Nah, sebelum masuk ke ujiannya sendiri, ada beberapa hal  yang kamu persiapkan, yaitu:

  • Biasakan diri dengan bentuk soal IELTS maupun TOEFL lewat tes-tes percobaan seperti IELTS simulation test, TOEFL preparation test, ataupun tes-tes online yang bisa kamu akses secara gratis.
  • Pastikan kamu mengukur waktumu saat selesai mengerjakan satu bagian, dicatat waktu dan hasilnya. Lalu, bandingkan dengan hasil catatan waktu dan nilaimu dites berikutnya.
  • Persiapkan dirimu sebelum mengikuti tes dengan menyiapkan topik-topik seperti teknologi, pendidikan, pariwisata, dan lingkungan. Perbanyak riset dan membaca hal-hal yang berhubungan dengan topik-topik yang sering diujikan IELTS atau TOEFL.

Kalau kamu sudah berhasil melakukan hal-hal tadi, ini saatnya kamu belajar manajemen waktu saat IELTS dan TOEFL.

Baca juga: Belajar IELTS Dengan Cara yang Menyenangkan

Manajemen waktu IELTS

Listening Section

  • 40 pertanyaan, 4 bagian, 30 menit. Bagian pertama dan ketiga, akan ada 2 pembicara, sementara bagian kedua dan keempat memiliki 1 pembicara. Perhatikan pergantian antara pembicara satu dengan yang lain dalam dialog 2 orang. Bagian terakhir akan lumayan sulit karena materinya adalah materi kuliah.
  • Setiap akhir sesi/bagian, kamu akan diberikan beberapa menit untuk mempersiapkan diri. Gunakan waktu ini sebaik mungkin, jangan mencoba membaca semua hal tapi bacalah bagian-bagian kosong yang akan membantu untuk mencari kata-katanya di rekaman.
  • Identifikasi pertanyaan dan kata kunci dari pertanyaan pilihan ganda. Perhatikan angka, nama, dan kejadian penting. Hal-hal ini akan membantu kamu mengetahui apakah pembicara direkaman sudah melewati bagian-bagian tertentu atau belum. Intinya, hal-hal ini bisa menjadi panduan dalam Listening.
  • Lihat sekilah diagram, peta dan grafik.  Perhatikan judul dan kata kunci, serta ingat detail yang ada di sumbe X dan Y.
  • Setelah semua rekaman selesai, kamu akan diberikan waktu 10 menit untuk memindahkan jawabanmu ke lembar jawaban.

Reading Section

  • 40 pertanyaan, 3 bagian, 60 menit. Tingkat kesulitan semakin meningkat di tiap bagian. Kamu harus tahu bagaimana cara membagi waktu yang dialokasikan untuk tiap bagian. Bacaan pertama: 15 menit, bacaan kedua: 20 menit, bacaan ketiga: 25 menit.
  • Di tiap bacaan, berikan waktu 3-5 menit untuk mencari kesalahan dan mengecek apakah kamu sudah memasukkan jawabanmu yang benar.
  • Berikan waktu 5-7 menit untuk mengerti tentang apa bacaan tersebut. Temukan ide pokok tiap paragraf dan tulis ringkasan pendek dari setiap paragraf di sebelahnya.
  • Garis bawahi kata-kata kunci karena ini akan mempersingkat waktumu mencari jawaban selagi mengerjakan soal
  • Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di satu soal, jika kamu tidak menemukan jawabannya, langsung pindah ke pertanyaan lain. Sebagai patokan, 1 soal maksimal kamu kerjakan selama 90 detik.

Writing Section

  •  2 tugas, 20 menit dan 40 menit. Bagian pertama biasanya adalah menulis surat atau deskripsi grafik yang diberikan waktu 20 menit. Bagian kedua adalah menulis esai dalam waktu 60 menit.
  • Untuk bagian 1, alokasikan waktu 3 menit untuk merencanakan/membuat kerangka penulisan, 15 menit untuk menulis dan 2 menit untuk memeriksa kembali apa yang sudah kamu tulis.
  • Karena bagian 1 hanyalah penulisan deksriptif, catat persis apapun yang kamu lihat.
  • Untuk bagian 2, alokasikan 5-7 menit untuk membuat kerangka penulisan, 30 menit untuk menulis, dan 3-5 menit untuk mengecek jawabanmu.
  • Saat merencanakan kerangka penulisan, pikirkan dan catat hal-hal penting apa yang akan kamu tulis untuk mendukung atau menolak topik tersebut.

Speaking Section

  • 11-14 menit, 3 bagian/sesi. Bagian pertama 4-5 menit, bagian kedua 3 menit, dan bagian ketiga 4-5 menit.
  • Bagian pertama kamu akan ditanya oleh penguji mengenai dirimu sendiri dan topik-topik yang berhubungan seperti keluarga, pekerjaan, studi, dan hobi/minat.
  • Bagian kedua kamu akan diberikan kartu dan penguji akan meminta kamu membicarakan sebuah topik. Kamu akan diberikan waktu 1 menit untuk bersiap-siap dan sampai 2 menit untuk berbicara. Setelah itu, penguji akan menanyakan 1-2 hal tentang topik ini untuk menutup sesi.
  • Bagian ketiga adalah sesi tanya jawab untuk topik dibagian kedua. Pertanyaan akan seputar konsep abstract dari topik tersebut dan pengembangannya.
  • Pastikan kamu tidak bertele-tele. Langsung ke inti yang mau kamu katakan tetapi jangan sampai kamu tidak mengucapkan cukup kata untuk memenuhi waktu-waktu tadi. Jangan sampai ada jeda yang terlalu lama juga ya.

Baca juga: Kursus Ielts Online

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu jadikan panduan dalam mengerjakan IELTS. Kesimpulannya, kamu harus punya rencana dan pembagian waktu yang matang saat mengerjakan soal IELTS. Tidak mau kan kalau gara-gara pembagian waktu yang tidak benar kamu jadinya tidak menjawab beberapa soal? Selain itu, pastikan selalu datang lebih awal dari waktu tes agar kamu punya waktu untuk mempersiapkan diri dan menenangkan pikiran.

Bagaimana dengan TOEFL? Akan ada di artikel selanjutnya ya, karena artikel ini akan jadi panjang sekali kalau disatukan. Semoga bermanfaat!

error: Content is protected !!