Trend Strategi Marketing di Indonesia Tahun 2021

Moorah Seperti halnya trend bisnis online yang semakin meningkat. Strategi marketing yang akan booming di Indonesia pada tahun 2021 diperkirakan masih didominasi oleh digital marketing.

Apalagi ditambah dengan perkembangan teknologi modern yang semakin pesat, dengan update-update terbarunya setiap hari. Para pebisnis online pun mulai mencari-cari strategi marketing terbaru yang up-to-date untuk menarik konsumen.

Jika anda adalah pemula di dunia bisnis online, anda bisa melihat beberapa trend strategi marketing di Indonesia tahun 2021 di bawah ini:

Video Marketing

Dengan semakin cepatnya kecepatan internet, banyak pengguna internet sekarang yang menggemari berbagai konten dalam bentuk video daripada gambar. Melalui video banyak informasi yang bisa didapat seperti visual, audio, dan tulisan.

Strategi marketing pun mulai merambah ranah video, mulai dari iklan video di platform Youtube, memasukkan brand ke dalam vlog, hingga membuat akun tik-tok yang sekarang sedang digemari anak muda Indonesia. Selain lebih menarik, video juga dapat memberikan kesan lebih akrab dan dekat dengan konsumen.

Berbagai unsur seperti review, testimoni, pengaplikasian, sampai tutorial penggunaan pun bisa dimasukkan sekaligus ke dalam video. Karena itulah, video marketing sekarang banyak digemari oleh para pelaku bisnis.

Influencer

Strategi digital marketing melalui influencer merupakan trend terbaru yang sekarang ini cukup efektif dan banyak diminati. Cara penerapannya pun mudah dan menguntungkan.

Strategi ini biasanya diterapkan dengan menyisipkan produk atau brand dalam konten si influencer, bisa postingan atau juga video di akun Youtube-nya. Apalagi jika influencer yang dipilih memiliki banyak followers dan subscriber, kemungkinan brand atau produk menjadi dikenal banyak orang pun semakin besar.

Strategi ini juga memungkinkan untuk menarget pasar yang lebih spesifik dan personal, karena influencer yang dipilih biasanya adalah yang memiliki konten yang berhubungan dengan bidang bisnis tersebut, misalnya memilih vlogger yang sering meng-upload video OOTD untuk mempromosikan bisnis fashion.

Iklan Digital

Apakah kalian merasa akhir-akhir ini saat kalian sedang ber-internet kalian menemukan banyak iklan berseliweran? Ya, jangan kaget karena Iklan Digital termasuk ke dalam strategi digital marketing yang cukup digemari.

Iklan digital dianggap mampu memperkenalkan dan memasarkan merek atau brand produk dengan baik. Semakin banyak iklan yang ditampilkan, maka para calon konsumen akan semakin terbiasa dan akhirnya penasaran untuk mencari tahu mengenai produk tersebut, apalagi jika ditambah dengan Bahasa dan visual yang menarik.

Iklan digital juga bisa disesuaikan penempatannya pada tempat-tempat tertentu sehingga lebih spesifik dalam memilih target pasar. Beberapa media yang biasanya digunakan untuk ber-iklan digital diantaranya adalah Google, Facebook, dan Youtube.

Stories di Media Sosial

Bagi anda pengguna media sosial, pasti sudah familiar dengan fitur stories. Kebanyakan media sosial sekarang memiliki fitur ini untuk memajang status pengguna dalam jangka waktu singkat, contohnya adalah Instagram, Facebook, Whatsapp, dan yang paling terbaru, Twitter.

Selain menulis status tentang kehidupan sehari-hari, fitur stories ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi bisnis yang efektif. Kebanyakan yang memanfaatkannya adalah pelaku usaha kecil atau rumahan.

Strategi ini dapat membuat konsumen merasa penasaran dan tertarik karena promosi hanya muncul sebentar. Apalagi jika ditambah dengan kalimat persuasive dan promosi yang berulang, maka kemungkinan calon konsumen mendekat pun semakin besar.

Strategi memanfaatkan fitur stories di sosial media ini dianggap sebagai strategi digital marketing yang cukup efektif dan tanpa biaya.

baca juga

    Konten Website

    Website diperkirakan masih menjadi elemen penting dalam dunia digital marketing di tahun 2021. Apalagi dengan semakin banyak bisnis yang beralih ke online, persaingan di halaman mesin pencarian pun semakin ketat.

    Beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan performa website adalah dengan memperbaiki tampilan dan konten atau isi dari website itu sendiri. Calon konsumen tentunya akan memilih untuk mengunjungi website dengan tampilan yang menarik, navigasi yang mudah, dan tentunya informatif.

    Bagi anda pemula dalam berbisnis online, tidak perlu panik dan bingung. Karena sekarang ada banyak jasa pembuatan website yang menawarkan berbagai paket menarik dengan harga terjangkau.

    Salah satunya adalah https://zowhy.com/. Moorah menghadirkan berbagai pilihan paket pembuatan website yang efektif dan tentunya dapat membantu promosi bisnis anda.

    Pilihan tampilan layout yang disediakan pun beragam dan bisa disesuaikan dengan bidang bisnis dan selera anda.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!