Toefl Prediction ITP

Toefl Prediction ITP

zowhy.com – Toefl merupakan sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kita dalam Bahasa Inggris. Hasil tes tersebut akan dicantumkan dalam sebuah sertifikat.

Apabila skor yang didapat mampu memenuhi commonplace, sertifikat Toefl tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal, misal melamar pekerjaan, masuk ke perguruan tinggi, syarat wisuda atau CPNS.

Kemampuan bahasa inggris saat ini tidak bisa kita pandang sebelah mata, karena hampir semua instansi saat ini mewajibkan penguasaan bahasa inggris.

Terlebih instansi pendidikan kita, dari Sekolah Dasar atau mungkin sejak Taman Kanak-kanak sudah diajarkan bahasa inggris.

Bahkan ketika masih ada Ujian Nasional, Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang yang harus ditempuh oleh siswa agar dapat dinyatakan lulus di jenjang pendidikan yang sedang ditempuh.

Macam-Macam Tes Bahasa Inggris

Tes kemampuan bahasa inggris sebenarnya terdapat berbagai macam, tidak hanya Toefl saja. Masih ada IELS dan TOEIC.

Masing-masing tes kemampuan Bahasa Inggris tersebut memiliki ciri khas masing-masing:

  1. TOEFL (Check of English Overseas Language)

TOEFL yaitu merupakan salah satu tes prediction toefl untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang ingin bekerja/belajar di luar negeri.

Tes ini dibagi kedalam tiga bagian yakni mendengar (listening), struktur (construction), dan membaca (studying).

Para peserta tes akan diberikan waktu sekitar 20-40 menit untuk mengerjakan tiap-tiap bagian tes. Perlu diketahui juga bahwa ada terdapat bermacam-macam tes TOEFL:

  • PBT (Paper Primarily based Check)
  • CBT (Pc Primarily based Check)
  • IBT (Web Primarily based Check)
  • ITP (Institutional Check Prediction)
  • prediction take a look at atau tes prediksi.

Masing-masing tes tersebut juga memiliki ciri khas berbeda, scoring yang berbeda dan juga kegunaan yang berbeda pula.

  • IELS (Worldwide English Language Testing System)

Tes ini hampir sama dengan tes TOEFL. Tes IELTS ini biasanya ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris setiap orang yang ingin melanjutkan kuliah S2 atau S3 di laur negeri.

Sedikit berbeda dengan TOEFL, di dalam tes IELTS terdapat tes dialog yang di deal with langsung oleh native speaker Bahasa Inggris.

Tidak hanya itu pada tes ini para peserta akan lebih ditekankan untuk tes kemampuan di bidang british english. Kemudian nilai tertinggi yang dapat diperoleh di tes ini adalah 9.0

  • TOEIC (Check of English for Worldwide Communication)

Boleh dibilang tes ini adalah tes yang paling berbeda dari kedua tes di atas dari segi kegunaannya. Karena tes ini lebih ditujukan untuk melamar pekerjaan di luar negeri.

Rentan skor yang bisa di dapat seseorang jika melakukan tes ini adala mulai dari yang terendah yaitu 10 dan yang tertinggi adalah 990.

TOEFL ITP dan Bagian-Bagiannya

Kita disini akan lebih khusus mengulas terkait Toefl ITP yang kebanyakan ditujukan untuk keperluan research. Baik untuk memperoleh beasiswa, syarat masuk ataupun juga syarat wisuda.

Boleh dibilang tes Toefl ITP ini adalah tes bahasa inggris dengan biaya termurah  yaitu hanya kisaran 475 – 600 ribu saja tergantung lokasi dari penyelenggara tes.

Hal ini beda jauh dengan tes toefl lainnya seperti IBT dan IELS yang membutuhkan biaya sampai 2,6 juta sampai 2,9 juta.

Karena tergolong murah maka tes Toefl ITP ini menjadi yang terfavorit di antara tes-tes bahasa inggris lainnya.

Tes Toefl ITP ini bersifata Paper Primarily based Check, artinya dikerjakan langsung di kertas atau lember jawaban yang sudah disediakan oleh penyelenggara.

Alat-alat yang dibutuhkan adalah Pensil 2B, penghapus, rautan, dan alas untuk lembar jawaban. Sehingga perlu disiapkan diawal semaksimal mungkin.

Pengguna tes ini biasanya selain mahasiswa dan calon mahasiswa adalah para Pegawai Negeri Sipil, calon karyawan BUMN dan para Dosen atau tenaga pendidik lainnya.

Tes Toefl ITP ini terdapat tiga bagian, yaitu listening (mendengarkan) construction and written expression (tata bahasa) dan studying (membaca).

Jika dijumlahkan whole tes ini akan berlangsung selama 115 menit. Semua soal disajikan dalam pilihan ganda dengan whole soal sebanyak 140 soal.

Skor terendah yang bisa diperoleh peserta adalah 310 dan skor tertinggi yang bisa diperoleh adalah 677.

Lebih element sebagai berikut:

  • Listening (mendengarkan) part terdiri dari 50 soal dengan durasi waktu 35 menit dan jumlah skor yang bisa didapat adalah 31-68
  • Construction and written expression (tata bahasa) part terdiri dari 40 soal dengan durasi waktu 25 menit dan jumlah skor yang bisa didapat adalah 31-68
  • Studying (membaca) part terdiri dari 50 soal dengan durasi waktu 55 menit dan jumlah skor yang bisa didapat adalah 31-67

Setelah mengerjakan tes Toefl ITP setiap peserta akan mendapatkan sertifikat sesuai dengan skor yang diperoleh dan masa berlakunya adalah 2 tahun.

baca juga

Skor Minimal di Berbagai Instansi

Setiap instansi tentu akan menentukan skor minimal yang harus dicapai seseorang untuk dapat sesuai dengan commonplace dari instansi tersebut.

Jika kita ingin menjadi layak dan sesuai commonplace tersebut tentu kewajiban kita adalah memenuhi skor minimal yang sudah ditetapkan, meskipun skor maksimal adalah sebuah dambaan tersendiri.

TIdak hanya dambaan bahkan itu bisa menjadi kepuasan dan prestasi tersendiri. Nah, berikut adalah skor minimal yang ditetapkan diberbagai instansi atau juga berbagai keperluan lainnya:

  • Untuk instansi pemerintahan dan juga BUMN biasanya menetapkan syarat minimal untuk skor ITP adalah 500
  • Jika ingin memperoleh beasiswa LPDP syarat skor minimal yang harus ditempuh setidaknya adalah 550
  • Pegawai Negeri Sipil skornya tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan BUMN dan LPDP yaitu sebesar 450
  • Rata-rata di seluruh perguruan tinggi indonesia mensyaratkan untuk mendapatkan gelar magister harus mendapatkan skor minimal  sebesar 500
  • Untuk syarat melamar pekerjaan umum, skor yang harus didapat sama halnya dengan PNS yaitu minimal diangka 450

Suggestions Mengerjakan Tes Toefl ITP

Setalah kita mendaftar untuk mengikuti tes Toefl ITP dan juga sudah membayar, yang perlu kita lakukan adalah melakukan persiapan sebelum tes agar ketika tes sudah siap semua.

Nah, kemudian berikut ada ideas untuk mengerjakan tes Toefl ITP ini:

  1. Siapkan barang-barang yang harus dibawa ke ruangan berupa SIM atau KTP, Pensil 2B, Penghapus, Rautan Pensil, dan Alasa Lembar Kerja (biar tidak bolong ketika menghitamkan jawaban)
  • Ketika pengawas bertanya terkait suara/quantity sound system yang akan digunakan untuk tes bagian listening sudah sesuai atau cukup, jawab saja secara jujur. Pastikan kita bisa mendengar dengan jelas.
  • Bawalah pensil 2B lebih dari 1, hal ini agar kita tidak terlalu sering meraut pensil 2B kita dalam ruangan, karena akan menghabiskan waktu.
  • Kenakanlah pakaian yang nyaman agar tidak menggaggu ketika proses mengerjakan tes dan juga sopan. Karena beberapa instansi tidak memperbolehkan peserta masuk jika tidak menggunakan baju sopan.
  • Pastikan pengapus kita dalam keadaan bersih, karena tes ini dikoreksi dengan komputer, jadi kalau penghapus kita kotor dan berakibat merusak lembar jawaban takutnya nanti hasil jawaban kita tidak bisa dikoreksi di komputer.
  • Maksimalkan bagian tes yang paling kita kuasai. Misal jika kita merasa paling unggul dibagian construction bisa dimaksimalkan dengan mengerjakan secara cepat dan pastikan 90% benar. Kemudian waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mengerjakan tes lain yang menjadi kelemahan kita.
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

You May Also Like