Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Secara Profesional

zowhy.com – Bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang penting dimiliki untuk bisa bertahan di dunia kerja. Jaman sekarang hampir semua perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris. Dan kalian juga akan banyak menjumpai Bahasa Inggris dalam lingkup kerja kalian.

Jika kalian bingung harus mulai belajar Bahasa Inggris dari mana, kalian bisa mulai dengan belajar cara berkomunikasi. Ada beberapa jenis komunikasi yang paling sering menggunakan Bahasa Inggris, entah itu dengan calon karyawan, rekan kerja, partner kerja, ataupun klien.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mulai membangun kemampuan komunikasi Bahasa Inggris kalian:

Menggunakan Bahasa Inggris Secara Profesional

Dalam setiap Bahasa, ada tipe Bahasa formal dan non-formal, begitu juga dalam Bahasa Inggris. Jika ingin dianggap profesional, kalian harus dapat membedakan penggunaan kedua tipe Bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kalian bisa mulai berlatih saat berdiskusi dengan rekan kerja kalian.

Perhatikan juga bagaimana menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat, mengklarifikasi, atau membuat kesimpulan. Hati-hati dalam memilih kata, gesture, dan intonasi yang kalian gunakan, karena itu dapat menunjukan ketidakmampuan kalian dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Kalian juga bisa berlatih sesuai dengan bidang kerja kalian, misalnya latihan melakukan interview dalam Bahasa Inggris, atau menjelaskan dan memasarkan suatu produk dalam Bahasa Inggris.

Sehingga nantinya, kalian tidak kaget jika tiba-tiba harus berkomunikasi dengan rekan dari luar negeri. Dengan banyak latihan, kalian akan bisa menjadi lebih fasih dan percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris di lingkungan kerja.

Menulis Email dalam Bahasa Inggris

Selain komunikasi lisan, komunikasi dalam bentuk tertulis juga sering dilakukan dalam dunia kerja. Dalam email kalian harus menggunakan Bahasa Inggris yang formal supaya terlihat profesional. Selain itu penggunaan grammar dan pemilihan kosa kata yang baik juga menjadi poin penting.

Ada banyak jenis email yang biasanya digunakan, email untuk memperkenalkan diri, mengumumkan sesuatu, membuat permintaan, hingga email untuk memohon maaf. Kesemuanya menggunakan jenis tata Bahasa yang berbeda.

Kalian bisa berlatih menulis berbagai jenis email dalam Bahasa Inggris dengan melihat contoh email profesional lain, sehingga kalian juga akan bisa memahami format yang benar. Mempelajari teknik penulisan dan penggunaan tanda baca juga bisa memperindah email kalian.

Membuat CV dalam Bahasa Inggris

Untuk para pencari kerja, CV tentunya menjadi elemen penting yang menjadi pintu pertama perkenalan kalian dengan perusahaan. Sekarang ini juga banyak perusahaan yang meminta CV dan atau resume dalam Bahasa Inggris. Kalian bisa melihat berbagai contoh CV dan resume di internet dan mempelajari tipe grammar, teknik penulisan, dan kosa kata yang digunakan.

Biasanya yang dibutuhkan adalah kemampuan menggunakan Bahasa Inggris untuk menulis seputar diri sendiri, entah itu pengalaman kerja atau riwayat pendidikan. Pemilihan kata dan penggunaan Bahasa yang rapi dan runtut bisa menambah poin kalian di mata perusahaan.

Berpartisipasi dalam Rapat Berbahasa Inggris

Jika kalian sudah bekerja di lingkungan kerja yang berbahasa Inggris, rapat bisa menjadi sarana pembelajaran. Jangan hanya diam dan memperhatikan, cobalah sesekali untuk bertanya atau menyampaikan pendapat.

Dengan begitu kalian bisa menguji kemampuan komunikasi Bahasa Inggris kalian untuk menyampaikan maksud tertentu. Usahakan bicara dengan jelas dan tidak berbelit-belit, supaya semua orang bisa paham apa yang kalian utarakan.

Melakukan Presentasi dalam Bahasa Inggris

Sejak di bangku sekolah atau kuliah, pasti banyak yang pernah melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris.

Walaupun sama-sama presentasi, tapi di lingkungan kerja konteksnya akan sedikit berbeda.Jika di jaman kuliah kalian hanya melakukan presentasi dengan membaca slide yang sudah ada, di dunia kerja jangan lakukan hal itu. Itu dapat membuat kalian terlihat tidak profesional.

baca juga

Berlatihlah dengan menjadikan presentasi dari para senior kalian sebagai acuan. Berlatihlah untuk membuat slide yang simpel dan efektif. Selama presentasi juga jangan lupa untuk berkomunikasi dengan penonton dan buatlah presentasi kalian semenarik mungkin untuk dapat membuat mereka terus fokus hingga akhir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!