Tips Mengajar Kursus Bahasa Inggris Bisnis

Bahasa Inggris bisnis saat ini menjadi hal yang penting dikuasai dalam dunia ekonomi dan bisnis yang tengah berkembang.

Akan ada banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris ini untuk mengembangkan usaha atau meningkatkan peluang kerja.

Jika Anda adalah seorang pengajar bahasa Inggris maka Anda juga dapat mengajarkan bahasa Inggris di kursus bahasa inggris bisnis kepada murid Anda.

Saat ini, kebanyakan orang hanya menguasai bahasa Inggris dasar sebagai sarana berkomunikasi dalam dunia bisnis.

Berikut beberapa tips mengajarkan bahasa Inggris bisnis untuk mereka yang hanya menguasai bahasa Inggris basic atau pemula yang disebut dengan istilah A1 dan A2!

Diskusikan tujuan dan minat

Saat Anda mengajar bahasa Inggris bisnis di lembaga kursus bahasa inggris tentu Anda akan mengajarkan bahasa tersebut pada orang dewasa yang sudah masuk ke dunia kerja.

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri karena mereka juga tidak punya banyak waktu untuk belajar.

Oleh sebab itu, sebelum memulai suatu program ada baiknya Anda  diskusikan terlebih dahulu tujuan atau maksudnya ingin dicapai oleh murid.

Misalnya saja jika murid anda hanya ingin fokus pada latihan sticking atau cara menulis surat maupun email dalam bahasa Inggris  yang benar.

Sebagai seorang pengajar Anda harus dapat memberikan arahan tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar ia dapat menguasai keterampilan tersebut.

Pekerjaan dan dunia bisnis saat ini semakin berkembang oleh sebab itu Anda juga harus tetap memberikan prioritas materi sesuai dengan kebutuhan pelajar.

Fokus pada kosakata

Mempelajari kosakata yang berkaitan dengan dunia kerja dan bisnis adalah prioritas dalam pembelajaran.

Mereka yang ada pada level rendah atau low level learner harus belajar banyak kosakata dan menyerapnya agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisnis.

Dengan belajar kosakata yang  menyangkut dunia kerja, ekonomi dan bisnis agar membuat mereka dapat menyampaikan informasi dengan lebih efektif.

Itulah sebabnya sangatlah penting untuk memberikan pelajaran dan kosakata dalam frekuensi yang cukup tinggi dalam kelas.

Beberapa hal yang perlu diajarkan antara lain lexical sets atau kosakata yang memiliki arti atau topik yang sama seperti hari, bulan, angka, kata kerja terkait dan sebagainya.

Selanjutnya Anda juga dapat mengajarkan collocation atau kombinasi kata kerja dan kata benda yang memiliki satu makna seperti place an order, have meeting, manage a team, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk sering memunculkan kosakata atau frasa yang fungsional yang biasanya digunakan untuk berbicara atau memberikan salam seperti how are you, how can I help you, dan sebagainya.

Berikan bantuan untuk mengingat

Mungkin Anda ingin murid anda belajar lebih cepat dengan memberikannya lebih banyak kosakata.

Meski demikian, akan sulit bagi seseorang untuk mengingat kosakata yang sangat banyak dalam satu hari.

Oleh sebab itu, sebaiknya berikan saja maksimal 10 hingga 20 kosakata perharinya dan bantu juga mereka untuk dapat mengingat dengan baik.

Salah satu cara yang dapat membantu murid belajar lebih baik adalah dengan mengaplikasikannya pada tugas yang yang terkait dengan pekerjaan seperti membuat email, menjawab telpon dan sebagainya.

Anda juga bisa meminta mereka untuk melengkapi kalimat yang telah Anda buat dengan kosakata yang diberikan di hari itu.

Dengan begitu mereka akan mengingat kosakata dengan lebih baik.

Di akhir pelajaran, Anda bisa memberikan permainan tentang kosakata yang sudah murid Anda pelajari pada sesi tersebut.

Maksimalkan waktu speaking

Speaking atau bicara dalam bahasa Inggris bisnis adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan oleh pelajar yang mengikuti kursus.

Lingkungan kelas dalam program kursus bahasa Inggris bisnis tentunya akan lebih kondusif dan akan membuat pelajar lebih merasa nyaman serta percaya diri.

Anda bisa menggunakan naskah potongan dialog dari audio maupun video sebagai alat untuk latihan diskusi.

Mintalah murid Anda untuk melatih speaking dengan temannya maupun dalam satu grup dengan dialog yang sudah disiapkan.

Setelah selesai, mereka bisa bertukar peran dengan teman dan mengulangi dialog tersebut.

Selain berdialog dengan menggunakan naskah, Anda juga bisa menuliskan dialog pada papan tulis kemudian menghapusnya secara bertahap.

Aktivitas tersebut dapat membuat murid mengingat dialog yang diberikan bahkan saat semua dialog sudah dihapus dari papan tulis.

Tidak hanya dengan latihan dialog, murid juga bisa berlatih speaking dengan melakukan aktivitas lain seperti games true or false, survey, kuesioner dan lainnya.

Selain memaksimalkan waktu untuk berlatih speaking Anda juga harus memberikan dukungan dan motivasi agar mereka lebih merasa percaya diri saat berbicara.

Praktikkan keahlian yang dibutuhkan

Para pelajar dalam kelas bahasa Inggris bisnis tentunya akan lebih termotivasi jika pembelajaran tersebut memiliki kaitan dengan bidang yang mereka jalani.

Dengan demikian, Anda harus sebisa mungkin menciptakan pembelajaran yang berhubungan dengan skill atau kemampuan yang dibutuhkan bidang bisnis dan dunia kerja.

Beberapa skill atau kemampuan yang biasanya menjadi prioritas adalah kemampuan sosialisasi, presentasi dan melakukan panggilan telepon.

Selain skill tersebut, skill atau kemampuan menulis juga penting untuk dipelajari termasuk kemampuan menulis pesan, email, proposal atau dokumen lain secara baik secara formal maupun informal.

Sebelum memulai kelas, pastikan Anda memberitahukan kepada murid tentang apa yang akan mereka pelajari pada hari tersebut misalnya menulis email atau melakukan pesanan lewat telepon.

Di akhir pembelajaran, Anda bisa melakukan tes atau assignment yang memastikan mereka mendapatkan kosakata yang terkait dan mampu melakukan tugas yang menjadi topik pada sesi tersebut.

Gunakan frase fungsional

Saat mengajarkan bahasa Inggris bisnis sebaiknya Anda lebih fokus pada frase fungsional yang dapat digunakan dalam dunia kerja.

Kenalkan lebih banyak frase untuk bicara dengan klien misalnya saat mereka melakukan kunjungan ke kantor mereka bisa menggunakan frasa seperti Nice to meet you, how can I help you, dan lainnya.

Berikan aktivitas roleplay dimana murid bisa melatih kemampuan kerja dan frase fungsional yang telah mereka pelajari.

Biarkan pelajar memikirkan dan menulis apa yang akan mereka ucapkan saat melakukan permainan peran tersebut misalnya jika mereka harus menyambut klien yang datang ke kantor atau menjawab panggilan telepon.

Mereka juga bisa melakukan latihan presentasi dengan memperkenalkan diri dan perusahaan di awal presentasi.

Atau jika hal tersebut tidak dapat dilakukan di kelas maka mereka bisa membuat sebuah video di rumah atau rekaman presentasi selanjutnya bisa dikumpulkan dan direview dalam kelas.

Itulah beberapa tips singkat untuk mengajarkan bahasa Inggris bisnis pada pelajar pemula.

Sangatlah penting untuk mereka belajar secara sederhana dan mengingat kosakata dengan mudah, serta membangun rasa percaya diri untuk bicara di depan umum.

Jika Anda adalah seorang pengajar dalam kelas kursus bahasa Inggris bisnis maka anda juga harus dapat memotivasi mereka untuk lebih percaya diri dan terus berlatih.

Lakukan riset dan gunakan berbagai metode untuk membuat pembelajaran menjadi lebih santai dan menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!