Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Asing

zowhy.com – Biasanya apa yang akan kalian lakukan untuk mengisi waktu luang? Mungkin kalian memilih menonton tv, membaca buku, atau main games. Atau mungkin ada yang milih untuk belajar Bahasa asing ? Nah, buat kalian yang sudah memantapkan niat untuk belajar Bahasa asing, salut deh. Berarti kalian sudah mempersiapkan otak dan tenaga untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebenarnya ada berbagai cara belajar yang bisa kalian pilih. Dua diantaranya adalah belajar sendiri atau otodidak dan belajar melalui lembaga kursus, baik offline maupun online. Kalau kalian memilih untuk mengikuti kursus Bahasa Asing, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan untuk memilih tempat kursus:

  1. Biaya

Biaya adalah faktor utama yang harus paling pertama dipertimbangkan sebelum memilih tempat kursus. Sesuaikan dengan budget kalian masing-masing, dan jangan memaksakan diri. Untuk lebih hemat, biasanya ada lembaga kursus yang menyediakan paket belajar secara terpisah yang harganya lebih murah dibandingkan full course, waktunya juga biasanya lebih singkat. Coba melakukan riset di lebih dari satu tempat kursus untuk mengetahui yang mana yang cocok dengan kantong.

  • Paket atau Program Belajar yang Ditawarkan

Tiap lembaga kursus memiliki pilihan paket dan program belajar yang beragam. Kalian bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya kalian butuh Bahasa Inggris untuk keperluan sekolah, atau butuh Bahasa Inggris untuk keperluan tes TOEFL dan IELTS. Coba tanyakan juga daftar materi yang akan diajarkan dan bagaimana target akhir kelasnya. Sesuaikan juga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas dengan jadwal anda.

  • Sesuaikan Dengan Kemampuan

Tips ini bisa digunakan saat akan memilih program belajar. Sesuaikan dengan level kemampuan Bahasa Inggris kalian, entah itu pemula, menengah, atau level tinggi. Biasanya lembaga kursus memberikan program belajar dan materi yang berbeda-beda tergantung level kemampuan murid. Dengan belajar pelan-pelan sesuai kemampuan kalian, kalian akan bisa membangun dasar yang kuat untuk lanjut ke level yang lebih tinggi.

  • Teman

Teman juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Kalian bisa bertanya pada teman kalian yang sudah pernah kursus tentang rekomendasi tempat kursus yang baik. Atau kalian juga bisa mengajak teman untuk bersama-sama mengikuti kursus. Dengan mengajak teman, motivasi belajar kalian akan bertambah dan kalian juga bisa menjadikan teman kalian partner untuk mempraktikkan materi yang sudah diajarkan. Tapi ingat, jangan malah bermain di kelas ya

  • Jadwal Belajar

Bagi yang memiliki kesibukan lain sehari-harinya, kalian harus menyesuaikan jadwal kursus ini dengan baik. Ada beberapa lembaga kursus yang menyediakan kelas malam untuk para karyawan atau pekerja yang ingin belajar Bahasa Inggris. Atau kalian bisa memilih kelas sore yang bisa diikuti sepulang sekolah. Pemilihan jadwal ini sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan. Jadi sebaiknya tanyakan dulu pilihan waktu kelas sebelum melakukan pendaftaran, dan tanyakan juga apakah jam kelasnya bisa dirubah jika memang tidak sesuai.

baca juga

  • Suasana Kelas dan Fasilitas

Bagi yang memilih mengikuti kelas offline atau tatap muka, suasana kelas berhak menjadi salah satu bahan pertimbangan. Suasana kelas yang gelap atau suram tentu saja akan mempengaruhi kondisi para muridnya. Lakukan survey ke kelas-kelas di tempat kursus yang akan kalian pilih. Periksa kursinya, luas ruangannya, dan sirkulasi udaranya. Fasilitas lengkap yang disediakan oleh pihak kursus juga bisa menjadi poin plus.

  • Pengajar

Biasanya yang menjadi guru atau pengajar di tempat kursus Bahasa asing adalah penutur asli Bahasa tersebut atau orang Indonesia yang fasih berbahasa Bahasa tersebut, atau bisa juga mahasiswa yang mengambil jurusan Bahasa tersebut di perkuliahan. Sebaiknya kalian memeriksa dulu kredibilitas tenaga pengajar yang ada di lembaga kursus yang akan kalian pilih. Biasanya penutur asli atau guru yang sudah memiliki gelar bisa menjadi pilihan yang terpercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!