Tips Memilih Kursus Bahasa Asing Sesuai Kemampuan

https://zowhy.com/ Memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang menghilangkan sekat batas geografis, kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu modal utama yang perlu dikuasai. Bagi orang Indonesia, bahasa asing tergolong bahasa ketiga setelah bahasa ibu dan bahasa nasional (bahasa Indonesia). Setidaknya ada satu bahasa asing yang perlu dikuasai sebelum Anda memasuki dunia akademik atau dunia kerja.

Orang yang mampu menguasai bahasa asing akan mendapatkan nilai plus. Apalagi sekarang PBB telah menetapkan beberapa bahasa asing selain bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, seperti bahasa Perancis, bahasa Spanyol, bahasa Arab, bahasa Rusia, dan bahasa Mandarin. Dengan menguasai setidaknya satu bahasa tersebut, Anda bisa lebih survive di tengah arus globalisasi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat menguasai bahasa asing secara profesional adalah dengan mengikuti kursus. Sudah ada banyak lembaga kursus di Indonesia yang memberikan layanan pembelajaran bahasa asing dari basis hingga tingkat lanjut. Anda dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Namun sebelum itu, agar tidak salah pilh Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan jika ingin memilih kursus bahasa asing.

Memahami Kebutuhan Anda

Anda harus paham apa yang Anda butuhkan dengan mempelajari bahasa asing. Misalnya, untuk keperluan komunikasi sehari-hari, untuk melanjutkan studi ke luar negeri, untuk keperluan akademik, dan lain-lain. Hal ini nanti berdampak pada sistem pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh jika ingin belajar bahasa asing untuk keperluan sehari-hari maka bisa dimulai dengan basic conversation. Beda lagi dengan bahasa asing untuk akademik yang membutuhkan pembelajaran lebih ilmiah.

Mencari Informasi Seputar Lembaga Kursus

Apabila Anda telah memahami kebutuhan, pilihlah lembaga kursus sesuai apa yang Anda butuhkan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya seputar lembaga kursus yang terpercaya. Perhatikan bagaimana kredibilitasnya, bagaimana outputnya, dan bagaimana reputasi lembaga tersebut secara keseluruhan. Kalau perlu amati juga review yang telah diberikan oleh para pembelajar di sana.

Anda harus ekstra selektif sebelum memutuskan akan belajar di lembaga kursus mana, karena hal ini berkaitan langsung dengan target capaian yang harus dicapai. Bayangkan jika Anda sudah mengalokasikan waktu dan biaya, tetapi ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Tentu Anda akan rugi banyak hal. Jadi pilihlah kursus bahasa asing yang mumpuni dan sesuai kapabilitas Anda.

Memilih Lokasi yang Sesuai

Kalau Anda tinggal di kota besar, maka opsi pilihan kursus yang tersedia sangatlah banyak. Lain lagi jika Anda hidup di kawasan yang jauh dari perkotaan, barangkali hanya ada lembaga kursus lokal dengan pilihan bahasa asing tidak terlalu banyak. Namun saat ini tak perlu bingung dengan keterbatasan geografis karena kursus bahasa asing online semakin banyak keberadaannya.

Sebenarnya kursus bahasa asing yang berbasis online lebih praktis dan fleksibel. Anda tidak perlu pergi ke lokasi dengan mobilitas yang membutuhkan tenaga dan biaya. Akses pembelajaran yang dilakukan secara online hanya butuh koneksi internet. Anda pun bebas mengaksesnya dari mana saja tanpa ada batasan tempat. Seperti zowhy.com yang memberikan kursus bahasa asing secara online.

zowhy.com menyediakan kursus bahasa asing berbasis daring yang dapat dijangkau meskipun beda kota bahkan beda provinsi. Selama Anda mempunyai koneksi internet yang stabil, maka pembelajaran pun dapat dilakukan secara fleksibel. Dengan reputasi bagus yang telah dicapai selama ini, zowhy.com bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin belajar bahasa asing tanpa harus bepergian keluar rumah.

Mengetahui Level dan Kemampuan Anda

Sebelum belajar lebih jauh tentang bahasa asing, Anda harus tahu sejauh mana level kemampuan. Pembelajaran setiap level sangat berbeda, karena belajar bahasa asing sifatnya berjenjang. Semakin tinggi level, tingkat kesulitan materinya semakin naik. Sebelum memulai pembelajaran biasanya lembaga kursus menyediakan tes untuk mengetahui level. Berikut level kemampuan bahasa asing.

  1. Level A1

Level ini disebut Beginner, yaitu tahapan di mana pembelajar dapat memahami frasa sederhana yang sering dipakai dalam keseharian. Dalam tahapan ini pembelajar juga bisa memperkenalkan diri secara singkat, serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan seputar diri sendiri dan aktivitas rutin.

  • Level A2

Level ini dinamakan Elementary, yaitu tahap di mana pembelajar mampu memahami kalimat yang lebih kompleks berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajar sudah bisa menggunakan kosakata untuk bertransaksi, dapat menjelaskan kondisi sekitar secara geografis, serta bisa saling tukar informasi seputar rutinitas.

  • Level B1

Level ini disebut Intermediate. Pada jenjang ini pembelajar bisa memahami persoalan harian yang terjadi di sekitar, misalnya berkenaan dengan pekerjaan, sekolah, hobi, dan sebagainya. Pembelajar bisa membuat tulisan yang runtut tentang minat pribadinya. Pembelajar tahap ini juga bisa bercerita seputar pengalaman pribadi.

  • Level B2

Level ini disebut juga Upper Intermediate, di mana pembelajar mampu memahami ide dari sebuah tulisan yang lebih kompleks, baik secara abstrak maupun konket. Pembelajar di tingkat ini sudah bisa berkomunikasi secara spontan dengan native speaker bahasa yang dipelajarinya. Pembelajar juga dapat menuliskan teks secara detail tentang beragam topik.

  • Level C1

Level ini disebut Advanced, yang mana pembelajar dapat memahami ide kebahasaan dan gagasan secara kompleks. Pembelajara sudah mampu mengekspresikan diri dengan spontan. Berbicaranya pun sudah lancar. Pada tataran ini pembelajar sudah siap masuk ke lingkungan akademik, kegiatan sosial, serta lingkup profesional. Dapat menyampaikan gagasan dengan terstruktur. komponen gramatikalnya pun sudah efektif dan efisien.

  • Level C2

Level ini ialah Master, yaitu tataran tertinggi di mana pembelajar sudah dapat memahami informasi dengan mudah baik secara tertulis maupun lisan. Pembelajar bisa membuat kesimpulan dari sumber yang diperoleh kemudian merekonstruksinya dengan koheren. Argumen yang disampaikan oleh pembelajar level ini sudah tersusun dengan baik, serta dapat mempresentasikan fakta maupun opini secara lancar.

Kursus bahasa asing melalui zowhy.com dapat membantu Anda untuk belajar sesuai kapasitas dan kemampuan. Materi yang diberikan disesuaikan level. Sistem pembelajaran yang kontinuitas sangat tepat dipilih jika Anda ingin mengejar kenaikan level secara cepat. Dengan bimbingan dari tutor profesional, Anda akan dibantu belajar bahasa asing secara komprehensif dan tertarget.

Di zowhy.com tersedia kursus bahasa asing dengan banyak pilihan. Tidak hanya bahasa Inggris saja, ada juga pembelajaran bahasa asing lain seperti China, Jepang, Arab, German, dan banyak lagi lainnya. Jadi Anda pun tak perlu pusing mencari tempat kursus bahasa lain jika ingin belajar multilingual, karena zowhy.com sudah menyediakan fasilitas dan tutornya.

baca juga

Mempertimbangkan Budget

Tips lain yang tak kalah penting dipertimbangkan ketika hendak memilih kursus bahasa asing adalah budget. Pilihlah tempat kursus yang budget sesuai anggaran Anda. Tidak perlu berkecil hati jika budget Anda sedikit, karena sekarang sudah banyak lembaga kursus online berkualitas seperti zowhy.com yang mumpuni dalam membimbing tetapi harganya tetap bersahabat.

Itulah hal-hal penting yang patut Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih kursus bahasa asing. zowhy.com sebagai lembaga pendidikan berbasis online dapat membantu Anda belajar sesuai kurikulum CEFR yang berstandar internasional. Dengan belajar tekun dibantu tutor profesional, bukan tidak mungkin Anda mampu menguasai banyak bahasa asing secara efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!