4 Tips Lancar Berbahasa Inggris

zowhy.com – Banyak dari kita yang sebenarnya sudah memiliki basic atau dasar yang cukup baik dalam Bahasa inggris, namun tetap merasa tidak lancar saat diminta atau disuruh untuk berbicara, atau masih merasa kesulitan dalam mengartikan Bahasa inggris ke Bahasa Indonesia.

Hal ini terjadi karena kita tidak terbiasa menggunakan Bahasa inggris. Kita cenderung mengetahui teori-teori yang biasa kita pelajari di sekolah.

Namun teori hanyalah sekedar teori, jika kita tidak benar-benar mempraktekkannya, teori tersebut akan terasa percuma, dan hanya akan berakhir di otak kita tanpa bisa kita keluarkan.

Hal lain yang juga menjadi halangan dalam berbicara Bahasa inggris yaitu karena pronounciation atau pelafalan akan kata-kata Bahasa inggris kita yang masih sangat kurang, yang akhirnya menyebabkan kita enggan untuk berbicara Bahasa inggris karena merasa aneh denganaksen yang dimiliki sebagai orang Indonesia.

Namun hal ini lagi-lagi adalah penyebab kenapa akhirnya kita tidak bisa lancar berbicara dalam Bahasa inggris.

Walaupun pelafalan merupakan komponen yang cukup penting dalam berbahasa inggris, tetapi pada kenyataannya hal itu bukan merupakan hal yang besar, selama lawan bicara kita memang mengerti apa yang berusaha kita sampaikan.

Dalam proses dan cara belajarnya, berbicara Bahasa inggris jauh berbeda dengan ketepatan berbahasa.

Tidak seperti belajar grammar dan sistematika Bahasa inggris dalam penulisan yang didalamnya banyak sekali materi, untuk bisa berbicara menggunakan Bahasa inggris dengan lancar, yang perlu kita lakukan hanya dengan berani untuk sedikit demi sedikit memulai untuk berbicara dan mengeluarkan kalimat-kalimat yang sederhana.

Kita harus bisa belajar untuk lebih percaya diri atas kemampuan kita sendiri, tanpa harus mempedulikan rasa malu.

Karena rasa malu itulah yang kadang menjadi hambatan terbesar bagi orang-orang yang sebenarnya ingin untuk praktek berbicara menggunakan Bahasa inggris.

Sebaliknya, jika kita bisa lebih percaya diri dengan tujuan untuk belajar dan bisa lancar berbahasa inggris, itu akan memungkinkan kita untuk bisa menguasai Bahasa inggris dengan cepat, karena kita akan bisa karena terbiasa.

Maka biasakanlah hal yang kita kira berguna untuk proses pembelajaran Bahasa inggris kita.

4 Hal yang harus dilakukan supaya lancar berbahasa inggris

Berikut juga ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu kita dapat lancar berbicara Bahasa inggris, yaitu:

Jangan terlalu banyak belajar teori untuk mempelajari grammar

Kita seringkali terlalu banyak terfokus pada ketepatan grammar dari sebuah kalimat. Kita tidak sadar bahwa yang terpenting sebenarnya adalah fokus untuk lancar berbahasa dan berbicara.

Bukan berarti bahwa grammar tidak penting, namun saat kita berbicara tentang kelancaran untuk bisa berbicara dalam Bahasa inggris, grammar berada di no. 2.

Grammar bisa menjadi sangat penting jika yang kita lakukan atau fokus kita saat itu berada pada tes-tes menulis.

Namun berbeda dengan berbicara, orang tidak akan terlalu memperhatikan grammar dan ketepatan tenses kita saat berbicara, selama mereka bisa mengerti apa inti dari yang kita katakan.

Jadi tidak perlu lagi kita merasa malu karena merasa Bahasa inggris kita belum sempurna, karena sesungguhnya dengan mulai banyak berbicaralah Bahasa inggris kita akan menjadi sempurna

baca juga

Berbicara pada diri sendiri

Berbicara dalam hal ini bisa kepada orang lain, ataupun ke diri sendiri. Jika kita memang merasa belum mumpuni untuk mengobrol dengan orang lain, cobalah untuk berbicara pada diri sendiri, mungkin dengan menyepertikan diri kita dalam sebuah film tertentu, berpura-pura untuk melakukan pidato di depan banyak orang atau hanya menyuarakan apa yang ada di otak kita.

Berbicara pada diri sendiri juga sebaiknya sebelum itu kita terlebih dahulu berpikir juga dalam Bahasa inggris.

Sebelum kita berbicara, pasti di otak kita telah terpikir akan apa yang hendak kita bicarakan.

Cobalah untuk memikirkan semua yang kita lihat dan pikirkan dengan mengartikannya dalam Bahasa inggris, setelahnya barulah kita berbicara atau mengeluarkan itu semua dalam mengkomunikasikan pada diri sendiri.

Kamu bisa juga menggunakan cermin sebagai bentuk latihan pelatihan bahasa inggris . Kalau perlu, ingat-ingatlah hal apa yang dari latihan tersebut ternyata membuat Bahasa inggris kita tersendat-sendat, seperti apakah dari kata-kata yang tidak kita tahu artinya, atau kesulitan mencari kalimat yang tepat untuk mengekspresikan apa yang ada di pikiran kita.

Mencoba kata-kata yang asing atau sulit

Seringkali yang membuat berbicara Bahasa inggris mengalami hambatan adalah karena kita banyak memikirkan tentang apa yang akan kita katakan dalam Bahasa Indonesia, namun tidak bisa menemukan kata yang tepat dalam Bahasa inggrisnya, akhirnya kita tidak dapat menyelesaikan kalimat yang kita katakan.

Maka dari itu, salah satu tips atau hal yang sangat penting dalam kelancaran berbicara Bahasa inggris yaitu dengan memperkaya vocabulary atau perbendaharaan kata kita.

Jika sudah berbicara, apalagi pada tingkat yang lanjut, pastinya kita harus lebih bisa untuk menemukan kata yang lebih banyak lagi yang bisa diaplikasikan pada keadaan tersebut.

Jika selama ini kita belajar bahasa inggris kata benda, kata sifat, dan kata kerja yang mendasar, kita harus mulai juga belajar untuk memperhatikan kata-kata yang lebih kompleks.

Jika sudah mulai terbiasa berbahasa inggris, terlebih jika didukung oleh lingkungan yang misalnya juga banyak menggunakan Bahasa inggris, percakapann kita tidak lagi hanya sekedar meliputi percakapan sehari-hari, tetapi pasti akan lebih banyak keadaan yang harus kita jelaskan, oleh karena itu penting untuk kita juga mencoba kata-kata yang sulit.

Selain itu, saat kita sudah menemukan banyak kata-kata sulit, kita juga harus belajar untuk pelafalannya, agar semakin terbiasa dan ingat akan kata baru yang kita ketahui

Perbanyak mendengar orang-orang yang memang Bahasa native-nya Bahasa inggris

Mendengar orang berbicara Bahasa inggris sangat sangat penting terhadap kelancaran kita berbicara Bahasa inggris, terlebih pada bagian pelafalan.

Kita seringkali menguasai semmua materi secara berbahasa maupun secara grammar, tetapi saat berbicara kita terkadang terasa kurang terdengar ahli karena aksen yang kita miliki sebagai orang Indonesia yang memang tidak menggunakan Bahasa inggris.

Dengan banyak-banyak mendengar, entah fim atau lagu kita bisa mengerti dan mengetahui bagaimana sebuah kata diucapkan oleh orang-orang yang memang menggunakan Bahasa inggris.

Hal ini akan terdengar seperti kata-kata bohong, tetapi percayalah bahwa mendengar ini menjadi faktor terbesar seseorang bisa menjadi sangat fluent atau luwes dalam berbicara.

Dengan banyak mendenngar, secara tidak sadar kita bisa tiba-tiba berbicara seperti layaknya orang inggris. Namun hal ini bisa terjadi jika kita memang terbiasa melakukann hal itu dalam jangka waktu yang sudah lama.

Terbiasa mendengar akhirnya kita akan mengetahui suatu kata berdasarkan apa yang kita dengar, bukan apa yang kita baca, alhasil apa yang keluar dari mulut kita juga sesuai dengan apa yang biasanya kita dengar.

Segera daftarkan diri anda di https://zowhy.com

Cara Mudah dan Asyik Belajar Bahasa Inggris

Kata siapa belajar Bahasa inggris itu capek dan membosankan? Mungkin itu kamu aja yang belum tau trick nya!

Banyak orang yang menganggap belajar Bahasa inggris sebagai sesuatu yang melelahkan dan memerlukan effort atau usaha yang banyak, tidak hanya itu terkadang kita juga membutuhkan modal bahkan waktu yang banyak untuk bisa lancar dalam berbahsa inggris.

Sebenarnya tidak salah dan memang bisa dikatakan begitu sih, tapi belajar Bahasa inggris juga sebenarnya kembali lagi kepada tujuan dan maksud kita. Apakah kita memang perlu untuk bisa Bahasa inggris untuk kebutuhan formal yang mendesak, atau hanya ingin sekedar bisa mengerti dan berbicara sedikit-sedikit dalam Bahasa inggris.

Karena tujuan tersebut juga sangat menentukan bagaimana atau apa sikap dan rencana yang kita ambil. Walaupun begitu, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang menginginkan untuk bisa setidaknya mengerti Bahasa inggris, dan dapat berbicara untuk percakapan sehari-hari.

Jika tujuannya adalah untuk keperluan sehari-hari, sebenarnya tidak sulit untuk bisa mendapatkan akses untuk materi-materi yang bisa membantu kita dalam lebih memahami Bahasa inggris.

Pada dasarnya, belajar Bahasa inggris tidak sesulit seperti apa yang sering kita bayangkan. Banyak media-media atau aplikasi dan cara yang membuat belajar Bahasa inggris sangatlah mudah dan bahkan mengasyikkan.

Belajar Bahasa inggris tidak melulu soal buku dan soal-soal dengan rumus SPOK yang rumit.

baca juga

https://zowhy.com/kursus-speaking/
https://zowhy.com/kursus-general-english/
https://zowhy.com/english-for-kids/

Ya hal itu terjadi jika kita ingin melamar pekerjaan atau apply ke universitas di luar negeri. Namun berbeda jika tujuan kita adalah untuk penggunaan Bahasa inggris di kehidupan sehari-hari, entah itu hanya untuk bersenang-senang, ingin untuk sekadar mengerti, atapun juga untuk bisa berbicara lancar tetapi masih memiliki waktu yang Panjang untuk belajar atau tidak mendesak.

Saat itu juga kita tidak terlalu memerlukan atau membutuhkan segala hal yang menyangkut tentang grammar, sistematika penulisan, ataupun tenses yang sangat tepat. Alih-alih belajar dan fokus pada ketiga hal tersebut, belajar Bahasa inggris selalu memiliki metode-metode yang sangat menyenangkan.

Tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sangat membantu kita untuk bisa membuat kemampuan Bahasa inggris kita semakin baik. Bahkan hal ini bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan membuat kita tidak sadar bahwa kita sebenarnya juga sedang belajar, bukan bermain. Berikut ada beberapa trick untuk menjaga dan membuat belajar Bahasa inggris menjadi hal yang menyenangkan dan tidak membosankan.

  1. belajar melalui games atau aplikasi

jika kita mendengar kata game atau permainan, pasti yang kita pikirkan adalah segala hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Hampir semua orang pasti betah untuk berlama-lama dan menghabiskan waktunya untuk bermain game.

Apalagi di era digital seperti ini, semua orang sekarang seakan tidak akan pernah lepas dari barang elektronik, diantaranya laptop atau PC, maupun HP, yang didalamnya kita dapat mengakses banyak permainan yang isa dimainkan kapanpun dan dimanapun. Hampir tidak ada hari dimana kita tidak memegang HP sama sekali.

Oleh karena itu penting untuk kita memanfaatkan barang elektronik dengan mengisinya dengan kegiatan yang positif, salah satunya yaitu untuk belajar. Dalam hal ini belajar Bahasa inggris juga bisa dilakukan sambil bermain game. Ada beberapa aplikasi games yang menjadi alternative untuk kita bisa memahami dan mengetahui kosakata Bahasa inggris.

Selain permainan yang memang di desain khusus untuk belajar Bahasa inggris, bermain game yang Bahasanya menggunakan Bahasa inggris juga bisa membuat kita terbiasa dengan kata-kata yang ada di dalamnya.

Contohnya yaitu game action, saat kita melakukan tembakan, tokoh dalam game tersebut akan mengatakan “shoot” dengan memeragakan orang menembak. Akhirnya yang misalnya awalnya kita tidak mengetahui hal itu, kita bisa tau dengan sendirinya.

Di samping itu, ada juga beberapa aplikasi yang memang khusus untuk belajar Bahasa. Dan tidak kalah seru, melalui aplikasi ini kita belajar Bahasa dengan mengurutkan kalimat, mengatakan sebuah kata, mencocokkan kata Bahasa inggris dengan arti dalam Bahasa indonesianya, dan lain sebagainya.

Aplikasi semacam ini juga sangat berguna bagi para pemula yang benar-benar memulai dari 0. Tidak hanya Bahasa inggris, aplikasi seperti ini juga biasanya menyediakan ffitur untuk berbagai macam Bahasa, dan mengemasnya dalam pembelajaran yang konsep dan menyenangkan.

  • sering membaca meme atau postingan humor yang lucu dalam Bahasa inggris

saat kita sedang berada di media sosial, tidak jarang kita menemukan postingan atau konten-konten humor yang lucu dalam Bahasa inggris. Konten semacam ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar dan tulisan, dengan gambar yang dianggap menghibur dimasukkan kemudian ditambahkan caption atau tulisan di atas atau di bawahnya.

Dengan membaca postingan lucu seperti itu, kita akan merasa penasaran dan ingin tahu saat sekalinya kita menemukan kata yang tidak kita mengerti. Dan rasa penasaran tersebut membuat kita mencari tahu arti dari kata tersebut tanpa harus merasa bahwa dirinya sedang belajar, ia hanya ingin mengetahui hal itu dengan sendirinya.

Selain itu melihat postingan humor dalam Bahasa inggris, tidak hanya membuat kita mengetahui banyak kosakata baru, kita juga dapat lebih mengerti pengaplikasian kata-kata untuk membuat lelucon dalam Bahasa inggris di kehidupan sehari-hari.

Karena ada banyak slang word yang biasanya orang luar negeri gunakan. Dengan melihat hal-hal seperti itu, membantu kita untuk bisa masuk ke humor orang-orang bule, dan akan kemungkinan lebih nyambung jika berbicara dengan mereka

  • menonton daily vlog atau video-video di youtube

siapa sih yang tidak tahu vlog? Atau tidak pernah menonton youtub? Atau tidak memiliki youtuber atau vlogger favorit? Mungkin ada, tetapi sebagian besar orang pasti juga menghabiskan sebagian waktu sehari-harinya dengan menonton youtube, entah itu untuk mendengarkan music atau menonton vlogger atau youtuber idola mereka.

Dan seperti layaknya di Indonesia, sangat banyak juga youtuber dari luar negeri, dan pastinya berbicara Bahasa inggris, yang konten-kontennya sangat menghibur. Video-video vlog sehari-hari maupun video seperti tutorial atau Do It Yourself dalam Bahasa inggris biasanya sangat menghibur, terlebih jika kita memang memiliki idola sendiri.

Pasti semua dari kita pernah mengidolakan seseorang, dan saat itu juga kita pasti akan sering menonton atau ingin melihat mereka secara lebih sering.

Saat melakukan hal itu, kita tidak akan merasa bahwa kita sedang belajar, yang kita ketahui adalah saat itu kita sedang menonton vlogger favorit kita.

Saat kita sudah banyak menonton mereka dengan Bahasa yang mereka gunakan, secara tidak sadar kita juga akan sering menirukan gaya mereka dan gaya bicara mereka, bahkan tanpa sadar bisa membuat kita mengerti apa yang mereka katakana walaupun sedikit.

Ayo segera daftarkan diri anda di https://zowhy.com sekarang! Kuota terbatas!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!