Tips Belajar Efektif Sebelum Ujian TOPIK

https://zowhy.com/ TOPIK adalah singkatan dari Test of Proficiency in Korean, dan merupakan ujian sertifikasi standar untuk mengukur kemampuan berbahasa Korea bagi yang Bahasa utamanya bukan Bahasa Korea. Ada dua level tes yang bisa diambil, TOPIK I yang ditujukkan untuk pemula dan TOPIK II yang ditujukkan untuk tingkat menengah dan tinggi. TOPIK I terdiri dari level 1 & 2, dan memiliki dua aspek yang diujikan yaitu Reading (membaca) dan Listening (mendengarkan). Sedangkan TOPIK II terdiri dari level 3 sampai dengan 6 dengan aspek yang diujikan meliputi Reading (membaca), Listening (mendengarkan), dan Writing (menulis).

Di kalangan para warga non-Korea, tes TOPIK ini terkesan sulit, karena berbagai aspek yang diujikan. Ada bagian Listening yang sulit untuk yang tidak terbiasa mendengar Bahasa Korea, ada Reading yang berisi teks panjang dalam Hangeul, dan ada juga bagian Writing yang memusingkan. Walaupun begitu, karena tuntutan kebutuhan, entah itu pendidikan atau pekerjaan, mau tidak mau tetap harus berjuang untuk dapat skor yang tinggi.

Berikut adalah beberap tips yang bisa kalian terapkan saat belajar sebelum mengikuti ujian TOPIK:

  1. Belajar Mandiri

Walaupun ada diantara kalian yang mengikuti kursus atau pelatihan Bahasa Korea demi mengikuti tes TOPIK ini, belajar sendiri tetap wajib untuk dilakukan. Kalian bisa mengulang kembali pelajaran dari tempat kursus atau membeli buku panduan dan kumpulan soal TOPIK. Dengan belajar mandiri, kalian jadi bisa lebih fokus untuk mengetahui kelemahan kalian. Misalnya, kalian jadi bisa tahu kalau ternyata kalian lemah di bagian Reading.

Sesuaikan teknik belajar dengan diri kalian. Kalian bisa memilih belajar di tempat tenang atau sambil mendengarkan musik. Kalian juga bisa bebas memilih mau belajar jam berapa dan berapa lama.

  • Mencari Soal Ujian TOPIK Sebelumnya

Tips yang paling ampuh untuk setiap ujian adalah mencoba mencari soal ujian sebelumnya. Dengan begini kalian bisa mempelajari pola dan tipe soal yang akan muncul. Kalian bisa mencarinya di internet atau membeli buku kumpulan soal. Karena sudah menjadi milik kalian sendiri, kalian bisa mencoret-coret lembar soal untuk membuat catatan-catatan penting yang diperlukan. Walaupun tidak akan keluar soal yang sama, mungkin saja topiknya sama atau ada kosakata Hangeul yang mungkin dimunculkan lagi.

  • Menganalisa Tiap Soal

Setelah kalian mendapatkan contoh soal TOPIK tahun-tahun sebelumnya. Cobalah untuk mengerjakannya secara perlahan, satu demi satu. Buatlah analisa kasar pada soal yang sulit. Apa yang menyebabkan soal ini sulit dan mengapa masih tidak bisa mengerjakan. Beri arti juga pada kosa kata yang kalian tidak mengerti. Dengan begini, jika kalian menemukan soal semacam itu lagi di ujian TOPIK nanti, kalian sudah tahu harus bagaimana.

baca juga

    • Simulasi Ujian

    Simulasi ujian ini diperlukan untuk melatih kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri. Kalian bisa menggunakan soal dari ujian TOPIK sebelumnya. Untuk urutan soalnya terserah kalian, bisa juga dicampur dari berbagai waktu ujian TOPIK sebelumnya.

    Sesuaikan waktu mengerjakan kalian dengan batas waktu yang sebenarnya saat ujian TOPIK. Kondisikan juga suasana di sekitar kalian seperti saat sedang ujian, jangan mengerjakannya sambil makan atau minum kopi. Jangan juga mengulang-ulang file audio saat di bagian Listening, karena di ujian sesungguhnya nanti kalian tidak bisa melakukan itu. Pokoknya anggap sedang ujian betulan.

    • Menilai Diri Sendiri

    Setelah selesai simulasi ujian, beri nilai hasil ujian kalian sendiri. Buat sistem penilaiannya seperti pada ujian TOPIK yang asli. Jangan berputus asa kalau kalian belum mendapatkan hasil skor yang kalian harapkan. Analisa lagi soal yang salah, lalu ulangi terus simulasi ujiannya sampai kalian merasa bisa dan percaya diri. Selamat belajar!

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!