The Jayakarta Inn & Villas Cisarua, Villa Nyaman Untuk Liburan Keluarga

https://www.zowhy.com.com/ – Bagaimana rencana liburan kalian tahun ini? Jika kalian ingin merasakan hawa sejuk pegunungan di kawasan terkenal, Puncak Bogor, ada satu tempat yang cocok. The Jayakarta Inn & Villas Cisarua tempatnya. Lokasinya luas dan terletak di bukit yang menghadap langsung ke arah pemandangan Gunung Pangrango yang indah. Hotel ini dilengkapi dengan 16 kamar standar dan 4 kamar suite. Selain itu ada juga rumah tipe villa dan 11 villa dengan tiga kamar tidur lengkap dengan fasilitas dapur full-set. Fasilitas tambahan seperti kolam renang outdoor, taman bermain dan kolam renang anak, persewaan kuda tunggang, persewaan ATV, dll juga tersedia untuk memaksimalkan waktu berlibur bersama keluarga.

Hotel yang berlamat di Jl Raya Puncak KM 84 Cisarua, Bogor, ini letaknya tidak terlalu jauh dari jalan utama Puncak. Sehingga mempermudah bagi para tamu yang ingin berwisata di berbagai lokasi wisata di Puncak. Tidak jauh dari hotel ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Agrowisata Gunung Mas dan Curug 7 Cilember. Tempat-tempat wisata ini jaraknya tidak sampai 4 km dari Hotel, sehingga cocok bagi para tamu yang ingin berlibur santai tanpa perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

Daerah Puncak, Bogor merupakan daerah yang terkenal karena pemandangan dan suasana pegunungannya. Karena itulah banyak orang yang mengunjungi Puncak untuk membersihkan pikiran dan sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota. Selagi dikelilingi dengan suasana alam di Puncak, tidak ada salahnya mencoba berwisata di Agrowisata alam Gunung Mas. Seperti yang kita tahu, Agrowisata adalah sebutan untuk tempat wisata yang memanfaatkan lahan pertanian atau perkebunan. Sangat cocok untuk memaksimalkan pengalaman berlibur di Puncak.

Agrowisata Gunung Mas atau biasa dikenal juga dengan nama Gunung Mas Agro Tourism ini berada di ketinggian sekitar 800 – 1200 m di atas permukaan laut, sehingga di seluruh kawasan akan terasa suhu dan hawa udara yang sejuk khas pegunungan. Ada banyak sekali fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung, diantaranya adalah kebun teh, pabrik teh, persewaan kuda, tempat kamping, kolam renang, paralayang, outbound, motocross mini, jalur off road, dan persewaan ATV.

Untuk kebun teh, kawasan Agrowisata ini mencakup area kebun yang sangat luas. Luasnya secara keseluruhan mencapai sekitar 2551 hektar. Seluruh perkebunan teh ini adalah milik PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), setiap harinya dapat menghasilkan sekitar 34 ton teh. Untuk menikmati pemandangan kebun teh ini disediakan fasilitas Tea Walk atau tur mengelilingi kebun teh bersama pemandu berpengalaman. Kalian juga dapat melihat secara langsung proses pemanenan daun teh oleh para pekerja. Ada berbagai piilihan rute yang ditawarkan, yaitu 4 km, 6 km, dan 8 km. Biaya yang dipatok pun tergantung jarak rute yang diambil. Setelah puas berjalan-jalan di kebun, kalian bisa mengunjungi pabrik pembuatan teh yang berada tidak jauh dari kebun teh. Di dalamnya kalian bisa melihat secara langsun proses pemilahan dan pengolahan daun the sehingga menjadi berbagai jenis produk olahan teh.

Bagi pengunjung yang lelah atau tidak sanggup berjalan kaki mengitari kebun teh yang luas, disediakan tempat persewaan kuda dengan harga terjangkau. Kebanyakan yang disewakan adalah jenis Kuda Sumbawa yang besar dan kuat. Untuk menyewanya harga yang dipatok adalah tergantung waktu penyewaan. Ada yang 30 menit, 60 menit, hingga 120 menit. Jika belum puas hanya beberapa jam merasakan suasana kebun teh yang asri, kalian bisa juga menginap di lokasi Camping Ground yang disediakan. Letaknya ada di tengah hamparan luas kebun teh. Tidak perlu takut kedinginan juga karena ada fasilitas kolam renang air hangat yang disediakan bagi para tamu.

Dan untuk kalian yang menyukai kegiatan alam menantang yang memicu adrenalin, ada beberapa kegiatan yang bisa dipilih. Ada Paralayang yang bisa mengantarkan kalian menyaksikan pemandangan Puncak dari ketinggian, lengkap dengan hamparan bukit hijaunya dan langit biru yang cerah. Ada juga fasilitas outbound yang memiliki berbagai rintangan dan lintasan. Sebagai tambahan ada dua jenis flying fox yang bisa kalian coba. Selain itu, masih ada lagi jalur off road dan persewaan ATV. Jalur off road yang ditawarkan sepanjang 12 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jalurnya cukup ekstrim, cocok bagi yang mencari pengalaman liburan seru dan tidak terlupakan. Untuk ATV, rute yang disediakan adalah mengelilingi kawasan Agrowisata Gunung Mas. Jarak tempuhnya kurang lebih 12 km dan memakan waktu sekitar 15 menit. Untuk tiket masuk awal, Agrowisata Gunung Mas mematok harga 15000 rupiah, dan ada biaya tambahan yang dikenakan untuk memanfaatkan berbagai fasilitas di atas.

Selain Agrowisata, ada wisata alam lain yang patut dijajal, yaitu Curug 7 Cilember. Curug ini terletak di Jl Raya Puncak, Megamendung, Desa Cilember, Cisarua, Bogor. Sesuai namanya, kawasan curug ini memiliki 7 curug yang berbeda. Lokasinya yang masih di tengah hutan yang terjaga semakin menambar suasana asri dan sejuk. Lokasi ini baru diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 2000 oleh Bupati Bogor.

Penomoran curug disesuaikan dengan lokasi dan tingkat kesulitan untuk mencapainya. Semakin kecil nomor curug menandakan lokasinya semakin tinggi dan medannya pun semakin sulit. Walaupun tidak ada pemandu khusus, kalian tidak perlu takut tersesat karena sepanjang jalan akan ada banyak papan petunjuk dan denah yang disediakan. Jika lelah berjalan, ada beberapa warung-warung kecil yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Curug yang jalurnya paling mudah tentu Curug 7, dan jika belum puas kalian bisa lanjut ke Curug 6 atau 5. Untuk Curug 4 ke atas biasanya jarang dikunjungi karena medannya sulit dan membutuhkan jasa pemandu khusus. Untuk memasuki kawasan Curug 7 CIlember dikenakan harga 6000 rupiah per orang. Sebelum datang ke sini pastikan kalian dalam kondisi sehat karena harus berjalan cukup jauh. Selain itu jangan lupa gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan bawa air minum dan makanan yang cukup.

Selain curug, kawasan ini juga melingkupi bangunan konservasi kupu-kupu. Cukup dengan membayar tiket 5000 rupiah kalian sudah bisa masuk dan menikmati berbagai taman dan kupu-kupu. Total ada 12 jenis kupu-kupu yang dikembangbiakkan di sini. Kalian bisa menyaksikan proses metamorphosis kupu-kupu dari telur hingga menjadi kupu-kupu.

baca juga

Jika kalian tertarik untuk berwisata di Agrowisata Gunung Mas dan Curug 7 Cilember, sebaiknya mencari tempat menginap yang jaraknya tidak terlalu jauh. The Jayakarta Inn & Villas Cisarua menawarkan Villa luas dan nyaman dengan pemandangan indah, fasilitas lengkap, dan harga yang terjangkau, cocok sebagai pilihan untuk tempat berlibur bersama anak-anak dan keluarga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!