Tenses atau Kala Waktu dalam Bahasa Jerman, Apa Saja?

Jika dalam bahasa Inggris, kita pasti tidak asing dengan kata “Tense” bukan? Nah, dalam bahasa Jerman, juga ada namanaya “Tempora” artinya kala waktu. Secara rinci dan umum, Tenses dalam bahasa Inggris ada 16 jenis. Namun, dalam bahasa Jerman ini hanya ada 6 jenis saja. Apa saja?

Diantaranya bentuk-bentuk kala dalam bahasa Jerman adalah Prӓsen (bentuk saat ini), Perfekt (bentuk yang sudah lewat), Prӓteritum (masa lampau), Plusquamperfekt (bentuk kejadian yang telah dan tidak terjadi lagi saat ini), Futur I (bentuk yang akan datang), Futur II ((kejadian yang akan dan telah terjadi di masa depan).

Baca juga: Bahasa Jerman VS Bahasa Inggris, Beda Pengucapan Saja?

Bahasa Jerman

Masing -masing bentuk kala waktu itu masih terbagi menjadi beberapa macam dan arti yang berbeda. Sedikit kilas balik jenis tenses dalam bahasa Inggris, kala waktu Present terbagi menjadi 4 macam diantaranya adalah Present Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, Present Perfect Continous Tense.

Sedangkan jenis Past terbagi menjadi Past Tense, Past Continuous Tense, Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense. Begitu pula dengan jenis Future yang terbagi menjadi Future Tense, Future Continous Tense, Future Perfect Tense, Future Perfect Continuous Tense.

Kelompok terakhir adalah Past Future yang terbagi menjadi Past Future Tense, Past Future Continuous Tense, Past Future Perfect Tense, Past Future Perfect Continuous Tense.

Lalu, bagaimana dengan bahasa Jerman? Apakah sama?

Secara sistematis, kala Prasens terbagi menjadi 4 macam; Aktuelles Präsens, Zükunftigen Präsens, Historiches Präsens, Generelles atau Atemporales Präsens.

Prateritum terbagi menjadi satu jenis makna saja. Sedangkan untuk Perfekt terbagi menjadi tiga jenis. Diantarannya; Vergangen (yang telah berlalu), Vergangen met resultativen charakter (lampau dan ada akibat dari kejadiannya) , Zukünftigen perfekt.

Untuk jenis waktu Plusquamperfekt hanya ada satu jenis makna saja. Futur I mempunyai dua variasi makna yaitu akan (Future Tense), yang akan sedang (Future Continuous Tense). Jenis yang terakhir adalah Future II terbagi dalam tiga variasi yaitu akan sudah (Future Perfect), akan telah berkesinambungan (Future Perfect Continous Tense), dan yang ketiga bermakna yang akan terjadi.

Selamat belajar, semoga bermanfaat!

Referensi:

Purwati.(2006).Mudah dan Praktis Belajar Bahasa Jerman.Yogyakarta:Pustaka Widyatama.

Gambar: freepik.com

error: Content is protected !!