Suka Duka Tinggal di Apartemen

https://www.zowhy.com/ Tinggal di Apartemen kini sudah menjadi alternatif tempat tinggal bagi masyarakat urban di perkotaan. Selain karena dekat dengan kantor, tinggal di apartemen juga relatif simple karena bangunan apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang gaya hidup penghuninya seperti fitness center, kolam renang, minimart bahkan mall.

Namun demikian tinggal di apartemen juga memiliki kekurangan yang harus anda pertimbangkan. Nah sebelum anda memilih apartemen untuk menjadi pilihan anda, berikut penulis catatkan untuk anda suka duka yang akan anda alami selama anda tinggal di hunian vertikal ini.

Kelebihan tinggal di Apartemen

1.      Dekat dengan kantor dan pusat kota

Salah satu kelebihan apartemen dibanding hunian lain terutama rumah tapak di perkotaan adalah letak apartemen yang umumnya dekat dengan gedung perkantoran dan pusat kota. Sehingga anda tidak perlu capek capek kena macet di jalan jika anda memilih apartemen dekat dengan kantor anda.

Selain itu anda juga dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan anda dengan belanja di supermarket atau mall terdekat. Bahkan beberapa apartemen dilengkapi dengan mall di lantai dasarnya.

2.      Privasi terjamin

Jika anda risih mendengarkan tetangga sekitar rumah anda membicarakan anda, mungkin saatnya anda pindah untuk tinggal di apartemen. Sebab disini privasi anda akan lebih terjamin sehingga tidak ada tetangga yang akan bergosip tentang anda. Kalaupun anda melakukan kesalahan dengan membuang sampah tidak pada tempatnya misalnya, hanya pengelola gedung yang akan menegur anda.

3.      Harga yang lebih terjangkau

Meskipun harga apartemen juga bervariasi sesuai dengan spesifikasinya, pada umumnya harga apartemen lebih murah dibandingkan dengan rumah tapak dengan spesifikasi yang sama. Terutama jika rumah tersebut terletak dipusat kota.

4.      Layanan yang tersedia 24 jam

Anda tentu tidak akan menemukan jasa cleaning service, pertukangan yang terintegrasi, terpercaya dan terlatih sebagaimana di apartemen seperti Azalea serviced apartment suites jika anda tinggal di perumahan.

Ketika anda tinggal di perumahan dan ada kerusakan dirumah anda, anda harus memanggil tukang yang belum tentu bisa dipercaya dan terlatih. Belum lagi jika anda menggunakan jasa laundry yang belum tentu terjaga kebersihan, kesucian dan kerapihannya.

Tinggal di serviced apartment menyediakan itu semua. Sehingga ketika pulang ke rumah anda tinggal beristirahat dengan nyaman.

1.      Keamanan terjamin

Umumnya apartemen tidak hanya dilengkapi dengan security 24 jam tetapi juga CCTV diberbagai tempat strategis untuk mencegah terjadinya pencurian. Berbeda halnya dengan perumahan yang kadang tidak menyediakan satpam dan CCTV.

Kekurangan tinggal di Apartemen

1.      Interaksi sosial yang kurang

Penghuni apartemen biasanya akan langsung beristirahat seusai kerja dan tidak sempat menyapa tetangga apartemen yang dia miliki. Untuk mengatasi hal ini biasanya pihak pengelola apartemen menyelenggarakan kegiatan bersama dan menyediakan fasilitas yang menunjang interaksi sosial.

Namun umumnya penghuni apartemen cenderung sibuk dengan pekerjaannya untuk sekedar berinteraksi. Pun demikian seringkali sekalinya terjadi interaksi antar tetangga memang karena terjadinya masalah seperti tetangga yang terlalu berisik atau tetangga yang kurang bersih dan lain lain.

2.      Tetangga yang berasal dari kalangan yang bermacam macam

Privasi penghuni apartemen memang menjadi salah satu titik unggul tinggal di apartemen. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwasanya masing masing penghuni apartemen memiliki nilai yang berbeda satu sama lain dan tidak jarang saling bersinggungan.

Kalau anda tinggal di perumahan atau perkampungan misalnya, kegiatan yang melanggar norma sosial seperti tinggal serumah sebelum menikah umumnya akan diselesaikan melalui musyawarah dalam RT. Lain halnya jika anda tinggal di aparteme, bisa jadi perilaku sedemikian rupa tidak akan kena teguran demi alasan privasi.

3.      Biaya tidak terduga

Harga sewa apartemen di pusat kota kota besar memang lebih rendah daripada anda sewa rumah di lokasi yang sama. Tetapi saat pertama kali survey ke apartemen terkait pastikan anda telah bertanya mengenai besaran biaya berikut ini:

  • Maintenance cost. Maintenance cost adalah biaya pengelolaan gedung seperti biaya kebersihan gedung, asuransi dll;
    • Sinking Cost. Sinking cost adalah biaya pengelolaan gedung untuk fasilitas fasilitas tertentu seperti lift dll;
    • Biaya parkir. Adakalanya pihak pengelola hanya menagihkan tambahan ketika anda membawa lebih dari satu kendaraan, tetapi juga adakalanya biaya parkir dibebankan kepada anda meskipun anda hanya membawa satu kendaraan;
    • Biaya listrik;
    • Biaya Air;

Agar ketika anda sudah resmi menempati unit apartemen anda, anda tidak perlu kaget ketika mendapati tagihan yang jumlahnya tidak terduga.  Dalam hal ini setiap pengelola apartemen memiliki kebijkan yang berbeda beda, jadi pastikan anda menanyakannya terlebih dahulu saat survey ya.

baca juga

4.      Risiko bencana

Secara geografis, Indonesia adalah salah satu negara paling rawan bencana alam di dunia.  Apabila anda tinggal di apartemen, pastikan anda juga memikirkan risiko ini juga ya.

Karena jika anda tinggal di lantai bawah, kemungkinan anda terkena banjir akan lebih besar dibanding jika anda tinggal di lantai atas. Akan tetapi penghuni lantai atas lebih rentan terhadap gempa bumi.

Pastikan saat survey anda bertanya mengenai hal ini juga. Terutama mengenai mekanisme evakuasi kebencanaan yang dimiliki oleh pihak pengelola. Sebab keselamatan penghuni adalah nomor satu.

Pastikan apartemen anda memiliki banyak tangga darurat hingga unit paling atas, genset listrik, alarm kebakaran dan tabung hydrogen serta jalur dan titik evakuasi. Akan lebih baik jika bangunan apartemen anda memang dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi bangunan yang tahan gempa dan memiliki alarm kebakaran otomatis.

Hal hal diatas adalah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dan tanyakan ketika anda ingin tinggal di apartemen. Lokasi dan aksesibilita memang penting dalam mencari hunian, akan tetapi faktor sosial dan keselamatan juga tetap harus dipertimbangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!