Zowhy – Startup Bobobox – Seiring berkembangnya zaman, teknologi berkembang dengan pesat di Indonesia.

Salah satu startup di Indonesia yang sudah mengedepankan teknologi dan inovasi dalam aplikasi yang dimiliki adalah Bobobox.

Bobobox merupakan startup yang sudah menggunakan teknologi dan inovasi terdepan atau disebut Internet of Things (IoT) dalam pengelolaan jaringan hotel kapsul dan memiliki fitur-fitur ruangan yang canggih yang terkoneksi langsung dengan aplikasi pengguna.

Sejarah Berdirinya Bobobox

Bobobox dibentuk oleh Indra Gunawan dan Antonius Bong, yang merupakan founder Bobobox, dengan dibantu oleh tim pendiri atau co-founder yang terdiri dari Frans Risky, Hafidz Syahrial, Ahmad Qois, Agung Mahesa, dan Brian Andrianto.

Mereka semua adalah anak muda yang bertemu di Bandung dan menjalin pertemanan. Mereka menyadari dari waktu yang mereka habiskan di Bandung, bahwa perjalanan lebih dari sekadar bepergian ke tempat tertentu dan kembali,

dan mereka ingin menciptakan tempat di mana semua orang dapat bepergian, membangun hubungan dengan orang lain, dan memiliki pengalaman yang tak terlupakan.

Bandung sudah terkenal sebagai pusat pariwisata dan tempat untuk berbelanja; namun, saat bepergian ke Bandung, wisatawan memerlukan pilihan penginapan yang wajar, dan semua persyaratan ini dapat dipenuhi dengan penggunaan internet.

Dalam kasus yang dialami oleh Ahmad Qois dan Agung Mahesa yang mencoba untuk menginap di hotel kapsul, mereka melaporkan bahwa akomodasi tersebut terlalu sempit dan pengunjung harus merangkak ketika memasuki “kapsul”.

Hotel kapsul tersebut hanya berkapasitas satu orang. Bobobox, bisnis hotel kapsul yang dibangun di atas teknologi dan inovasi, telah dicapai setelah menjalani dua tahun penelitian dan pengembangan.

Startup Bobobox

Pendanaan dan Venture Capital Bobobox

Bobobox telah menerima capital funding yang diberikan oleh modal ventura dari Genesia Ventures dan Indonesia Alpha JWC pada April 2018. Seiring pembangunan Bobobox, Bobobox pertama telah didirikan di Bandung yakni bernama Bobobox Pods Paskal.

Pada 27 Juli 2018 dengan jumlah total 62 pods atau 62 kamar, Bobobox Pods Paskal resmi diluncurkan.

Selain itu, Bobobox juga telah menerima pendanaan seri A senilai US$11.5 juta atau kurang lebih setara dengan Rp. 164 miliar pada bulan Mei 2020. Pemberian pendanaan tersebut dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan juga Horizons Ventures.

Startup Bobobox

Keunggulan Apps Bobobox

Bobobox adalah salah satu hotel kapsul yang berada di Indonesia yang telah menggunakan teknologi terdepan yang bisa di akses melalui aplikasi dan websitenya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Bobobox:

1. Privasi tamu lebih terjaga dikarenakan setiap pod/kamar hanya bisa dibuka dengan aplikasi Bobobox yang sudah terunduh di smartphone.

2. Bisa check-in dan check-out melalui aplikasi Bobobox

3. Bisa melakukan pemesanan atau pembayaran otomatis melalui website dan aplikasi

4. Tamu akan mendapatkan QR code yang akan tertera di aplikasi Bobobox yang nantinya akan digunakan untuk akses masuk ke dalam pod/kamar. Sehingga akses masuk tidak lagi menggunakan kunci. Tentunya cara ini berbeda dengan hotel-hotel pada umumnya.

5. Para tamu bisa mengatur lampu LED yang ada di dalam kamar/pod dengan menggunakan aplikasi.

Selain itu, di Website Bobobox, mereka juga mneyediakan beberapa informasi/artikel yang informatif terkait cara booking kamar di Bobobox. Tentunya informasi tersebut sangat berguna bagi para calon pengguna aplikasi Bobobox.

Juga, Bobobox menyediakan promo-promo yang bernama Promo Seru yang bisa digunakan oleh semua calon pelanggan. Sedangkan, untuk media pembayaran, Bobobox sudah bekerjasama dengan beberapa media pembayaran, yakni BCA, Mandiri, Bank BRI, BNI, CIMB clicks, Danamon, dan Gopay.

Selain itu, jika para pengguna mendaftarkan diri menjadi member Bobobox, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan bagi para member, yakni:

  • Smart check-in proses: proses check-in yang lebih cepat dan efisien.
  • Discount: Para member akan mendapatkan discount dan harga yang lebih hemat dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan
  • Bobopoints: Para member akan mendapatkan points atau keuntungan yang bisa dikumpulkan setiap kali menginap.

Di website dan aplikasi Bobobox, terdapat fitur “Cerita Teman Bob” yang dapat dilihat dan dibaca oleh semua pengguna Bobobox. Fitur ini merupakan cerita atau pengalaman-pengalaman yang dialami oleh para pengguna Bobobox selama menginap.

Keunggulan Bobobox yang lainnya adalah mereka menyediakan fitur “komplain” yang mana bisa diakses oleh para pengguna. Fitur ini merupakan sebuah tempat untuk menampung saran dan juga permasalahan yang mungkin terjadi selama menginap.

Startup Bobobox

Konsep Shared Living Bobobox

Bobobox memiliki konsep shared living dan dari segi fitur yang dimiliki oleh Bobobox, Mereka memiliki ruangan/kamar/pods yang cukup luas dengan menggunakan AC central yang cukup dingin.

Selain itu, Bobobox juga menyediakan fasilitas yang lengkap dan instagramable yang bisa digunakan sebagai spot para tamu.

Selain itu, Bobobox juga membuka kerjasama atau partnership program. Info kerjasama tersebut bisa di akses melalui laman resmi Bobobox.

Ketika masuk ke laman info kerjasama, para calon partnership akan diminta untuk mengisi formulir yakni nama, email, nomor telepon yang bisa dihubungi, lokasi, dan pesan.

Ada 3 keuntungan yang akan didapatkan oleh para partnership jika menjadi partner Bobobox, yakni:

1. Pembangunan dalam waktu cepat

2. Memiliki modal yang rendah

3. Modal cepat kembali

Setelah calon partnership mengisi dan mengirim formulir  secara lengkap sesuai dengan yang disediakan di website, pihak Bobobox akan menghubungi calon partnership secepat mungkin. Sehingga, kelengkapan data seperti email dan nomor telepon sangat berpengaruh.

Bobobox memiliki total 5 produk, yakni Bobohotel, Boboliving, Boboexpress, Bobocabin, dan Bobovan.

Bobohotel, Boboliving, dan juga Boboexpress memiliki keunggulan dan fitur yang hampir sama. Sedangkan, untuk Bobocabin adalah cabin atau tempat istirahat yang hanya bisa ditemukan di beberapa tempat.

Untuk harga Bobocabin sedikit lebih mahal yakni sekitar Rp 500.000 lebih untuk menyewa 1 kabin. Lalu, untuk Bobovan, Bobovan menyediakan campervan untuk 4 orang, tenda camping, meja, kursi, alat makan, kompor, alat masak, wastafel, dan tempat pengisi daya yang hanya bisa diambil dan dikembalikan di Villa Uma Sapna Bali.

Untuk informasi lebih lanjut terkait fasilitas kelima produk Bobobox dan juga harga yang ditawarkan, calon pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya melalui website atau aplikasi Bobobox.

baca juga

    Alamat Lengkap Bobobox

    Bobobox sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia. Untuk Head Office Bobobox berada di jl. Dr. Djunjunan No. 3 Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, 40173.

    Info Website dan Media Sosial Bobobox

    Berikut adalah informasi website dan juga sosial media Bobobox yang bisa dihubungi:

    • Nomor Telepon: +62 22 20584888
    • Nomor Whatsapp: +62 821 1900 7791
    • Email: help@bobobox.co.id
    • Website: https://bobobox.co.id/

    Info Link Aplikasi Bobobox

    Selain melalui website, para pengguna bisa mengunduh aplikasi Bobobox melalui Google Play dan AppStore.

    • Google Play (Android): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bobobox.bobobox
    • App Store (iOS): https://apps.apple.com/id/app/bobobox/id1401179501
    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like
    Read More

    Start up Click and Grow

    Click&Grow adalah produsen tanaman terkemuka didunia. Konsep yang diusung adalah taman pintar dalam ruangan. Berkantor pusat di Estonia,…
    Read More

    Bisnis Startup Talenta

    Mengelola sumber daya manusia (SDM) bukanlah hal mudah bagi sebuah perusahaan, terutama perusahaan dengan jumlah karyawan yang sangat…