Start Up Kurio , Satu Tampilan Platform Untuk Berbagai Kebutuhan

Jika kalian suka dengan segala hal yang bersifat bbaru dan up-to-date, mulai dari news sampai update status di Facebook dan Instagram, sekarang kalian tidak perlu buka semua situs tersebut satu per satu.

Tnpa harus ribet dan membuka beberapa halaman web, kini pelanggan sudah dapat menggunakan satu aplikasi yang bisa diandalkan, yakni Kurio. Di Kurio, berita terbaru selalu disajikan sesuai topik yang pelanggan minati.

Kata Kurio sendiri berasal dari kata berbahasa Inggris ‘Curious’ yang berarti rasa ingin tahu. Kurio adalah sepuah aplikasi pengolah konten dari berbagai sumber di Internet dan social media.

Kurio bukanlah aplikasi baru. Aplikasi bersimbol kipas putih berlatar belakang merah tersebut bahkan sudah eksis semenjak tahun 2013 dan hadir di laman Google Play Store maupun Apple App Store. Sementara ini, Kurio hanya bisa diakses melalui smartphone, dan kata David berhasil diunduh sebanyak hampir 50 ribu kali oleh para pengguna Android (80%) dan iOS (20%).

Penggagas dengan Ide Brilian Start Up Kurio

Di medio 2015, Founder dan sekaligus CEO Kurio, David Wayne Ika, mengunjungi kota Tokyo di Jepang, untuk berjumpa dengan 9 investor. Kabar terakhir Kurio mendapatkan pendanaan di dan kini adalah waktunya untuk menggalang dana putaran selanjutnya.

Salah satu investor potensial tersebut adalah Gunosy. David sangat kagum bahwa ternyata founder dan manajemen dari Gunosy adalah anak muda berusia di bawah 30 tahun dan pastinya cerdas. David dan CEO Gunosy Yoshinori Fukushima bahkan memiliki hobi dengan buku bacaan yang satu frekuensi.

Keberadaan Gunosy di Jepang sendiri merupakan perusahaan dengan niche sejenis dengan apa yang dilakukan oleh Kurio saat ini. Gunosy sendiri adalah sebuah layanan berita terkurasi di Jepang yang berhasil diunduh oleh 13 juta kali dan mengumumkan investasi strategis Seri B senilai USD 5 juta atau setara dengan Rp 67 miliar ke Kurio.

Kurio dan Gunosy dapat menjadi rekanan yang baik dan sangat mungkin mugkin untuk melakukan kolaborasi yang mutualis. Selain pengembangan produknya, Kurio juga membangun model bisnis yang kontinyu. Oleh karena itu, Gunosy selaku investor pun percaya penuh dengan kemampuan manajemen Kurio dan mutu produk yang dihasilkan.

Start Up Kurio : Kurio yang Semakin Menanjak

Saat ini Kurio sudah memiliki sekitar 30 karyawan yang terdiri dari 500 ribu instalasi dan DAU (Daily Active Usage), MAU (Monthly Active Usage), dan retention rate yang bisa dibilang sehat. Kurio berharap investasi dan kemitraan ini akan dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan performa produk dan pengembangan teknologi serta meningkatkan akselerasi pertumbuhan bisnisnya.

Sebelumnya, seperti kita ketahui Kurio juga terpilih menjadi salah satu startup yang mengikuti batch pertama oleh Google Launchpad Accelerator.

Dukungan yang Kurio peroleh selama ini lebih bersifat positif dan partisipatif. Konsumen ingin dihindarkan dari misinformasi atau berita yang buruk, yang biasanya ditandai dengan judul atau konten yang berbau sensasional. Kurio ingin membantu mendistribusikan konten tersebut untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Perusahaan-perusahaan yang banyak bergerak di sektor media sekarang ini masih mencari jalur terbaik di zaman digital, seperti aplikasi agregator, aplikasi terkurasi, rangkuman berita, untuk menyampaikan berita dan konten dalam medium, format, dan metode konsumsi yang paling mudah dipahami pelanggan.

Pembaca rata-rata menginginkan metode konsumsi yang nyaman dan mampu menghilangkan konten yang kurang baik. Aplikasi berita atau konten akan lebih berkembang dan mencakup layanan dan solusi yang luas, karena dengan adanya informasi dan data yang dimiliki oleh Kurio saat ini, ketersediaan lebih banyak jenis konten lebih banyak dibutuhkan.

Kurio ingin turut aktif menjadi pendukung platform dan ekosistem yang ada. Secara luas, banyak yang dapat dijadikan sebagai solusi, termasuk Instant Article dari Facebook, AMP dari Google, Medium.com, atau LinkedIn Pulse yang dapat menyelesaikan masalah discoverability, distribusi, dan penyampaian konten dari penerbit/kreator ke pembaca.

Kurio pun terus bekerja erat dengan penerbit untuk melihat apa saja perangkat atau teknologi, serta medium periklanan yang mampu memaksimalkan pendapatan mereka dengan distribusi konten melalui platform Kurio.

Pre Installed Apps Start Up Kurio

Yang menarik adalah Kurio langsung berlari kencang dengan melakukan pre-installed apps di seluruh perangkat ponsel pintar Polytron, yang sekaligus menaikkan pertumbuhannya dengan merilis “Kurio for Publisher” yang melibatkan seluruh publisher untuk semakin memperkaya konten yang ada di Kurio.

Terkait kerja samanya dengan Polytron, David Wayne Ika, founder dari Kurio mengungkapkan bahwa, kerja sama yang dikembangkannya tidak bersifat eksklusif. Ia mengaku, Kurio tetap akan terbuka untuk berkolaborasi dengan brand ponsel pintar lain. Kurio dapat dijadikan sebagai sebuah channel distribusi tambahan untuk berita.

Kurio sendiri merupakan produk yang cukup unik, dan dibangun sendiri secara inhouse dari Merah Putih Inc. Tiga kunci utama Kurio adalah pengguna, media atau publisher, dan terakhir adalah pengiklan. Dalam hal menjalankan ketiga kunci tersebut, program “Kurio for Publisher” menjadi salah satu yang jadi kekuatan tersendiri. Kurio menargetkan lebih dari 500 kerja sama publisher di Indonesia, sebelum Kurio berkembang lebih lanjut ke Asia Tenggara.

Perkembangan Kurio saat ini menunjukkan tren yang menggembirakan. Tingkat download aplikasi ini sendiri sudah mencapai 50.000 kali dan lebih dari 40 persen adalah pengguna aktif bulanan. Rata-rata pengguna membuka aplikasi Kurio dan menghabiskan waktu 10 menit setiap harinya.

Dari sisi platform-nya, Kurio sendiri masih didominasi Android. Sekitar 25 persen-nya menginstal melalui iPhone dan sisanya pengguna Kurio berasal dari platform Android, namun berdasarkan data yang ada, pengguna iOS jauh lebih loyal dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk membaca,” imbuh David.

baca juga

Startegy Start Up Kurio Merebut Hati Komunitas

Kurio juga bergerak menjalin kerja sama dengan para komunitas. Salah satu cara untuk menarik pelanggan, Kurio bukan hanya menghadirkan berita-berita terpilih dan terpopuler, tetapi juga melengkapi pembaca dengan konten-konten untuk para profesional. Dengan pendekatan seperti ini, banyak sekali orang Indonesia bergabung ke komunitas sesuai bidang pekerjaan untuk saling berbagi informasi.

Kurio sudah dilengkapi dengan topik berita yang sesuai dengan kategori para profesional. Tujuan utama didirikannya Kurio adalah ingin mengubah cara pandang orang Indonesia berinternet.

Secara umum, orang Indonesia dapat menghabiskan waktu hingga sembilan jam hanya untuk memperoleh akses internet, namun kebanyakan hanya digunakan untuk sosial media, chat atau bahkan game.

Jika saja mereka mau meluangkan waktu sedikit saja untuk terus memperbarui pengetahuan sesuai dengan profesinya, tentu saja akan menambah nilai mereka terhadap perusahaan serta karir mereka. Terkait hali, Kurio sudah menyiapkan ratusan web design, UI/UX. marketing, ekonomi dan lain-lain yang dapat membuat pelanggan lebih nyaman ketika mengakses aplikasi yang satu ini.

Kontak Start Up Kurio

Jl. K.S. Tubun No.85, RT.4/RW.7, Slipi, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410

Phone:  (021) 22127177

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like