Start Up Online Bengkel

https://www.zowhy.com – Aplikasi Bengkel dalam Genggaman: Obeng dan Montir – Saat ini, iklim usaha dan investasi di Indonesia tengah membaik.


Terbukti startup tumbuh bak jamur di musim penghujan di Indonesia dengan jenis usaha dan segmen yang berbeda-beda.


Startup merupakan sebuah perusahaan baru yang sedangkan dikembangkan dan umumnya beroperasi dalam bidang teknologi berbasis internet atau online dengan produk yang dibuat dalam bentuk aplikasi digital .
 

Aplikasi Digital Pertama Untuk Industry Automotive

Di Indonesia ini, pendiri startup didominasi oleh anak-anak muda dengan kreativitas serta inovasi tinggi serta mengandalkan teknologi masa kini untuk menjawab kebutuhan masyarakat.
Keberadaan startup kini pun rasanya sudah memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Mulai dari jasa ojek online, jasa pengiriman makanan (food delivery), marketplace, e-commerce, hingga pendidikan.


Bahkan muncul juga startup yang bergerak dalam bidang otomotif seperti Obeng yang menyediakan direktori bengkel mobil dan motor di seluruh Indonesia.


Selain itu, ada juga Montir – sebuah startup yang menyediakan layanan on-demand bidang otomotif mulai layanan servis, ganti oli, tune-up, cuci mobil hingga layanan emergency.


Kedua startup ini ingin berusaha menjadi solusi dari masalah yang kerap dihadapi oleh masyarakat. Terutama saat berkendara, momok menakutkan yang pasti dihadapi oleh pengendara adalah mobil atau motor yang tiba-tiba mogok.


Yang lebih menakutkan lagi adalah mogok tanpa tahu lokasi bengkel terdekat. Untuk itu, adanya kedua aplikasi tersebut akan sangat mempermudah dalam mencari bengkel terdekat bahkan untuk memberikan service ditempat pengendara berada.
 

Start Up Online Bengkel


 

Obeng (Online Bengkel)

Aplikasi yang merupakan singkat dari Online Bengkel ini didirikan oleh Paulus Chandra pada Desember 2015 lalu. Obeng ini memiliki layanan direktori bengkel motor dan mobil yang ada di seluruh Indonesia.


Dibuatnya aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna dalam menemukan bengkel yang berada terdekat dengan lokasi pengguna. Aplikasi bengkel ini bisa dibilang sangat user friendly dan gratis baik untuk konsumen bengkel maupun untuk pemilik bengkel.


Cara kerjanya juga sangat mudah dan sederhana. Bagi pengguna bengkel, cukup mendaftar atau sign up dengan menggunakan akun media sosial miliknya lalu pilih bengkel motor atau mobil di sekitar mereka, atau mengetik nama bengkel yang dipilih pada kolom pencarian bengkel.


Keuntungan lain bagi pengguna yaitu mereka bisa melihat review bengkel yang memberikan gambaran tentang kualitas suatu bengkel atau toko dari sesama pengguna bengkel yang sudah memberikan komentar atau review.


Sedangkan utntuk pemilik bengkel, mereka cukup mendaftarkan bengkelnya dengan mengisi formulir yang berisi info alamat, telepon, kategori bengkel, foto-foto bengkel serta posisi bengkel di maps yang semuanya tersedia dalam aplikasi Obeng.


Selanjutnya, pemilik bengkel tinggal menunggu data dalam formulir tersebut di validasi oleh pihak Obeng. Bila sudah divalidasi, maka bengkelnya akan segera muncul dalam aplikasi.


Kelebihan lainnya adalah, para pemilik bengkel, toko asesoris dan audio, salon mobil, cuci mobil dan motor, toko ban dan usaha otomotif di seluruh Indonesia dapat mendaftarkan bengkelnya dengan mudah tanpa dipungut biaya apa pun.


Akibatnya, pengguna bengkel diuntungkan karena memiliki banyak pilihan dan tidak lagi kesulitan mencari bengkel dimanapun dengan banyaknya data bengkel yang terdaftar.


Aplikasi ini cocok untuk para pehobi otomotif yang biasanya didominasi oleh laki-laki. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduh di Google Play untuk platform Android serta App Store untuk platform iOS.

Dibawah naungan PT Satu Lingkaran Teknologi, aplikasi Obeng telah bekerjasama dengan lebih dari 3.000 bengkel di seluruh Indonesia.

Aplikasi Digital Montir

Berbeda dengan aplikasi Obeng yang menawarkan direktori bengkel mobil dan motor yang ada diseluruh Indonesia, aplikasi Montir menawarkan one-stop-platform yang menyediakan berbagai jenis layanan jasa perawatan mobil.


Montir menawarkan layanan on-demand otomotif mulai layanan servis, ganti oli, tune-up, cuci mobil hingga layanan emergency. Startup yang didirikan oleh Mikhail Laurus ini ingin Montir menjadi pelopor untuk layanan on-demand perawatan mobil di Indonesia.


Montir pun menjanjikan layanan dan perawatan otomotif yang lebih hemat dari bengkel konvensional yang hemat waktu dengan penggunaan teknologi dan aplikasi.


Didirikan sejak 1 Juli 2016 lalu, startup ini memiliki motto memberikan layanan dengan kualitas tinggi seperti bengkel authorized, tetapi dengan harga non-authorized.


Bahkan Montir berani mengklaim bahwa pengguna bisa menghemat sampai 30 persen dibandingkan harga bengkel konvensional. Hal ini disebabkan karena Montir tidak mempunyai bengkel fisik sehingga biaya operasionalnya menjadi lebih rendah.


Selain itu, customer service menjadi prioritas utama di mana semua montir akan melakukan yang terbaik dari segi ketepatan waktu dan juga service quality.


Ada tiga layanan utama yang menjadi daya tarik Montir diantaranya adalah servis, cuci dan detailing serta tambal ban towing. Ketiga layanan tersebut memiliki tarif yang berbeda.

Menariknya, Montir juga memberikan garansi 3 bulan atau 3.000 km bagi pelanggannya sebagai bentuk pelayanan yang berkualitas terhadap konsumen.


Cara kerja aplikasi ini cukup mudah. Pengguna yang ingin mempergunakan jasa Montir ini cukup mengakses website Montir atau aplikasi mobile untuk mengatur jadwal servis, penawaran harga serta melihat riwayat servis mobil Anda.


 
baca juga


 
Jangan lupa saat melakukan booking servis, pengguna diharuskan memberikan informasi sedetil mungkin mulai dari merek mobil, tahun serta tipe; jenis servis dan spare part yang dibutuhkan dan informasi nama, lokasi, nomor telpon pengguna.


Anda bisa mengunduh aplikasi Montir ini di Google Play untuk platform Android agar bisa menggunakan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia untuk platform iOS.
 

error: Content is protected !!