Skill Bahasa Jepang Wajib Dikuasai Wisatawan

zowhy.com – Apa preferensi tempat liburan anda untuk berwisata? Mencari yang modern atau yang tradisional? Wisata perkotaan atau wisata alam pedesaan? Tempat belanja murah atau pemandangan gunung yang indah?

Tenang saja, semuanya bisa anda temukan sekaligus di satu tempat, yaitu di sebuah negara indah di Asia, Jepang.

Ya, Jepang memang sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Asia. Jumlah wisatawan yang mengunjunginya selalu meningkat setiap tahun, dan pemerintah Jepang juga terus membenahi semua objek wisatanya demi kenyamanan para turis.

Bagi yang memang berniat untuk berwisata di Jepang, perlu diingat bahwa warga Jepang menggunakan Bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari, tidak semuanya lancar berbahasa Inggris. Sehingga akan lebih baik jika belajar Bahasa Jepang terlebih dahulu sebelum meluncur ke Jepang.

Berikut adalah beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh para turis pada saat berada di Jepang:

Menawar harga

Hampir semua wisatawan yang datang ke Jepang, pasti akan mencari oleh-oleh atau buah tangan untuk dibawa pulang ke negaranya masing-masing. Walaupun tidak semua toko oleh-oleh bisa ditawar, skill menawar harga ini akan sangat berguna saat membeli oleh-oleh di toko tradisional.

Biasanya para pedagang lokal akan sengaja menaikkan harga untuk turis asing karena dianggap tidak mengerti Bahasa mereka. Jika anda memahami rentang harga yang sesuai dan memiliki skill menawar harga yang mumpuni, anda akan bisa menghemat biaya membeli oleh-oleh.

Jika anda cukup mahir untuk bisa menawar harga, anda juga akan secara otomatis bisa memahami perkataan penjualnya sehingga bisa terjadi komunikasi dua arah pada saat transaksi. Ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak.

Skill Bahasa Jepang Wajib Dikuasai Wisatawan

Menanyakan arah

Jepang terkenal memiliki banyak gang-gang kecil yang akan terlihat rumit bagi turis asing, selain itu ada juga jalur transportasi umum yang sangat banyak dan luas. Jika adanya peta masih tidak membantu, anda akan perlu untuk bertanya arah kepada warga sekitar.

Karena sudah terbiasa menerima banyak wisatawan, sebagian besar warga lokal mungkin akan mampu menjelaskan arah sederhana dalam Bahasa Inggris. Tapi jika arah yang perlu dijelaskan cukup jauh dan rumit, akan rawan terjadi miskomunikasi.

Jika anda sudah belajar Bahasa Jepang sebelumnya, anda pasti akan bisa bertanya arah dalam Bahasa Jepang dan juga memahami penjelasan yang diberikan dalam Bahasa Jepang. Ini tentunya dapat menghemat waktu anda menemukan tempat yang dicari dan menghindari anda tersesat dan kebingungan di negeri orang.

Memesan makanan

Selain tempat wisatanya, Jepang juga terkenal memiliki banyak makanan enak dengan visual yang menarik. Jadi, berwisata kuliner di Jepang tidak bisa dilewatkan jika anda sudah sampai di sana.

Di beberapa restoran internasional, menu makanan yang diberikan mungkin akan tertulis juga versi Bahasa Inggrisnya. Tapi di rumah makan tradisional, sebagian besar menunya akan tertulis dalam huruf-huruf Jepang.

Anda tentu tidak mau tertipu atau salah memesan makanan kan? Inilah pentingnya belajar Bahasa Jepang terlebih dulu sebelum datang ke Jepang.

Jika anda sudah mampu berbahasa Jepang, anda akan bisa memahami semua yang tertulis di daftar menu dan memesan makanan yang memang anda inginkan. Selain itu, anda juga pasti akan dapat memesan makanan dengan cara yang benar dan sopan sesuai adab Jepang.

Orang Jepang pasti akan sangat terkesan melihat ada orang asing yang bisa memesan dengan sopan. Siapa tahu, anda bisa saja diberikan makanan gratis J

Memesan kamar

Jika anda berencana berwisata selama beberapa hari di Jepang, hal yang terpenting tentunya adalah mencari penginapan. Nah, prosedur memesan kamar inilah yang biasanya agak rumit jika dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Jika pegawai penginapan tidak terlalu mengerti Bahasa Inggris, akan sulit untuk menyampaikan permintaan tertentu ataupun menanyakan seputar detail pelayanan yang diberikan. Karena inilah anda butuh kemampuan berbahasa Jepang yang baik.

Walaupun sekarang bisa memesan kamar secara online, terkadang ada beberapa hal yang masih perlu dikomunikasikan dengan pihak penginapan, seperti meminta tambahan bed, menanyakan menu sarapan, atau menanyakan tentang potongan harga.

Membaca petunjuk jalan

Jika anda adalah tipe wisatawan yang tidak terlalu suka bertanya langsung kepada orang, anda pasti akan sangat mengandalkan papan penunjuk di jalan ataupun tulisan petunjuk di peta. Kebanyakan papan petunjuk di Jepang tertulis dalam Bahasa Jepang, sehingga akan sulit dipahami bagi yang tidak memahami huruf-huruf Jepang.

Bahasa Jepang terdiri dari huruf hiragana, katakana, dan kanji. Ketiganya biasanya dikombinasikan untuk membentuk huruf-huruf dan kalimat.

Jika anda memahami Bahasa Jepang dengan baik, pasti tidak akan kesulitan memahami setiap tulisan Jepang yang anda temukan di sepanjang perjalanan wisata anda, baik itu papan penunjuk arah, papan nama toko, ataupun papan pemberitahuan diskon atau penawaran spesial toko tertentu.

Menyapa dan mengucapkan terima kasih

Orang Jepang terkenal sangat menjunjung tinggi norma-norma kesopanan. Bahkan dalam Bahasa Jepang sendiri, penggunaan huruf dan kalimatnya akan berbeda tergantung dengan tingkat formalitasnya.

Salah satu skill terpenting yang bisa meningkatkan citra anda sebagai wisatawan asing adalah dengan selalu memberikan sapaan ramah pada setiap orang Jepang yang anda lewati. Walaupun tidak semua wisatawan asing kasar dan tidak sopan, dengan rajin menyapa anda bisa dianggap sebagai wisatawan yang baik dan akan banyak dibantu sepanjang perjalanan.

Selain kemampuan menyapa, ada satu hal lagi yang penting tidak boleh lupa untuk diucapkan, yaitu terima kasih. Akan sangat baik jika anda bisa mengucapkan terima kasih setiap selesai berbelanja ataupun setiap selesai makan di restoran.

Walaupun biasanya hanya mengucapkan kata “terima kasih” saja sudah cukup, akan lebih berkesan lagi jika anda bisa menggunakan kemampuan berbahasa Jepang anda untuk sekaligus memberikan pujian yang lebih detail, misalnya memuji pelayanan tokonya ataupun memuji rasa masakannya.

baca juga

Salah satu cara untuk bisa menguasai Bahasa Jepang dalam waktu singkat adalah dengan mengikuti kursus. Di tempat kursus anda akan diajari cara membaca dan menulis huruf-huruf Jepang dan juga cara berkomunikasi dalam Bahasa Jepang.

Salah satu tempat kursus yang terkenal dan terbukti kualitasnya adalah di zowhy.com.

zowhy.com memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. zowhy.com juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jepang.

Di zowhy.com tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

error: Content is protected !!