Simak 4 Langkah Meningkatkan Comprehension Skill

zowhy.comComprehesion skill adalah kemampuan seseorang memproses informasi yang didapat dari bacaan, memahami maksud dari bacaan tersebut, dan mencocokkan informasi-informasi yang didapat dengan apa yang sudah diketahui oleh si pembaca. Secara singkat, comprehension skill adalah kemampuan seseorang memahami sebuah teks. Semakin tinggi tingkat comprehension skillmu, semakin cepat pula kamu memproses sebuah teks.

Baca juga: SMART Goals Untuk Kursus Bahasa Inggris

Nah, lagi berbicara soal membaca, jangan keburu bosen duluan zowhy! Comprehension skill adalah kemampuan yang berguna dan penting banget. Lebih serunya, kemampuan ini bisa kamu latih loh sendiri secara gratis dan cuma perlu usaha saja. Sebenarnya, buat apa sih comprehension skill? Comprehension skill akan berguna sekali untuk pelajar dan bukan pelajar segala usia. Kemampuan ini akan membantu kalian menyerap informasi semaksimal mungkin dengan waktu tersingkat.

Baca juga: KURSUS Bahasa Inggris Khusus CUSTOMER SERVICE

Penggunaan konkritnya adalah saat tes reading IELTS, TOELF, dan lain-lain, atau saat disekolah dan disuruh membaca jurnal, atau malah saat membaca infografis di sosial media. Selain itu, kalau comprehension skill-mu meningkat, kemampuan menulismu juga akan meningkat. Faktanya, comprehension skill berbanding lurus dengan writing skill. Karena penggunaannya yang sangat luas, tentunya comprehension skill ini akan berguna sekali dikehidupan sehari-hari, baik untuk akademik maupun non-akademik. Sayangnya, tidak semua orang punya kemampuan komprehensif yang tinggi dan banyak yang menolak meningkatkan kemampuan mereka karena berpikir, ‘ah paling disuruh baca bacaan panjang-panjang. Bosen!’. Kalau kamu adalah salah satu dari grup demografis baca-itu-membosankan atau kamu hanya ingin sekedar meningkatkan kemampuan komprehensifmu, artikel ini buat kamu! Lagian, siapa sih yang punya waktu untuk dibuang-buang hanya untuk membaca? Nah, ini adalah 4 langkah mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan comprehension skill-mu.

  • Kombinasikan membaca untuk belajar dan membaca untuk hiburan

Siapa di sini yang suka baca novel atau wattpad? Percaya atau tidak, membaca dalam bentuk apapun akan melatih comprehension skill-mu. Kalau kamu senang membaca novel, short-story dan lain-lain, kamu sudah selangkah lebih maju dari orang-orang yang tidak pernah membaca. Nah, biar kamu bisa 10 langkah lebih maju, kamu harus membaca materi-materi sekolah atau ilmu pengetahuan dan diselingi dengan membaca bacaan fiksi yang kamu senangi. Coba dengan perbanding 1:2 jam, 1 jam membaca untuk belajar dan 2 jam membaca untuk hiburan.

Baca juga : 5 Cara Belajar Pronunciation Tanpa Ribet Tapi Cepat dan Akurat!
Kalau kamu tidak suka membaca, tenang saja kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam kok. Apalagi jika kamu merasa susah untuk fokus disaat membaca. Coba timer dirimu sendiri saat membaca sampai kamu merasa tidak fokus atau terdistraksi. Ini akan menjadi acuan kamu untuk mulai melatih comprehension skill. Contohnya, 10 menit adalah batas maksimal kamu membaca tanpa terdistraksi, setelah 10 menit lakukan hal yang kamu sukai selama 15-20 menit sebelum kamu kembali membaca lagi selama 10 menit. Pasang target misalnya hari ini harus bisa membaca 3 paragraf. Lakukan 10 menit membaca – 15 menit menonton tiktok sampai kamu bisa mencapai target mu hari itu. Idealnya, kamu melakukan hal ini setiap hari, tapi 3 kali seminggu juga tidak masalah.

  • Diskusikan apa yang telah kamu baca dengan orang lain

Berdiskusi mengharuskan kamu untuk berbicara. Anggap saja ini seperti dirimu sendiri menceritakan kembali apa yang sudah kamu baca. Selain itu, kamu jadi bisa menguji seberapa paham sebenarnya dirimu terhadap teks yang kamu baca, karena tentunya ada temanmu yang mungkin tidak memiliki gambaran apapun tentang bacaan itu. Kalau kamu tidak punya teman atau temanmu tidak ada yang tertarik? Tida masalah! Faktanya, para teknisi perangkat lunak memiliki cara unik berdiskusi yang mereka sebut dengan debugging bebek karet atau “rubber duck debugging” dimana mereka mendiskusikan sebuah masalah dengan bebek karet. Cara ini mengharuskan mereka untuk membicarakan sebuah masalah dengan keras dan tidak hanya di dalam kepala mereka saja.

  • Skimming

Siapa bilang membaca secara komprehensif mengharuskan kita untuk membaca intens, memahami kata demi kata, titik dan koma? Justru, cara membaca yang benar untuk memaksimalkan informasi yang didapat dalam waktu yang singkat adalah skimming. Skimming adalah teknik membaca dimana kamu membaca secara cepat dari atas kebawah (bukan kiri ke kanan). Tentunya cara ini tidak cocok untuk pemula yang masih merasa susah untuk fokus saat membaca. Kalau kamu sudah bisa menentukan rentang waktu efektif membacamu, kamu boleh mencoba skimming. Yang perlu kalian ingat, skimming adalah dual-edged sword, artinya cara ini bisa sangat membantu kalian atau malah bisa membuat kalian melewati poin-poin atau fakta-fakta penting di dalam bacaan. Jadi, pastikan lakukan skimming dengan benar. Kamu membaca cepat bukan hanya melirik tulisan.

Caranya skimming:

  • Temukan ide pokok sebuah paragraf. Biasanya diletakan di kalimat pertama atau terakhir, jadi pastikan kamu tidak melewati mereka.
  • Tidak perlu membaca satu kalimat sampai habis, jika kamu sudah mendapatkan informasi yang kamu butuhkan langsung pindah ke kalimat berikutnya.
  • Jangan baca kata per kata, bacalah dengan gerakan mata dari atas kebawah
  • Baca paragraf pengantar dan kesimpulan secara keseluruhan
  • Perkaya kosa kata

Selanjutnya adalah memperkaya koleksi kosa katamu. Terutama jika kamu ingin meningkatkan comprehension skill-mu untuk tes-tes bahasa inggris seperti IELTS dan TOEFL. Kamu tidak akan bisa skimming jika kamu masih tersendat-sendat karena banyak kata yang tidak kamu mengerti. Jadi, perkaya perpustakaan mental kosa kata di kepalamu.

Baca juga: “Tips Belajar Bahasa Asing Untuk Pemula”

Hanya 4 langkah dan mudah semuakan? Comprehension skill tentunya akan sangat berguna sekali untuk kalian yang ingin meningkatkan nilai IELTS dan TOEFL. Karena kamu bisa mendapatkan informasi secara optimal dalam waktu yang singkat, kamu bisa kembali lagi ke soal-soal sebelumnya untuk memeriksa kembali jawabanmu. Semoga ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!