Raup Keuntungan Dengan Bisnis Camilan Rumahan

zowhy.com – Bisnis Camilan Rumahan , Ide memulai usaha tak harus dimulai dengan modal besar.Kini dengan peluang bisnis camilan rumahan Anda pun dapat menjalankan usaha dengan modal kecil dan untung yang lumayan.

Kian hari bisnis camilan menunjukkan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Semakin bertambahnya permintaan cemilan rumahan, bisnis ini bisa dibilang memiliki prospektif bagus untuk kedepannya. Target pasar yang luas mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, membuat usaha ini terus dibanjiri permintaan.

Jenis cemilan rumahan pun semakin beraneka ragam. Anda bisa menciptakan ide bisnis cemilan baru karena peluangnya terbuka lebar. Dengan inovasi cemilan baru, tak menutup kemungkinan produk cemilan rumahan Anda akan banyak diminati.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis cemilan rumahan ini. Simak ulasan raup keuntungan dengan bisnis camilan rumahan di bawah ini.

Berkat Kue Carang, Raup Untung Puluhan Juta

Berawal dari keisengan membaca koran resep makanan ringan, Widayati pengusaha makanan ringan di Pontianak sukses dengan kue carangnya. Kue carang merupakan olahan makanan ringan berbahan dasar ubi. Sebelum memulai bisnisnya, Widayati mengaku bahwa ia bukan perempuan yang ahli dalam bidang kuliner.

Dari resep coba-coba, ia kemudian membuat produk kue carang dan memasarkannya secara langsung.  Produk pertamanya ia jajakan ke Megamall Pontianak yang saat itu belum ramai, tak hanya itu ia juga menitipkan kue buatannya di beberapa warung. Hasilnya pun cukup lumayan.

Melihat potensi usaha yang cukup menjanjikan, Widayati memutuskan untuk berhenti dari tempat ia bekerja dan memilih fokus dengan usaha camilan rumahannya. Menggandeng suaminya, Widayati mampu mengembangkan usaha kue carang dan berbagai produk tambahan hingga menuai kesuksesan.

Bisnis Camilan Rumahan WInda

Dalam menjalankan usahanya, ia dibantu oleh 5 karyawan dalam proses produksi sehari-hari. Hal tersebut dilakoni agar stok produk dapat terpenuhi sesuai dengan banyaknya permintaan. Tak hanya di Pontianak, produk camilan rumahan Widayati kini telah dipasok hingga ke Jakarta.

Dari modal Rp 50 ribu kini Widayati mampu meraih omzet hingga Rp 50 juta per bulan. Widayati yang merupakan salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga melakukan pengembangan usaha dengan memanfaatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat yang menunjang kesuksesan usahanya.

Seiring perkembangan zaman, proses pemasaran produk camilan tak hanya secara offline, tapi juga berkembang menggunakan pemasaran digital. Untuk menjawab tantangan tersebut Widayati menegaskan bahwa ia akan mengupgrade kapasitas produksi terlebih dahulu, kemudian turut ikut dalam pemasaran online.

Baginya kesiapan produk menjadi hal utama yang harus diperhatikan, karena media promosi online sudah banyak dan mudah diikuti, yang terpenting permintaan dapat terpenuhi.

Ide Bisnis Camilan Rumahan

Ide bisnis camilan rumahan tidak hanya terbatas pada produk kue carang. Kini, berbagai macam produk camilan rumahan sudah dapat kita temui. Jenis camilan rumahan tak terbatas dengan camilan tradisional tapi juga banyak camilan modern yang semakin inovatif.

Kue Carang

Banyak camilan yang dijajakan secara langsung di minimarket, ,supermarket, pinggir jalan, restoran dan tempat publik lainnya. Bahkan penjualan secara online pun kini banyak dipilih oleh penjual untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas.

Dengan modal yang minim Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Beberapa ide bisnis camilan rumahan yang menguntungkan, seperti brownies stick beku, basreng, usus krispi dan camilan rumahan lainnya dapat Anda adopsi sebagai ide bisnis Anda.

Seperti yang sudah populer, brownis merupakan kue dengan rasa coklat yang legit. Untuk menambah cita rasa dan menjadikannya kuliner unik, kini brownis dihadirkan dalam bentuk beku. Anda dapat membuat sebuah kue brownis, memotongnya dalan bentuk persegi panjang, dan memasukkannya ke dalam freezer.

Brownis beku atau frozen brownis ini sangat cocok untuk Anda jadikan ide bisnis. Produk yang unik dan menarik, pastinya akan cepat laku dan habis.

Selain camilan rumahan yang manis, banyak remaja dan orang dewasa yang lebih tertarik dengan camilan asin gurih dan pedas, seperti basreng dan usus krispi.

Di beberapa kesempatan, basreng menjadi salah satu primadona camilan rumahan. Dengan tekstur yang kering dan rasa gurih pedas, camilan ini selalu menggugah selera penikmatnya. Hal tersebut membuat banyak orang terus repeat order.

Tak hanya basreng, usus krispi pun kebanjiran banyak peminat. Kedua jenis camilan ini sangat menguntungkan, dengan nilai jual yang tinggi dan permintaan nyang banyak akan mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda.

Memulai Bisnis Camilan Rumahan

Jika Anda sudah menemukan ide camilan rumahan yang permintaan pasarnya tingi, produsennya terbatas dan menguntungkan. Tak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkannya dengan matang.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan pasti sebelum memulai bisnis camilan rumahan ini. Hal ini bertujuan agar usaha yang Anda bangun dapat menuai kesuksessan di kemudian hari dan terus eksis menjawab semua tantangan bisnis.

Ada baiknya ketika memulai bisnis camilan rumahan Anda memastikan terlebih dahulu kualitas bahan yang  digunakan. Bahan yang digunakan haruslah memiliki kualitas yang baik dan higienis. Proses pengolahannya pun harus tepat. Jika camilan rumahan yang Anda produksi diproses dengan menggoreng, pastikan menggantinya secara berkala.

Agar produk yang Anda tawarkan tidak sepi peminat. Buatlah packaging yang menarik, aman dan ramah lingkungan.

Bisnis yang terus eksis adalah bisnis yang selalu melakukan inovasi. Dengan adanya inovasi, produk yang ditawarkan pun akan berbeda dengan produk lainyya. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengenal ciri khas produk Anda, brand Anda pun akan semakin cepat dikenal.

Bisnis Camilan Rumahan

Jika Anda serius menjalani bisnis camilan rumahan ini, ciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. Tujuannya agar bisnis Anda memiliki pelanggan setia dan mereka akan melakukan pembelian berulang kali.

Ciptakan hubungan yang dekat dengan konsumen Anda, hal tersebut akan menjad iklan gratis untuk konsumen selanjutnya. Memanfaatkan media sosial dan penyebaran produk dari mulut ke mulut terbukti efektif dalam menggaet pelanggan baru.

Strategi Bisnis Camilan Rumahan

Selain itu, dalam memulai bisnis camilan rumahan Anda perlu memiliki strategi yang tepat dan dapat membidik target pasar. Strategi yang baik akan membantu usaha Anda lebih cepat berkembang dan maju.

Dengan menggunakan strategi, peningkatan penjualan diharapkan dapat terjadi secara signifikan. Strategi bisnis camilan rumahan yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah dengan memberikan diskon produk, secara berkala memberikan harga promo, menambah bobot camilan, dan memberikan sampel produk gratis kepada pelanggan baru Anda.

Baca juga:

Itulah pembahasan tentang raup keuntungan dengan bisnis camilan rumahan. Dari kisah sukses Widayati, kita dapat mengambil pelajaran bagaimana memulai bisnis camilan rumahan yang menguntungkan. Dengan ide bisnis dan perencanaan yang matang seperti yang sudah dipaparkan di atas, Anda dapat membuat skema bisnis yang tepat dan membuat produk camilan rumahan yang tidak sepi peminat.

Barangkali Anda ingin memulai usaha camilan rumahan, kisah sukses Widayati rumahan di atas bisa Anda jadikan referensi penting untuk meraih keuntungan banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!