PT. Pudjiadi Prestige Tbk Melawan Covid19

https://www.zowhy.com – PT. Pudjiadi Prestige Tbk adalah sebuah perusahaan pengembang properti ternama di Indonesia. Perusahaan ini merupakan anggota dari the Jayakarta Group sebuah perusahaan properti yang sudah berdiri sejak tahun 1952.

PT. Pudjiadi Prestige Tbk sendiri ‘baru’ didirikan pada tahun 1980 dengan menjadi perusahaan bagian dari the Jayakarta Group yang berfokus pada pengembangan properti residensial dan komersial. Hingga tiga puluh tahun perusahaan ini berjalan, PT. Pudjiadi Prestige Tbk telah menyelesaikan sebanyak 25 proyek apartemen, perumahan, gedung perkantoran dan gedung pusat perbelanjaan.

Meskipun PT. Pudjiadi Prestige Tbk dan the Jayakarta Group adalah perusahaan yang sudah memiliki sejarah panjang di Indonesia, namun bukan berarti perusahaan ini tidak akan mengalami masalah. Fluktuasi ekonomi akibat kondisi sosial politik Negara Indonesia dan fluktuasi ekonomi global akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok sangat mempengaruhi operasi perusahaan ini pada tahun 2019.

Menurut laporan manajemen PT. Pudjiadi Prestige Tbk pada tahun 2019 secara makro kondisi sosial politik Indonesia yang tidak stabil pada tahun itu berakibat pada penurunan pendapatan perusahaan sebesar 21.64%[i] dari 86.47 miliyar pada tahun 2018 menjadi 67.76 miliyar pada tahun 2019.

 Sedangkan secara mikro, penurunan ini disebabkan sebagian besar oleh penurunan penjualan apartemen jepang Azalea serviced apartment Cikarang. Pada tahun 2019, pendapatan hasil penjualan unit di apartemen ini turun sebesar 37.73% dari 17.81 milyar rupiah pada tahun 2018 menjadi 11.09 milyar rupiah pada tahun 2019.

Angka tersebut jauh dibawah target perusahaan yang pada awalnya mematok pendapatan operasi sebesar 89.37 miliyar rupiah pada tahun 2019. Penurunan ini lantas turut menurunkan nilai kapitalisasi perusahaan dari 158 miliyar rupiah pada tahun 2018 menjadi 98.8 miliyar rupiah pada tahun 2019.

Selain itu, penurunan ini juga berakibat pada penurunan proyeksi pendapatan perusahaan pada tahun 2020. Pihak perusahaan menaksir bahwasanya pada tahun 2020 mereka akan mampu mencapai target pendapatan sebesar 55.16 miliyar rupiah[ii].

 Namun apakah sejauh ini target tersebut tercapai?.  Mengingat tampaknya target tersebut belum memperhitungkan contagious effect atau efek penularan virus Covid19 yang sejauh ini memukul perekonomian Indonesia terutama di bidang industri pariwisata.

Padahal perusahaan bekerja sama dengan anggota the Jayakarta Group yang lain juga membangun hotel dan resort yang notabene memiliki pangsa pasar Warga Negara Asing yang berwisata di Indonesia. Lalu, apa sajakah program program yang di jalankan perusahaan untuk mencegah penularan virus Covid19 di dalam internal perusahaan?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut khusus untuk anda. Jawaban pertanyaan tersebut disusun dengan urut mulai dari program pencegahan penularan Covid19 di dalam internal perusahaan, kondisi keuangan perusahaan akibat Covid19 dan strategi pemasaran perusahaan sepanjang tahun 2020.

Program pencegahan Covid19

PT. Pudjiadi Prestige Tbk jelas menjadikan kesehatan staff dan tamu sebagai prioritas utama sejak dahulu. Namun penekanan aspek kesehatan staff dan tamu menjadi semakin ditekankan ketika menghadapi pandemi seperti saat ini.

Oleh karena itu, perusahaan ini menerapkan aturan aturan sebagai berikut:

  1. Menyusun tim mentoring dan tim eksekusi pencegahan Covid19 di the Jayakarta Hotel;
  2. Guest baru bisa menggunakan sebuah kamar setelah 1 x 24 jam kamar tersebut dibersihkan;
  3. Menyediakan alat pengecek suhu,, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan  di lobby dan beberapa lokasi strategis di dalam hotel dan apartemen;
  4. Setiap staff hotel dan apartemen harus menggunakan masker, sarung tangan dan face shield;
  5. Menekankan online check in untuk meminimalisir kontak fisik antara staff dan tamu;
  6. Menyemprot disinfektan setiap hari menggunakan bahan kimia yang tidak berbahaya;
  7. Rekonfigurasi tempat duduk dan lift untuk mencegah tamu dan staff berada dalam posisi yang tidak melakukan social distancing. Rekonfigurasi ini berbentuk pembuatan tanda khusus di setiap kursi dan lift;
  8. Mengurangi jam buka kolam renang umum dan fitness center untuk memastikan kedua fasilitas tersebut sudah dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan kembali;
  9. Disediakan menu ala carte dan sarapan di dalam kamar untuk mencegah kerumumnan;
  10. Pemeriksaan rapid test ruin untuk staff yang sering berhadapan dengan tamu;
  11. Mengimplementasikan konsep work from home semaksimal mungkin;
  12. Pemeriksaan suhu setiap hari sebelum memasuki area property;
  13. Khusus untuk Azalea serviced apartment suites Cikarang, pengelola property bekerja sama dengan rumah sakit terdekat untuk pertolongan pertama dan mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Dengan usaha usaha tersebut diatas, hingga kini perusahaan telah mampu menjaga statusnya sebagai perusahaan dengan 0 jumlah penularan Covid19.

baca juga

Kondisi keuangan perusahaan akibat Covid19

Menurut tulisan di indopremier.com, pada kuartal pertama [iii] dan kuartal kedua [iv] tahun 2020, PT. Pudjiadi Prestige Tbk membukukan kerugian bersih masing masing 4,5 milyar rupiah dan 11 milyar rupiah. Padahal di kuartal yang sama pada tahun lalu perusahaan sanggup mencatat laba bersih masing masing sebesar 503 juta rupiah dan 1,3 miliar rupiah.

Selain laba bersih, pada kuartal awal dan kedua tahun 2020, perusahaan juga mengalami penurunan nilai kapitaisasi pasar. Bilamana pada akhir tahun 2019 perusahaan berhasil mencapai nilai kapitalisasi pasar sebesar 98,8 milyar rupiah, maka pada kuartal pertama tahun 2020 nilai tersebut menurun menjadi 72,5 milyar rupiah dan sedikit meningkat menjadi 77 milyar rupiah pada kuartal kedua tahun ini. Tentunya hal ini disebabkan oleh pandemi Covid19.

Pandemi ini secara langsung mengurangi jumlah ekspatriat asing yang tinggal di Indonesia melalui berkurangnya penerbangan dan  lain lain. Selain itu pandemi Covid19 juga memukul ekonomi Indonesia dari sektor domestik. Karena untuk menghindari penularan Covid19, beberapa daerah utama seperti Jakarta dan Bali harus menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang tentunya mengurangi minat wisatawan domestik untuk berkunjung.

Namun, menurut catatan di laman resmi perusahaan[v] PT. Pudjiadi Prestige Tbk berkomitmen untuk tidak memecat karyawan sebagai dampak penurunan bisnis perusahaan meskipun ditengah kondisi seperti ini perusahaan dituntut untuk melakukan efisiensi biaya. Sebaliknya untuk tetap menjaga kesehatan bisnis perusahaan manajemen  PT. Pudjiadi Prestige Tbk memulai fokusnya untuk pemasaran secara digital seperti dengan menyediakan e-booklet dan virtual tour agar konsumen tetap tertarik dengan produk perusahaan. Selain melakukan pemasaran secara digital perusahaan juga tetap melangsungkan pemasaran menggunakan media non digital seperti memasang baliho di tempat tempat strategis dan lain lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya pandemic Covid19 tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat Indonesia melainkan juga ekonomi negeri ini termasuk bisnis PT. Pudjiadi Prestige Tbk. Akan tetapi perusahaan ini adalah perusahaan yang sudah berusia 30 tahun dan terbukti mampu melewati krisis krisis sebelumnya. Oleh karena itu manajemen perusahaan ini yakin PT. Pudjiadi Prestige Tbk mampu bertahan melawan pandemic Covid19 ini.


[i] https://pudjiadiprestige.co.id/investor/management_reports. Di akses pada tanggal 25 Oktober 2020.

[ii] Laporan Tahunan PT. Pudjiadi Prestige Tbk Tbk tahun 2019

[iii]https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=Financial_Statements_1Q_2020_of_PUDP&news_id=370505&group_news=RESEARCHNEWS&taging_subtype=PG002&name=&search=y_general&q=,&halaman=1. Di akses pada tanggal 25 Oktober 2020.

[iv]https://www.indopremier.com/newsDetail.php?jdl=Financial_Statements_2Q_2020_of_PUDP&news_id=372936&group_news=RESEARCHNEWS&taging_subtype=COMPANYUPDATE&name=&search=y_general&q=Financial%20Statements&halaman=1. Di akses pada tanggal 25 Oktober 2020.

[v] https://pudjiadiprestige.co.id/en/news/jayakarta-group-s-commitment-for-providing-a-covid-free-environment-and-our-business-strategies-amidst-this-pandemic.html. Di akses pada tanggal 25 Oktober 2020.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!