Popeye Click, Bisnis ‘Hanya’ Modal Bayam

zowhy.com – Saya hanya memilih bayam dan mengimajinasikan bayam tidak sekedar tanaman biasa yang keberadaannya mulai tergeser oleh aneka tanaman lainnya. Padahal nilai gizi bayam sangat tinggi. Saya pun mengimajinasikan; bagaimana kalau orang makan bayam atau tepatnya anak muda makan bayam itu keren

Kota berhawa sejuk seperti Bandung sangat cocok berbisnis agrobis atau segala hal yang berhubungan dengan tanam-menanam. Apalagi sebagian besar wilayah Bandung terletak di dataran agak tinggi sehingga curah hujan dan hembusan angin sesuai untuk tumbuh-kembang tanaman.

Banyak kota-kota besar di Indonesia –tak terkecuali Pulau Jawa—yang memiliki posisi geografis demikian. Sebut saja, Malang, Salatiga, Pubalingga, dan area sekitar Bandung sendiri. Kali ini kita akan menemui sosok pebisnis sukses di bidang agrobisnis.

Soal menanam siapapun bisa melakukannya. Tertapi yang ditanam lelaki satu ini berbeda dan proses menuju kesuseksannya yang menarik. Jauh-jauh di ke daerah Pujon, wilayah Kabupaten Malang, saya menemui lelaki muda yang enerjik ini. Dia bernama Oktavian Santoso, owner Popeye Click.

Cukup aneh kan nama gerai bisnisnya? Memang seaneh cara Viant –begitu panggilan akrabnya—menjalani bisnisnya.

Di sebuah kedai lesehan di kawasan puncak Pujon, saya menemui Viant. Menurut informasi kawasan ini terletak lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Jadi hawa sejuk terus berhembus sepanjang hari.

Viant telah menunggu kedatangan saya. Setelah berkenalan sejenak dan memesan makanan, saya dan Viant mulai membincang konsep bisnisnya.

“Popeye Click ini menarik dan bisa dilakukan siapa saja, terutama anak muda yang kreatif dan selalu ingin mencoba hal berbeda,” kata saya seolah menyimpulkan keterangan awal Viant.

“Betul. Siapapun bisa melakukan apa yang saya lakukan asalkan ada ketekunan dan imajinasi untuk maju,” lanjut Viant.

“Imajinasi untuk maju? Ini yang jarang dimiliki anak-anak muda hari ini. Semacam visi begitu?” tanya saya.

“Lebih dalam dari visi. Tidak semua orang, maaf, memiliki visi. Mereka membiarkan hidupnya lurus saja tanpa tantangan. Tetapi kalau imajinasi, semua orang memiliki. Tinggal persoalannya mampukah kita membangun imajinasi kita secara konstruktif,” kata Viant lagi.

Tentu saja, saya semakin tertarik dengan gagasan lelaki berperawakan kecil ini.

“Popeye Click, Anda kembangkan dengan imajinasi yang tidak biasa itu?” celetuk saya sangat penasaran. Sejenak Viant tersenyum.

“Tepat. Saya hanya memilih bayam dan mengimajinasikan bayam tidak sekedar tanaman biasa yang keberadaannya mulai tergeser oleh aneka tanaman lainnya. Padahal nilai gizi bayam sangat tinggi. Saya pun mengimajinasikan; bagaimana kalau orang makan bayam atau tepatnya anak muda makan bayam itu keren,” kata Viant bersemangat.

“Sebuah produk mampu membuat keren customer-nya?” simpul saya.

“Itu kata kunci penting dan yang coba saya lakukan. Tidak perlu modal besar, kita hanya membutuhkan imajinasi dan langkah nyata mewujudkannya. Tentu semua harus dia atas rel keyakinan dan ketekunan,” seru Viant lagi.

Angin dingin kota Pujon terasa menyapu kulit. Perbincangan pun semakin asyik. Apalagi cappucino hangat telah tersaji. Viant membetulkan posisi duduknya. Sementara saya terbius konsep bisnis ‘sepele’-nya yang langka.

“Di sini banyak tanaman bayam dan menanam bayam itu sangat mudah. Tetapi menjadikan bayam menjadi aneka menu itu juga sangat gampang. Ada keripik bayam, jus bayam, salad bayam, bahkan pizza bayam. Nanti saya ajak keliling foodcorner saya yang seluruhnya terbuat dari bahan dasar bayam. Ternyata, orang tidak menyangka jika apa yang mereka makan sebenarnya asli berbahan bayam,” jelas Viant.

“Bagaimana Anda memasarkannya?”

“Logika bisnisnya begini, atau semacam alur bisnisnya; bahan dasar – olah inovatif – branding – maintenace customer – ‘jadilah’…..,” tegas Viant dengan serius.

“Hasilnya Popeye Click jadi gerai bayam sukses di Jawa Timur?”

Viant hanya tersenyum.

“Sebenarnya, bisa disederhanakan begini. Jika kita melihat dan mengolah bayam atau bahan apapun, jangan pernah berpikir hasilnya akan biasa. Imajinasikan, hasilnya harus luar biasa. Karena itu, bayam menjadi aneka menu keren yang tersaji di Popeye Click,” tambahnya.

baca juga

    Oktavian Santoso, sosok pemuda yang progresif. Konsep bisnisnya tidak biasa dan semangatnya pantang menyerah. Popeye Click adalah foodcenter yang seluruhnya berbahan dasar bayam tetapi karena imajinasi dan ketegasan dalam mem-branding produk serta maintenance custoner yang dilakuakn secara berkesinambungan membuat olahan bayamnya laris manis.

    Okey…Amati tanaman ‘sepele’ di sekitar Anda, mungkin bisa jadi inspirasi bisnis seperti dilakukan owner Popeye Click ini.**

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!