Pilih Hotel atau Serviced Apartment?

https://www.zowhy.com/ Konsep liburan tinggal di satu tempat tertentu atau biasa dikenal dengan nama staycation semakin diminati belakangan ini. Selain karena perencanaannya yang simpel, staycation juga bisa menghemat biaya pengeluaran dan meminimalisir resiko penularan virus covid-19. Ada beragam tempat yang bisa dipilih untuk menghabiskan waktu staycation, bisa hotel, villa atau serviced apartment. Ketiga tempat tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Dibandingkan apartemen, banyak orang Indonesia yang cenderung langsung memilih hotel, karena sudah terbiasa dan belum familiar dengan konsep menyewa apartemen. Selain itu, mungkin masih banyak yang belum familiar dengan serviced apartment. Istilah serviced apartment digunakan untuk menyebut apartemen dengan perabotan dan fasilitas lengkap yang disewakan layaknya hotel. Karena kemiripan keduanya, biasanya serviced apartment dikenal juga dengan sebutan aparthotel atau apartment hotel. Keberadaan serviced apartment sebenarnya sudah cukup populer di kota-kota besar. Perbedaan serviced apartment dan hotel terletak pada waktu sewa, luas ruangan, dan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Salah satu perbedaan serviced apartment dan hotel terletak pada waktu penyewaannya. Untuk hotel biasanya biaya sewa dikenakan per hari atau per malam. Sedangkan di serviced apartment waktu penyewaannya lebih fleksibel. Anda bisa menyewa dengan hitungan per hari, minggu, bulan, atau tahun. Jika dihitung dalam jangka waktu yang sama, biaya menginap di serviced apartment jatuhnya lebih murah dibandingkan hotel.

Serviced apartment juga memiliki luas ruangan yang lebih besar dibandingkan kamar hotel biasa. Anda juga bisa memilih apakah akan menyewa apartemen dengan satu, dua, atau tiga kamar. Kebanyakan serviced apartment juga memiliki ruangan full furniture dengan ruang keluarga, ruang tamu, dan dapur dengan peralatan lengkap yang bisa dimanfaatkan untuk memasak makanan favorit selama liburan. Bahkan terkadang ada juga serviced apartment yang menyediakan mesin cuci dan kulkas di dalam ruangan. Ruangan seperti ini bisa membuat penghuninya bisa beristirahat dengan nyaman karena serasa tinggal di rumah sendiri.

Bagi yang ingin berlibur dengan aman dan nyaman sambil tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, staycation di serviced apartment bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena semua fasilitas sudah tersedia di dalam ruangan, anda tidak perlu sering-sering keluar seperti di hotel. Jika ingin bersantai sambil membuka laptop, anda tidak perlu turun ke restoran atau lobby, cukup duduk nyaman di ruang tamu. Jika ingin mencari minuman dingin atau kopi juga tidak perlu repot-repot berjalan jauh ke minimarket terdekat, karena sudah disediakan kulkas dan dapur. Berbagai fasilitas yang bisa menunjang liburan ada seperti gym, kolam renang, dan jogging track juga tersedia tanpa perlu keluar kompleks apartemen.

Di hotel memang biasanya disediakan sarapan, makan siang, dan makan malam. Tapi anda tidak bisa memilih menu yang disediakan, sehingga terkadang mau tidak mau harus makan apapun menu yang disajikan atau harus mencari di luar hotel. Hal seperti ini tidak perlu anda khawatirkan jika anda menyewa serviced apartment. Karena setiap ruangannya memiliki dapur, anda bisa memasak apapun makanan favorit anda di sini. Jaraknya pun biasanya tidak terlalu jauh, sehingga anda bisa mempersiapkan bahan-bahan dari rumah atau membeli di supermarket terdekat. Pengaturan waktu makanya juga bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika di hotel biasanya ada fasilitas room service yang membersihkan kamar setiap pagi, di serviced apartment juga ada fasilitas housekeeping. Bedanya, jika di hotel anda tidak bisa bebas menentukan kapan waktu pembersihan kamar, di serviced apartment fasilitas housekeeping akan menyesuaikan permintaan penghuni. Anda bisa minta pembersihan ruangan di sore hari atau mungkin tidak setiap hari jika anda menginap dalam jangka waktu lama. Hal ini tentunya bisa membuat anda tenang dan nyaman.

Salah satu contoh apartemen yang memiliki fasilitas lengkap dan cocok untuk melakukan staycation adalah Azalea Suites di Cikarang Bekasi. Letaknya strategis dan dikelilingi berbagai fasilitas hiburan. Ada Jababeka Golf & Country Club, Waterboom Lippo Cikarang, dan Go! Wet Grand Wisata Bekasi yang kesemuanya berjarak kurang dari 30 menit dari apartemen Azalea Suites. Kawasan mall terdekat seperti Citywalk Lippo Cikarang dan Mall Lippo Cikarang juga menawarkan berbagai jenis kuliner dan hiburan yang sesuai dengan kebutuhan hidup masyarakat modern. Benar-benar lokasi yang menguntungkan dan dekat dengan semua kebutuhan.

Kelebihan lain yang dimiliki Azalea Suites adalah berbagai fasilitasnya yang mewah dan memanjakan penghuninya. Ada fasilitas lobby yang luas dan mewah, tidak kalah dengan hotel berbintang. Ada juga berbagai fasilitas umum seperti laundry, restaurant atau rumah makan, minimarket, coffee shop, ATM, hingga Business Meeting Room atau ruang rapat. Semua fasilitas umum ini memiliki kualitas yang baik dan memiliki pelayanan yang ramah dan profesional.

Bagi yang ingin berolahraga dengan nyaman, di Azalea Suites juga tersedia berbagai fasilitas olahraga. Ada pusat kebugaran atau gym yang memiliki peralatan fitness yang memadai dan ada juga kolam renang outdoor dengan sun deck. Renang juga terbukti bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengendalikan kadar gula dalam tubuh, membakar kalori, hingga memperbaiki otot-otot yang cedera. Setelah selesai berenang, fasilitas sun deck yang nyaman bisa dimanfaatkan untuk duduk bersantai sambil menyantap makanan atau minum kopi. Sangat cocok untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan yang ada.

baca juga

Tempat lain yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan relaksasi adalah sauna. Di Azalea Suites juga menyediakan fasilitas tempat mandi sauna yang menenangkan bagi yang ingin bersantai tapi tetap berkeringat. Sauna bisa digunakan untuk melemaskan otot-otot tubuh setelah pulang bekerja atau setelah selesai berolahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rutin pergi ke sauna dapat menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kronis, seperti sakit kepala kronis dan radang sendi. Sauna juga dapat memulihkan fungsi pembuluh darah pada penderita penyakit jantung ringan. Mereka yang rutin pergi ke sauna dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 23 persen.

Belum selesai sampai di situ, masih ada lagi satu fasilitas khas yang hanya bisa ditemukan di Azalea Suites. Yaitu, Onsen atau yang biasa dikenal sebagai tempat spa bergaya Jepang. Onsen menghadirkan sensasi mandi khas Jepang yang santai dan nyaman. Dalam Bahasa Jepang, kata Onsen digunakan untuk menyebut tempat berendam yang berisi air panas asli langsung dari sumbernya, Objek wisata Onsen ini sangat diminati oleh turis-turis asing dari luar Jepang. Selain menenangkan tubuh dan pikiran, Onsen juga sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berendam di Onsen telah terbukti dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti pegal-pegal, rematik, hingga hipertensi. Selain itu, perbedaan suhunya dapat membantu melancarkan peredaran darah yang akhirnya dapat mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur. Menurut penelitian, suhu air panas yang tepat untuk mendapatkan efek tersebut adalah 38 derajat Celcius. Azalea Suites adalah satu-satunya apartemen yang menawarkan fasilitas Onsen ini. Sangat cocok bagi masyarakat modern yang sering mengalami tekanan stress karena urusan pekerjaan.

baca juga

Jika anda sudah jenuh di rumah tapi tetap ingin pergi liburan di masa pandemi ini, tidak perlu taku lagi. Dengan segala fasilitas yang disediakan, Azalea Suites cocok menjadi pilihan anda yang ingin berlibur dengan konsep staycation yang aman dan nyaman sambil tetap menerapkan protokol kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!