Perkembangan Mata Uang Jerman Dulu dan Kini

Apakah kamu seseorang yang bermimpi menjelajahi benua Eropa suatu hari nanti? Atau, kamu bercita-cita menempuh pendidikan di sana? Kamu harus menyimak artikel ini sampai selesai, karena zowhy akan membahas perkembangan mata uang Jerman dulu dan kini untuk menambah pengetahuan kamu sebelum pergi ke Jerman lho.

Baca juga: Bahasa Jerman Untuk Memperluas Relasi Bisnis

Jika kamu mengunjungi Jerman dari negara yang masih dalam satu zona Uni Eropa, selamat ya! kamu tak perlu khawatir harus menukar kembali mata uang yang kamu punya. Karena hanya berlaku satu mata uang resmi di Uni Eropa yaitu Euro.

Euro? Uni Eropa? Apa Itu?

Di benua Eropa, ada persekutuan negara-negara yang dikenal dengan sebutan Uni Eropa. Uni Eropa memiliki satu mata uang tunggal yang berlaku di wilayah negara anggotanya. Mata uang tersebut adalah Euro. Euro memang merupakan mata uang resmi Uni Eropa. Namun, tidak semua negara menggunakannya. Seperti dilansir di laman finansialku.com, beberapa negara yang menggunakan Euro diantarannya:

  1. Austria (1999)
  2. Belgia (1999)
  3. Finlandia (1999)
  4. Prancis (1999)
  5. Jerman (1999)
  6. Irlandia (1999)
  7. Italia (1999)
  8. Luksemburg (1999)
  9. Belanda (1999)
  10. Portugal (1999)
  11. Spanyol (1999)
  12. Yunani (2001)
  13. Slovenia (1 Januari 2007)
  14. Siprus (1 Januari 2008)
  15. Malta (1 Januari 2008)
  16. Slovakia (1 Januari 2009)
  17. Estonia (1 Januari 2011)
  18. Latvia (1 Januari 2014)
  • Wilayah negara kecil seperti; Andorra, Monako, San Marino, dan Vatikan.
  • Teritori yang diperbolehkan menggunakan Euro seperti; Montenegro, Kosovo, Guyana Prancis, Flag of Guadeloupe, Martiink di Kepulauan Karibia, Mayotte di Samudra Hindia, dan Reunion Flag.

Mata Uang Jerman Sebelum Euro

Tahukah kamu, Deutsche Mark atau Mark Jerman adalah mata uang negara Jerman yang resmi digunakan sebelum diganti menggunakan Euro lho.

Jadi Deutsche Mark atau Mark Jerman atau singkatnya D-Mark ini digunakan secara resmi dan pertama kali di Jerman Barat, sebelum Jerman Barat dan Timur menyatu. Tepatnya, Mark Jerman dikeluarkan pertama kali sebagai mata uang yang berlaku umum pada tahun 1948.

Mark Jerman terus digunakan oleh masyarakat Jerman dalam melakukan transaksi sehari-hari. Bahkan Mark Jerman masih digunakan pada saat Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu.

Barulah pada tahun 1999, Mark Jerman mulai digantikan dengan mata uang Euro. Dimana Euro telah menjadi mata uang resmi masyarakat Uni Eropa.

Setelah Euro diserba-luaskan, bagaimana nasib mata uang D-Mark itu?

Mata uang D-Mark masih digunakan meski sudah digantikan oleh Euro sebagai mata uang yang baru. Hal ini karena Jerman tidak langsung menghentikan peredaran Mark Jerman di dalam masyarakat. Namun, uang kertas dan koin Mark Jerman masih dapat diterima sebagai alat tukar sampai tanggal 28 Februari 2002.

Siapa sih tokoh yang memperkenalkan D-Mark itu?

Tokoh pembawa mata uang D-mark adalah Ludwig Erhard. Dulu, apa alasan Ludwig Erhard memperkenalkan mata uang Mark Jerman? Alasannya adalah untuk melindungi jerman Barat dari serangan hiperinflasi yang kedua dan menghentikan kegiatan barter dan transaksi di pasar gelap yang merajalela kala itu.

Duetsche Mark memiliki kode ISO 4217 dengan simbol DEM yang digunakan untuk mempermudah dalam setiap transasksi bisnis dan ekonomi. Kala itu, Duetsche Mark memiliki reputasi yang baik sebagai mata uang paling stabil di dunia. Hal tersebut didasarkan pada kebijakan yang dikeluarkan oleh Bundesbank, bank sentral Jerman.

Mata uang Jerman

Lambang Mata Uang Jerman

Pada tahun 1999, D-Mark atau Mark digantikan oleh Euro, koin dan uang kertasnya tetap beredar, namun ditutup sampai diperkenalkan uang kertas dan koin euro pada 1 Januari 2002. Mark tidak lagi menjadi alat pembayaran yang sah setelah adanya Euro. Uang koin dan uang kertas D-Mark diterima sebagai bentuk pembayaran yang valid di Jerman hingga 28 Februari 2002 saja.

All specimen of the current Euro notes listed - 5€-10€-20€-50€-100€-200€ notes that are in use

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, desain yang tergambar adalah gambar arsitektur Eropa bukan?

Sang perancang gambar, Robert Kalin bertujuan agar mata uang tersebut tidak terkesan memihak satu bangsa dan berlaku adil. Robert Kalin telah menggambar 7 jenis langgam untuk tujuh macam uang kertas, dari yang paling kuno hingga paling modern.

Contohnya, uang kertas €5 memuat gambar bangunan Eropa klasik yang terinspirasi dari tiang-tiang Yunani. Denominasi uang Euro itu terdiri dari uang logam dan kertas. Nilai uang logam berkisar antara 1 sampai 50 sen euro serta 1 dan 2 euro. Sementara uang kertas memiliki nilai antara 5 sampai 500 euro.

Menambah Pengetahuan Tentang Jerman Untuk Menguasai Bahasa Jerman

Belajar tentang budaya, sejarah, wawasan lain tentang Jerman pastinya akan memudahkan siapa saja yang ingin mempelajari bahasanya. Terlebih untuk kamu yang bertekad melanjutkan studi di sana ataupun bekerja di sana. Wajib belajar bahasa Jerman dari sekarang! Eits, jangan salah lho. Ada banyak beasiswa kuliah baik S1, S2, S3 yang tersebar yang bisa kamu pilih. Seperti DAAD Scholarship, beasiswa yang bisa kamu daftar dengan tes bahasa Jerman DHS 2 atau Test DAF 4 sampai level A2.

Namun, program lain seperti aupair di Jerman juga bisa kamu pertimbangkan, zowhy. Kamu juga akan mendapatkan uang saku sekaligus pengalaman hidup di negeri orang. Tunggu apa lagi? Semua itu bisa kamu lakukan, asalkan ada kemauan. Yuk belajar bahasanya sedini mungkin untuk mendapat hasil yang maksimal. Semangat terus ya, pejuang bahasa asing semua!

Referensi:

Utama, Wahyu. 2017. 15 Fakta Unik Tentang Mata Uang Jerman. cintaihidup.com. – https://cintaihidup.com/15-fakta-unik-tentang-mata-uang-jerman/

German Currency. Where to exchange foreign currencies? Credit card or cash while traveling in Germany?. – https://www.germany-insider-facts.com/german-currency.html

Gambar:

https://www.germany-insider-facts.com/german-currency.html

error: Content is protected !!