Perhatikan Ini Ketika Survey Apartemen

zowhy.com – Salah satu hal yang penting dalam mencari sebuah hunian yang cocok untuk anda adalah menyurvei hunian tersebut. Tidak hanya rumah atau kost kostan, tetapi juga apartemen.

Survei diperlukan untuk menemukan faktor x yang membuat anda tertarik untuk tinggal di apartemen tersebut. Faktor x ini tidak jarang merupakan faktor di luar fasilitas yang tersedia seperti faktor tetangga, kapabilitas pencahayaan, udara dan lain lain.

Cek Hal Hal Berikut Ini Ketika Anda Menyurvei Apartemen Anda

Sebelum pandemi Covid19, umumnya calon penghuni menyurvei apartemen yang mereka kehendaki secara langsung. Namun berhubung sekarang sedang ada pandemi Covid19 yang membuat industri penerbangan tidak berjalan sebagaimana biasanya, maka jika anda ingin tinggal di Indonesia, anda mau tidak mau harus menggunakan virtual apartment tour.

Pihak pengelola Azalea serviced apartment suites menyediakan virtual apartment tour ini kepada anda sebagai salah satu program survival perusahaan ditengah pandemi. Anda bisa berkunjung ke laman pudjiadiprestige.co.id lalu memilih menu Azalea suites dan request a virtual tour. Setelah anda mengirim permintaan tour beserta jadwalnya, seorang staff akan menemani kunjungan virtual anda.

Namun, anda perlu memperhatikan hal hal detil dalam survei anda baik jika anda melakukan offline survey atau virtual tour. Hal hal yang perlu anda perhatikan tersebut antara lai:

1.      Pastikan semua peralatan dapur berfungsi dengan baik

Anda perlu memastikan bahwasanya kulkas anda cukup dingin, stovetop di dapur anda menyala dengan baik dan microwave yang tersedia dapat anda gunakan untuk memanaskan makanan. Pastikan juga wastafel dapur anda kering ketika tidak digunakan.

Hal tersebut perlu anda pastikan saat survei agar anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki barang barang yang sebenarnya rusak bukan karena kesalahan anda.

2.      Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu bagian paling penting dalam sebuah apartemen. Saat survey anda harus menanyakan kepada guide tour anda mengenai bagaimana cara air dan listrik dalam kamar mandi anda bekerja. Jadi ketika anda ingin melakukan renovasi atau penataan ulang di kamar mandi anda, anda dapat memberitahukan kepada tukang yang bekerja mengenai tata cara memotong aliran listrik dan air tersebut. Sehingga renovasi kamar mandi anda tidak akan mengganggu penghuni apartemen lainnya.

Selain itu, anda juga harus memastikan peralatan kamar mandi seperti kran, water heater, penyerap air, toilet dan bahkan exhaust fan (jika ada) yang ada di kamar mandi anda berfungsi dengan baik.

3.      Apartemen anda secara keseluruhan

Setelah dapur dan kamar mandi, anda harus memeriksa apartemen anda secara keseluruhan. Pastikan apartemen anda tidak memiliki hal hal berikut ini:

  • Bau menyengat yang entah dari mana asalnya;
    • Cat tembok yang mengelupas;
    • Colokan yang tidak mengalirkan aliran listrik. Tentu anda akan kesulitan mengisi baterai laptop dan handphone anda jika seluruh colokan di unit apartemen anda tidak berfungsi bukan;
    • Langit langit, tembok atau lantai yang menyerap air. Jika ada langit langit yang menyerap air, maka apartemen anda rawan kebocoran sedangkan jika dinding apartemen anda yang menyerap air, maka apartemen anda akan terasa lembab;
    • Tidak ada tungau, jangkrik atau hewan hewan lainnya yang menghuni apartemen anda tanpa sepengetahuan anda. Sebab keberadaan hewan hewan tersebut mengindikasikan bahwa apartemen anda kurang bersih;
    • Almari yang berlubang atau tidak memiliki tempat untuk menggantung baju.

Pengecekan untuk poin poin diatas diperlukan agar anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan yang sebetulnya bukan karena kesalahan anda. Ada baiknya saat survey anda mencatat apa saja dari 3 poin diatas yang menjadi titik lemah apartemen tersebut.

Jika anda masih memilih apartemen tersebut sebagai tempat tinggal anda selama di Indonesia, maka anda dapat meminta pihak pengelola untuk memperbaiki hal hal tersebut sebelum anda menandatangani kontrak. Berikanlah hasil copy dari catatan anda kepada pihak pengelola untuk memudahkan pihak pengelola menemukan titik yang harus diperbaiki. Lalu periksalah ulang perbaikan perbaikan itu tepat sebelum anda menandatangani kontrak.

Selain tiga hal diatas, ada hal lain yang tidak berkaitan dengan perbaikan unit apartemen yang harus anda tanyakan kepada pihak pengelola saat anda survey. Hal lain itu adalah biaya.

Setidaknya selain biaya sewa atau harga beli, anda juga harus memastikan besaran dan cara penghitungan biaya biaya berikut ini:

  1. Maintenance cost (biaya perbaikan). Biaya ini merupakan besaran iuran bulanan untuk memperbaiki fasilitas fasilitas umum apartemen;
  2. Sinking Cost. Sinking Cost adalah iuran pengelolaan fasilitas fasilitas tertentu di dalam sebuah apartemen seperti pengelolaan lift, kaca dan lain lain;
  3. Biaya listrik dan air. Ketika anda menyewa sebuah apartemen, biaya listrik dan air masih belum termasuk biaya sewa bulanan tersebut. Biaya ini tergantung penggunaan bulanan masing masing unit apartemen sehingga distribusi biaya listrik penghuni apartemen seringkali tidak tetap setiap bulannya. Ada kalanya biaya ini ditagihkan setiap bulan, per tiga bulan atau per setengah tahun;
  4. Biaya parkir. Setiap pengelola apartemen memiliki kebijakan sendiri sendiri terhadap lahan parkir di bangunan apartemen yang dikelolanya. Ada yang gratis untuk satu mobil tapi ada juga yang harus membayar meskipun hanya membawa satu mobil.
  5. Iuran sampah.

Anda juga harus menanyakan kebijakan pihak pengelola apartemen mengenai hal hal tertentu seperti:

  1. Apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan ketika merenovasi apartemen;
  2. Tata cara dan prosedur pengajuan keluhan baik keluhan atas fasilitas maupun keluhan atas tindakan kurang mengenakkan yang dilakukan tetangga.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Azalea serviced apartment suites mendukung hal hal tersebut untuk menjamin kenyamanan anda. Selain virtual tour, pihak pengelola apartemen juga menyediakan telepon kabel pada setiap unit apartemen sehingga anda bisa menghubungi pihak pengelola apartemen kapanpun yang anda mau.

Azalea serviced apartment suites juga memiliki maintenance staff terlatih yang bisa membantu anda memperbaiki unit apartemen anda kapanpun anda mau.

baca juga

    Sebelum mejadwalkan virtual tour, ada baiknya anda mengunjungi akun youtube resmi PT. Pudjiadi Prestige dan akun instagram Azalea Suites Cikarang untuk melihat lihat fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola apartemen melalui virtual tour mandiri menggunakan video. Dengan demikian anda akan mendapatkan insight yang lebih baik mengenai fasilitas dan lingkungan di Azalea serviced apartment suites Cikarang[i].

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!