Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Internasional

Di masa pandemi seperti saat ini kita diharuskan untuk pandai-pandai selalu menjaga kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental.

Dua-duanya tidak bisa ditinggalkan karena memang sebegitu pentingnya.

Berangkat dari rasa peduli satu sama lain, kali ini zowhy sudah merangkum beberapa tips untuk kamu yang sedang membutuhkan ulasan tentang bagaimana caranya menjaga kesehatan mental dan fisik. Simak sampai akhir ya!

Baca juga: Efek Positif Orang Berkepribadian Visioner

Memberikan Asupan Pola Makan yang Sehat

Asupan makanan ini sangat penting untuk menunjang kesehatan fisik kita. Jangan sampai merasa kelaparan atau menunda untuk makan bahkan sampai maag. Menjaga asupan makanan yang bergizi dan sehat harus terus kamu lakukan karena kesehatan adalah investasi jangka panjang.

Berolahraga

Lakukan olahraga apa saja yang kamu sukai setidaknya 3 kali seminggu. Contoh olahraga yang bisa kamu coba; senam, bersepeda, workout, dll.

Mengonsumsi Vitamin / Suplemen

Cara ini adalah untuk menjaga kesehatan fisik agar tetap on fit. Ada banyak pilihan suplemen vitamin yang bisa kamu pilih dan sesuaikan kebutuhan kamu ya!

Mendengarkan Podcast/Audio/Video yang Bernuansa Positif

Apakah kamu tipe auditori dan tipe orang yang membutuhkan asupan semangat untuk menjalani hidup? Di tengah kehidupan yang sibuk dan terkadang stressful ini, mendengarkan afirmasi positif bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan mental kita tetap stabil.

Baca juga: Andri Wardana, Lika-Liku Menimba Ilmu di Benua Hijau

Melakukan Meditasi

Meditasi adalah cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan mental dan kesadaran diri. Ada banyak tutorial yang tersedia di youtube yang bisa kamu tiru dan coba secara mandiri. Lakukan meditasi setiap pagi dan rasakan khasiatnya.

Menulis Jurnal

Cara ini cocok dilakukan untuk kamu yang bertipe introvert. Pasalnya, kasus orang tipe introvert yang merupakan pendengar yang baik, biasanya kalau ada hal yang ingin ia ceritakan tidak punya teman untuk berbagi cerita / curhat. Nah, menulis jurnal bisa kamu coba zowhy. Dari menulis, kamu bisa menyalurkan perasaan / emosi yang negatif dalam hati sehingga dapat membuat diri kamu lebih baik.

Menghubungi Orang-Orang Terdekat

Di masa pandemi saat ini kegiatan di luar sangat dibatasi. Lalu, bagaimana caranya kita tetap bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat? Yap! Teknologi. Di sela-sela waktu luang, kamu bisa menghubungi teman-teman se-frekuensi kamu; berbagi cerita, sharing, dan lain-lain. Selain bisa menambah kebahagiaan hati juga kesehatan mental kamu.

Bersedekah

Saat bersedekah atau membantu orang lain apa yang kamu rasakan? Bertambah bahagia atau merana? Kalau bertambah kebahagiaan yang kamu rasakan, silakan dicoba. Kebahagian yang kamu rasakan saat bersedekah pasti memberi efek yang baik untuk kesehatan mental kamu nantinya.

Menyibukkan Diri pada Aktivitas Produktif

Kegiatan yang produktif akan membantu mengalihkan perhatian kita pada hal-hal yang berguna dan hasil kerja yang nyata. Kita tidak hanya menghasilkan waktu dengan bermain sosial media yang terkadang justru memberi efek buruk pada mental kita. Nah, kamu bisa mencoba melakukan hal-hal produktif seperti bergabung di kursus-kursus online yang bermanfaat sesuai kebutuhan kamu.

Contohnya, daripada pergi ke tempat les yang letaknya jauh, kamu bisa gabung di zowhy. zowhy menyediakan banyak kursus bahasa asing mulai dari bahasa Inggris sampai bahasa Spanyol juga ada. Daripada membuang waktu percuma, mending nambah ilmu pengetahuan bukan?

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Jepang

error: Content is protected !!