Penjual Bakso Aja Pake Email Marketing

zowhy.com – Kali ini aku akan menceritakan kisah penjual bakso yang mendadak jadi pembisnis sukses. Banyak orang bertanya tanya mengapa penjual bakso tersebut bisa sukses padahal hanya dengan menjual bakso.

Bagaimana strategi berjualan bakso yang mampu membuat orang terus menerus melakukan pembelian? Lalu apakaha penjual bakso yang lain tidak menerapkan strateginya? Banyak sekali rentetan pertanyaan tentang suksesnya menjadi pembisnis bakso.

Beliau adalah Pak Brengos, nama aslinya Pak Teguh, orang memanggilnya Pak Brengsos karena brengosnya yang terlalu menonjol. Beliau menekuni jadi penjual bakso keliling 3 tahun lamanya, sampe diakhir 2019 ia membuat bakso dalam bentuk frozen food dan mampu memperoleh penjualan yang sangat signifikan.

Idenya muncul karena ia sering kali dapat pesanan orang untuk membuat bakso kering tanpa mencampurkan bumbunya lebih dahulu, dari sanalah akhirnya beliau membuat bakso dalam bentuk frozen food. Strategi pemasaran yang dilakukan pak Teguh pun cukup unik, yaitu adalah melalui email marketing.

Buat kalian yang tidak tahu email marketing itu apa, disini aku akan memberi tahu bagaimana menggunakan email marketing untuk berjualan usaha anda agar lebih meningkat dari sebelumnya. Email marketing sendiri adalah cara yang paling efektif yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan dan membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Sebelum saya memberikan paduan mengenai bagaimana cara membangun email marketing,  saya akan memberikan keyakinan mengapa kalian harus menggunakan email marketing untuk bisnis kalian.

Penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group mengungkapkan bahwa 34% orang di dunia menggunakan surat elektronik seperti email. Ada sekitar 2,5 Milyar orang yang menggunakan email .

Dan akan selalu bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun. Dunia mengirimkan 196 miliar email setiap hari, kata Lembaga Riset Radicati Group. Dari 196 email yang dikirimkan, ada 109 milyar email yang merupakan email bisnis.  Jumlah yang sangat fantastis pastinya dan menjadi peluang besar bagi kita.

Kalian tidak usah bingung dengan data yang telah saya tuliskan tadi, mari mencoba berpikir lebih sederhana. Apakah ada teman anda yang tidak mempunyai email?

Jawabannya mungkin ada, tapi sedikit sekali kan. Karena memang pengguna smartphone dan perangkat lain dari tahun ketahun meningkat itu artinya untuk mengakses beberapa aplikasi tentunya harus menggunakan email.

Email marketing juga salah satu cara berkomunikasi secara personal kepada pelanggan. Bahkan tidak sembarang orang bisa mendapatkan email orang lain, jika ada yang mendapatkan email pun perlunya izin untuk mengirim pesan kepada si pengguna email yang dituju.

Nah itulah mengapa email marketing bisa digunakan agar lebih optimal, sehingga bisa menyesuaikan dengan apa yang pelanggan butuhkan agar komunikasi bisa menjadikan konversi. Email marketing pun bukan hanya soal penjualan saja, namun bisa tentang kesuksesan bisnis, kritik dan saran yang membangun dari pelanggan dan masih banyak lagi yang dapat diangkat yang mampu membuat engagement bisnis kita.

Tahap Awal Membangun Email Marketing

Hal yang dapat dilakukan pertama kali untuk bisnis kalian adalah meminta izin pada calon pelanggan kalian jika ingin mengirim email marketing. Teknisnya adalah jika tidak mempunyai izin pasti dianggap spam. Sehingga perlunya meminta izin ke calon pelanggan potensial agar mereka tidak merasa jengkel dan memandang bahwa bisnis kita merupakan bisnis yang buruk.

Yang kalian harus tahu, jika orang tersebut tidak mengizinkan anda atau tidak mendaftarkan sendiri emailnya, orang orang tersebut tidak mau juga membeli produk yang sedang kita jual. Jadi cara tersebut adalah tindakan sia sia yang dilakukan.

  1. Email Marketing Tools

Banyak sekali tools yang bisa membantu bisnis kalian untuk mengelola email marketing anda. Berikut ini saya merekomendasikan tools apa saja yang dapat kalian gunakan untuk mencapai efektivitas email marketing agar terjadinya penjualan.

  • MailChimp

Adalah software email marketing yang termasuk popular dikalangan para pemain bisnis online. Kalian pun dapat dengan mudah menggunakannya dengan mudah. Kalian juga bisa mendapatkan user interface dari MailChimp yang pastinya sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Hal yang kalian dapatkan ketika menggunakan MailChimp adalah gratis 2000 subscriber. Jika menginginkan fitur yang lebih lengkap dan menarik ada versi berbayar dan pastinya semakin besar email list y ang kalian bangun, akan semakin mahal harga yang akan kalian perlukan.

  • Constant Contact

Constant Contact adalah layanan email marketing terbesar di dunia. Tools ini mampu membuat manajemen subscribers kalian dan membuat email profesional dengan menggunakan berbagai template yang disediakan. Untuk layanannya sendiri terbatas, karena kalian hanya bisa mencoba secara gratis selama 60 hari, setelah habis masanya kalian perlu membayar.

  • HubSpot

Dari 2 tools yang tadi saya telah tuliskan, HubSpot merupakan marketing software all in one karena user mampu mendapatkan banyak keuntungan. Software ini dapat digunakan mulai dari perusahaan bahkan UMKM. Hubspot pun dapat membantu masalah SEO dan meningkatkan konversi. Untuk menggunakan layanan tersebut pun kalian harus membayar.

Membangun Email List

Kalian harus mampu menarik orang orang dengan menciptkan penawaran yang menarik sehingga orang bisa memberikan alamat email secara cuma cuma. Cara tersebut dinamakan Lead Magnet.

Nah kira kira apa saja sih cara yang bisa dilakukan agar orang memberikan email memberikan email gratis? Berikan Ebook, Webinar, Kupon dan lain-lain. Lead Magnet yang efektif adalah mencakup 5 hal yaitu bisa dipraktekan, mudah diakses, menghasilkan peningkatan, instan dan relevan.

Personalisasi Email Marketing

Perlunya membangun email list untuk bisnis kalian, dan tentunya adalah memperhatikan email list segmentation. Dibandingkan mengirim secara acak ke semua alamat email yang kalian punya, email list segmentation ini dapat membantu mengirim sesuai dengan target yang spesifik dari calon pelanggan potensial anda. Dan mampu mendapatkan konversi penjualan dari sana. Ada 4 point membagi email list segmentasion yaitu new subscriber, preferences, interest, dan location.

baca juga

Menghindari Spam Filters

Cara agar pesan yang kita kirim tidak masuk spam adalah dengan berikut seperti :

  1. Pastikan mendapat izin dari pemilik akun yang dituju
  2. Mengirim emai campaign bisnis kalian dari IP address yang baik yang belum pernah digunakan untuk mengirim chat spam
  3. Mengirim email dari domain yang telah terverifikasi
  4. Hindari kata kata yang bersifat spam trigger seperti “discount” , “buy” atau yang lainnya.
  5. Buat CTA yang jelas.

Hapus Inactive Subscriber dari Email List

Inactive Subscriber adalah mereka yang tidak lagi engagement dengan email campaign kita. Tidak perlu terburu buru karena kalian bisa melihat dalam waktu 6 bulan atau lebih.

Membuat Outstanding Subject Line

Buatlah email subject yang singkat, padat dan jelas. Atau bisa to the point yang penting tetap menarik bagi calon pelanggan kalian. Buatlah mereka penasaran kepada penawaran yang kalian lakukan tapi jangan teralu berebihan

Memastikan Email Campaign mobile Friendly

Jangan lupa pastikan bahwa email pemasaran anda mobile friendly, jadi konten bisa dibuka juga melalui mobile device.

baca juga

    Personalisasi Email Lewat Tulisan

    Untuk membuat email marketing anda lebih personal adalah dengan mengerti buyer pesona anda siapa, apa yang mereka butuhkan dan hadapi. Dan bagaimana cara menarik perhatian mereka agar mereka bisa melakukan konversi penjualan.

    Hal hal tersebut tidak perlu kalian lakukan jika kalian menyerahkan kepada ahlinya yaitu Jasa Email Marketing. Buktinya adalah bakso Pak Gondrong mampu menembus omset hingga puluhan juta hanya dengan menggunakan Jasa Email Marketing. Kalian tertarik menggunakan Jasa Email Marketing, Hubungi sekarang juga.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!