Pengajar Bahasa Jepang di Indonesia

zowhy – Peluang kerja menjadi pengajar Bahasa asing masih menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Peminat Bahasa asing masih tinggi di Indonesia, ditunjukkan dnegan banyak warga Indonesia yang mulai mempelajari Bahasa asing, baik melalui kursus maupun secara mandiri.

Salah satu Bahasa yang paling banyak dipilih untuk dipelajari adalah Bahasa Jepang.

Salah satu alasannya adalah karena budaya tradisional dan modern-nya yang khas, lalu ada juga alasan lain seperti untuk keperluan melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan.

Peluang Kerja Menjadi Pengajar Bahasa Jepang di Indonesia

Walaupun sekarang sudah banyak native speaker dari Jepang yang datang mengajar Bahasa Jepang di Indonesia, peluang kerja bagi orang Indonesia untuk mengajar Bahasa Jepang masih tetap terbuka.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat para siswa jika diajar oleh orang Indonesia seperti lebih merasa nyaman dan bisa mendapatkan banyak tips dalam belajar Bahasa Jepang.

Peluang kerja menjadi pengajar Bahasa Jepang di Indonesia

Jika anda berminat menjadi pengajar Bahasa Jepang di Indonesia, ada banyak tempat yang membuka lowongan untuk anda:

Kursus Bahasa Jepang

Sekarang ini sudah ada banyak sekali lembaga kursus Bahasa Jepang yang tersedia, baik di kota besar maupun di kota-kota kecil. Setiap lembaga ini juga memiliki metode belajar dan keunikannya masing-masing.

Anda bisa memilih tempat kursus Bahasa Jepang yang sesuai dengan gaya mengajar anda. Atau anda juga bisa memilih tempat kursus Bahasa Jepang di sekitar tempat tinggal anda.

Di masa pandemi sekarang, banyak juga lembaga kursus offline yang beralih ke online. Jadi anda juga sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengajar via online.

Tempat pelatihan Bahasa Jepang

Tempat pelatihan Bahasa Jepang biasanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah jelas tujuan mempelajari Bahasa Jepangnya. Misalnya para TKW atau TKI, para karyawan yang akan dipindahtugaskan ke Jepang, dll.

Di tempat pelatihan seperti ini biasanya sudah memiliki target tersendiri tentang materi apa saja yang wajib dikuasai dan berapa jangka waktu pelatihan yang harus dilakukan. Selain mempelajari Bahasa Jepang, karena memang akan pergi ke Jepang, di tempat pelatihan ini juga biasanya mengajarkan sedikit tentang budaya Jepang dalam kehidupan sehari-hari.

Pengajar Bahasa Jepang di Indonesia

Guru Bahasa Jepang di sekolah

Demi mengejar perkembangan jaman, banyak sekolah yang juga memasukkan pembelajaran Bahasa asing dalam kurikulum pembelajarannya, biasanya adalah di tingkat SMA. Salah satu Bahasa yang paling sering diajarkan adalah Bahasa Jepang.

Jika anda berminat untuk melamar pekerjaan di sekolah, anda akan membutuhkan sertifikasi supaya membuktikan kemampuan anda.

Pengajaran privat

Untuk pengajaran privat, bisa dilakukan dengan asosiasi dengan kursus atau juga secara pribadi. Sama seperti pada tempat pelatihan Bahasa Jepang, pengajaran privat juga biasanya dipesan oleh mereka yang sudah jelas tujuannya mempelajari Bahasa Jepang, tapi biayanya biasanya sedikit lebih mahal.

Pengajaran privat bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke rumah siswa ataupun secara online dengan video call. Sesuai dengan harganya yang mahal, penyewa pengajaran privat biasanya ingin mendapatkan jaminan dalam peningkatan kemampuan Bahasa Jepang, seperti misalnya jaminan lulus tes sertifikasi N1 untuk keperluan berkuliah di Jepang, dll.

Pengajaran online pribadi

Untuk menjadi pengajar Bahasa Jepang, sebenarnya anda tidak perlu mendaftar di lembaga kursus atau mengikuti sertifikasi tertentu, kecuali anda ingin mengajar secara formal. Jaman sekarang anda bisa dengan mudah mengajar Bahasa Jepang bahkan tanpa pengalaman sekalipun.

Sekarang sudah ada banyak situs atau aplikasi pembelajaran Bahasa Jepang yang menghubungkan guru dan siswa secara online. Anda bisa mendaftar di situs tersebut dan menjadi pengajar Bahasa Jepang dengan mudah.

Yang perlu disiapkan untuk mengajar Bahasa Jepang di Indonesia

Sekali lagi, tidak harus memiliki sertifikasi khusus untuk bisa mengajar Bahasa Jepang di Indonesia. Tapi anda akan membutuhkannya jika mengajar di sektor formal seperti sekolah, tempat pelatihan, atau lembaga kursus. Sertifikat bisa dijadikan bukti semahir apa kemampuan Bahasa Jepang anda.

Materi pembelajaran

Materi pembelajaran adalah yang terpenting yang harus disiapkan sebelum mengajar Bahasa Jepang. Sebaiknya anda membuat semacam silabus atau rencana pembelajaran dari awal sampai akhir.

Materi pembelajaran bisa disesuaikan dengan siswa yang anda ajar, berapa tingkat usianya dan apa tujuannya mempelajari Bahasa Jepang. Misalnya, anda bisa menyiapkan banyak materi lagu-lagu untuk mengajar anak-anak tingkat SD, dan anda bisa menyiapkan banyak pelajaran latihan soal-soal untuk siswa yang sedang mempersiapkan mengikuti ujian JLPT.

Bagi anda yang tidak terikat dengan lembaga kursus atau lembaga formal pengajaran Bahasa Jepang lain, jangan khawatir. Sekarang di internet sudah banyak yang membagikan materi-materi untuk belajar Bahasa Jepang, atau anda bisa membuatnya sendiri.

Metode pengajaran

Selain materi pembelajaran, yang lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara anda mengajar. Sekali lagi, metode pengajaran yang anda pilih juga sebaiknya disesuaikan dengan siswa yang anda ajar.

Anda bisa menggunakan gaya mengajar santai untuk para siswa sekolah, dan gaya mengajar yang agak serius untuk para karyawan. Walaupun anda mengajar Bahasa Jepang secara online sekalipun, metode pengajaran juga diperlukan supaya materi pembelajaran bisa diterima siswa dengan lebih efektif.

Anda juga bisa memasukkan tips-tips belajar Bahasa Jepang yang bisa membantu siswa belajar dengan lebih mudah.

Skill atau kemampuan yang harus dimiliki untuk mengajar Bahasa Jepang di Indonesia

Kemampuan yang paling jelas harus dimiliki tentunya adalah kemampuan Bahasa Jepang yang mumpuni, baik lisan maupun tertulis. Tapi untuk bisa menjadi pengajar Bahasa Jepang, anda tidak hanya harus mahir berbahasa Jepang. Anda juga harus mampu untuk membagikan pengetahuan anda dengan para siswa dengan cara yang tepat dan efektif.

Selain kemampuan berbahasa Jepang, anda juga harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik. Setidaknya sampai level bisa berkomunikasi secara efektif dalam pengajaran menggunakan Bahasa Indonesia.

Sebagai seorang pengajar Bahasa Jepang, anda juga diharapkan bisa fleksibel dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan siswa, tapi tetap mematuhi peraturan dan kebutuhan kurikulum.

Para siswa biasanya butuh mempelajari Bahasa Jepang untuk keperluan reading, writing, listening, dan speaking, dan sebagai guru anda harus bisa memfasilitasinya.

Pengajar Bahasa Jepang juga diharapkan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dalam mengajar di kelas. Tingkat kreativitas ini bisa digunakan saat memberikan berbagai metode pengajaran yang menarik supaya siswa bisa tertarik dan tidak mudah bosan.

Tergantung pada usia dan kemampuan siswa dalam berbahasa jepang , beberapa metode pengajaran yang bisa dipilih diantaranya adalah latihan percakapan, game atau permainan sambil belajar Bahasa Jepang, hingga pengajaran seputar budaya-budaya di Jepang.

baca juga

Seorang pengajar Bahasa Jepang juga harus memiliki kemampuan untuk dapat memuji atau mengapresiasi siswa jika berhasil meningkatkan progress-nya. Bahasa Jepang adalah adalah salah satu Bahasa yang paling sulit dipelajari oleh non-native speaker, sehingga butuh motivasi yang kuat untuk dapat bertahan mempelajarinya hingga mahir.

error: Content is protected !!