Part of Speech: Apa Saja Sih Jenis-Jenis Kata dalam Bahasa Inggris?

zowhy.com – Seperti yang kita ketahui, kata-kata dalam bahasa Inggris memiliki fungsi dan kategorinya sendiri. Fungsi dan kategori dari kata-kata ini akan membantu kamu dalam menyusun kalimat di bahasa Inggris. Kalau kamu sering kesulitan menentukan apa itu kata benda, kata sifat, kata kerja, dan lain-lain, artikel ini buat kamu!

Grammar dalam bahasa Inggris adalah hal yang paling dasar tetapi paling penting. Kalau saat menulis maupun berbicara dalam bahasa Inggris grammar-mu masih salah-salah, kamu belum bisa bilang kamu jago. Pasti mau kan bisa cuap-cuap kayak seperti native speaker?Caranya mudah kok! Kamu hanya perlu belajar secara bertahap dan memastikan fondasi pengetahuan mu kuat. Salah satu hal dasar yang penting untuk menguasai grammar adalah part of speech.  Kosa kata bahasa Inggris memiliki fungsi masing-masing, kosa kata dengan fungsi yang sama akan dikategorikan di satu kelompok. Kelompok-kelompok ini di sebut part of speech. Yuk, kita bahas satu-satu apa aja part of speech dalam bahasa Inggris.

Noun atau Kata Benda

Kata benda dalam bahasa Inggris memiliki fungsi yang sama dengan kata benda dalam bahasa Indonesia. Orang, tempat, hal, ide, pikiran, hewan, dll adalah kata benda. Kata benda bisa mengambil banyak peran dalam sebuah kalimat, mulai dari subyek sebuah kalimat sampai menjadi obyek sebuah kalimat. Contoh: Apples are sweet. 

Pronoun atau Kata Benda Pengganti

Pronoun adalah kata benda yang menggantikan kata benda, seringnya adalah kata benda pengganti orang. I, you, they, we, she, he, dan it adalah pronoun dalam bahasa Inggris. Contoh: She wants the apple.

Verb atau Kata Kerja

Berbeda dengan bahasa Indonesia, kalimat dalam bahasa Inggris pasti membutuhkan kata kerja. Aturan ini harus kalian ingat biar kalimat bahasa Inggris kalian masuk akal. Kata kerja di sini bisa kata kerja utama dan kata kerja bantu. Contoh dari kata kerja utama adalah run, walk, talk, think, eat, bite, dll, sedangkan kata kerja bantu adalah is, are, was, were, do, does, did, have, has, had, can, will, should, may, must, shall, dll.

Contoh:

Yogyakarta is a beautiful place.

He likes flower

Adjective atau Kata Sifat

Seperti namanya, kata sifat menjelaskan atau menerangkan tentang kata benda. Kata-kata apapun yang menjelaskan kondisi atau ‘sifat’ suatu benda adalah kata sifat. Beautiful, long, tall, soft, painful, blue, red, dll adalah kata sifat. Contoh: She is a charming girl.

Adverb atau Kata Keterangan

Kalau kata sifat menjelaskan kata benda, maka adverb menjelaskan kata kerja atau menerangkan aksi yang  dilakukan. Biasanya, adverb berakhirnya –ly. Contoh: He eats slowly.

Preposition atau Kata Perangkai (Preposisi)

Preposisi adalah kata yang merangkai satu kata dengan kata yang lain. Preposisi memberikan keterangan waktu, tempat, dll. Contoh-contoh kata preposisi adalah up, of, with, by, etc. Contoh kalimat: Sheila likes the food from that stall.

Article/Determiner atau Kata Penentu

Nah, article atau determiner ini adalah kata yang menentukan apakah kata benda spesifik atau tidak spesifik, berjumlah satu atau lebih.

Conjunction atau Kata Hubung

Sudah paham kan sekarang delapan jenis kata dalam bahasa Inggris? Part of speech ini penting banget untuk kalian pahami kalau mau grammar kalian sempurna. Jangan patah semangat kalau kalian masih belum familiar, selalu ingat kalau belajar bahasa Inggris itu harus bertahap dan sistematis. Semangat, zowhy!

Baca artikel lainnya yuk:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!