Misi Sosial Start Up BloobIS Mempermudah Mencari Darah

zowhy.com –  Misi Sosial Start Up BloobIS Mempermudah Mencari Darah  | Darah memanglah adalah suatu hal yang begitu utama serta mesti selekasnya dipenuhi pada sebagian orang yang membutuhkannya. Sayangnya kehadiran darah yang ada tidak selamanya sesuai sama harapan lantaran stock atau persediaannya mungkin saja kosong atau tidak ada. Bahkan juga di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) meskipun ketersediaan darah ini bukanlah mustahil juga kita temui.

Untuk menghubungkan ke PMI cabang lain perihal ini dapat kerapkali kesusahan lantaran belum terwujudnya system integrasi data antar PMI. Sudah pasti hal semacam ini bikin kesusahan pada beberapa orang atau orang-orang yang tengah membutuhkannya.

Permasalahan berikut yang lalu bikin dua orang mahasiswa dari Institut Tehnologi Sepuluh November-Surabaya membuat satu jalan keluar dengan membuat system yang bernama BloobIS. Lantas seperti apakah BloobIS (Blood Bank Information Sistem) yang diperkembang oleh Adhika ID Pratomo serta Yogantara S Dharmawan itu? Tersebut penjelasannya.

Bermula dari Pekerjaan Kuliah serta Satu Survei

System info bank darah ini yang di ciptakan oleh Adhika serta Yogantara ini memanglah termasuk mengesankan. Bagaimana tak system yang awalannya yaitu pekerjaan kuliah ini sudah memenangkan beberapa penghargaan serta salah nya ialah Mandiri Young Technopreneur 2013. Di arena ini sendiri BloobIS memenangkan atau jadi pemenang pertama di kelompok teknologi-IT. Jadi waktu dosennya menyebutkan inspirasi ide yang bagus, jadi Adhika serta Yogantara selalu mengembangkannya.

Inspirasi bikin BloobsIS sendiri datang dari hasil survey yanng dikerjakan Adhika serta Yogantara dari case seniornya di PMI Surabaya. Dari sana Adhika serta Yogantara merasakan kalau antar PMI tak mempunyai data yang terintegrasi. Berikut yang lalu bikin Adhika serta Yogantara bikin BloobIS.

Artikel lain : aplikasi-pendanaan-masyarakat-untuk-memajukan-pendidikan-indonesia/

Pelaksanaan System BloobIS

Untuk bikin System BloobIS ini Adhika mengakui menggunakan dana sekitaran Rp 6-7 juta. Untungnya ada dana dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang disebut bentuk support dari universitas. Bukan sekedar support dana, Adhika serta Yogantara juga didukung dari pengembangan penelitian lewat lab universitas.

Dari semuanya support ini Adhika serta Yogantara juga bekerja bikin system BloobIS ini mulai akhir th. 2011 serta usai pertengahan th. 2012.

Langkah Kerja BloobIS

Seperti latar belakang serta inspirasi yang tercetus, jadi BloobIS ini bekerja untuk mengintegrasikan semuanya data stock darah serta data pendonor dalam satu system yang terpadu. Jadi semuanya pendonor bakal merasakan sebagian data seperti berapakah kali donor. Jadi waktu pendonor itu teratur tiga bln. sekali donor serta belum donor jadi dengan system ini bakal tampak.

Nanti system bakal mengingatkan serta kirim pemberitahuan lewat SMS pada pendonor itu untuk ingin mendonorkan darahnya. Dengan system terintegrasi ini ini, BloobIS ini akan dapat menghubungkan pada PMI dengan tempat tinggal sakit lewat feature manajemen pemesanan serta pengiriman darah.

Misi Sosial Start Up BloobIS Mempermudah Mencari Darah Dengan feature ini jadi tempat tinggal sakit dapat lakukan pemesanan darah dengan cara on-line. Waktu tempat tinggal sakit lakukan pemesanan darah, system #aplikasi ini bakal bekerja mencarikan dimana stock darah paling dekat dengan tempat tinggal sakit. Sebagian PMI di sekitaran tempat tinggal sakit akan memperoleh pemberitahuan pemberitahuan kalau ada yang tengah memerlukan darah.

Serta saat pemesanan di terima jadi sebagian tempat yang sediakan darah bakal segera mengolah serta kirim ke tempat tinggal sakit itu dengan lebih cepat. Karenanya ada langkah kerja BloobIS ini jadi keluarga bakal terbantu mencari stock darah dengan lebih cepat serta gampang.

Baca juga : babys-world-bisnis-yang-membidik-target-pasar-buah-hati-anda/

Pengelolaan System BloobIS

Dengan cara operasional system BloobIS ini bakal kelola oleh pihak PMI terlebih unit donor darah. Tetapi walau operasionalnya dikelola pihak PMI bukanlah bermakna orang-orang tak dapat lihat serta tahu system aplikasi ini. Orang-orang sudah pasti dapat tahu system ini lewat cara terhubung situsnya. Dari akses pada website ini orang-orang dapat memperoleh informasi stock darah yang ada beserta tempatnya.

Terkecuali lihat informasi stock persediaan darah tetapi dapat juga lihat sebagian moment donor darah terbaru ada dimana saja. Dengan BloobIS ini orang-orang juga bukan sekedar dapat sebatas melihat-lihat info saja tetapi orang-orang dapat juga sharing info seperti orang yang tengah memerlukan darah dengan menyimpan info di website. Misi Sosial Start Up BloobIS Mempermudah Mencari Darah

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =

You May Also Like