Mengenal GMAT

https://zowhy.com/ GMAT adalah singkatan dari Graduate Management Admission Test dan merupakan bentuk ujian yang menjadi salah satu syarat untuk mendaftar di pendidikan lanjut atau pascasarjana di bidang bisnis dan manajemen. Contohnya adalah program Master of Business Administration (MBA). GMAT dirancang untuk mengukur kemampuan peserta dalam melakukan analisis, menulis, dan membaca dalam Bahasa Inggris.

Untuk bisa menyelesaikan ujian GMAT dengan baik dibutuhkan pengetahuan mendalam seputar grammar, aljabar, geometri, dan aritmatika. Menurut GMAC (Graduate Management Admission Council) sebagai penyelenggara tes, ujian GMAT mengukur kemampuan menganalisa, memecahkan masalah, mengolah data, menggunakan logika, dan juga kemampuan berpikir kritis dari peserta. Semua kemampuan ini dianggap menjadi yang paling penting untuk dimiliki dalam dunia bisnis dan manajemen.

Maksimal kesempatan yang diberikan untuk mengambil ujian GMAT adalah 5 kali dalam satu tahun. Setiap tesnya tapi harus berjarak minimal 16 hari.

Keseluruhan ujian dibagi menjadi 4 bagian, Analytical Writing (penulisan analitis), Integrated Reasoning (penalaran terpadu), Quantitative (kuantitatif), dan Verbal (lisan). Semuanya akan memakan waktu sekitar 3 – 4 jam.

  • Analytical Writing Assessment (AWA)

Pada bagian ini peserta diharuskan untuk menuliskan analisis tentang suatu argument. Sangat penting untuk dapat menuliskan alasan yang mendasari argument tersebut dan juga memberikan kritik. Hal yang dinilai adalah struktur Bahasa yang digunakan, penyusunan ide, hingga teknik analisis. Skor hasil yang diberikan adalah antara 0 sampai 6 poin. Jika kalian mendapatkan nilai 0, berarti karangan kalian dinilai tidak masuk akal atau melenceng dari topik.

  • Integrated Reasoning (IR)

Bagian ini awal diperkenalkan pada tahun 2012 dan dirancang untuk mengukur kemampuan peserta dalam mengevaluasi data yang disajikan dalam berbagai format dan dari berbagai sumber. Total ada 12 pertanyaan yang akan diberikan dalam 4 format yang berbeda, pembacaan grafik, analisis dua bagian, analisis tabel, dan penalaran berbagai sumber. Skor akhir yang diberikan adalah antara 1 sampai 8 poin.

  • Quantitative

Tes bagian Quantitative ini dirancang untuk mengukur kemampuan membuat alasan secara kuantitatif, memecahkan masalah kuantitatif, membaca data grafik, dan menganalisis dan menggunakan informasi yang diberikan untuk memecahkan masalah. Dibutuhkan pengetahuan seputar aljabar, geometri, dan juga aritmatika untuk dapat menyelesaikan bagian ini. Selama ujian tidak boleh menggunakan kalkulator, semua soal harus dikerjakan secara manual. Skor hasil akhir yang diberikan adalah antara 0 sampai 60.

Ada dua bagian yang diujikan, yaitu mengenai kecukupan data dan pemecahan masalah. Pada bagian kecukupan data, peserta harus dapat memutuskan apakah data yang disediakan cukup atau tidak untuk menjawab pertanyaan. Pada bagian ini peserta dituntut untuk dapat dengan cepat mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Sedangkan untuk bagian pemecahan masalah, peserta akan diberikan soal pilihan ganda seputar persoalan matematika seperti aljabar dan geometri untuk menguji kemampuan berpikir kritis.

  • Verbal

Pada ujian verbal, ada tiga tipe pertanyaan yang akan diberikan, Reading (membaca), Critical Reasoning (penalaran), dan Sentence Correction (membetulkan kalimat). Setiap tipe pertanyaan adalah soal pilihan ganda dengan rentang skor akhir antara 0 sampai 60.

Soal Reading menguji kemampuan peserta untuk menganalisis informasi dan menarik kesimpulan. Soal Critical Reasoning menguji kemampuan penalaran peserta. Soal Sentence Correction menguji kemampuan grammar dan juga kemampuan komunikasi peserta.

baca juga

Dari keempat bagian tes GMAT, kalian bisa memilih urutan pengambilan tes dari tiga pilihan:

  1. Analytical Writing Assessment (AWA), Integrated Reasoning (IR), Quantitative, Verbal
  2. Verbal, Quantitative, Integrated Reasoning, Analytical Writing Assessment
  3. Quantitative, Verbal, Integrated Reasoning, Analytical Writing Assessment

Bagian AWA dan IR dinilai secara terpisah dan tidak dimasukkan ke dalam total skor akhir GMAT. Sedangkan untuk bagian Quantitative dan Verbal nilainya akan digabungkan untuk menjadi hasil akhir dengan skala nilai 200 – 800.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!