Mengenal DILF, DELF, dan DALF, Tes Kemampuan Bahasa Prancis

zowhy.com – Apakah kalian pernah mendengar kata DILF, DELF, atau DALF? DILF (Diplôme initial de langue française), DELF (Diplôme d’Etude en Langue Française), dan DALF (Diplôme approfondi de Langue Française) adalah jenis-jenis tes untuk menguji kemampuan berbahasa Prancis bagi warga negara yang Bahasa utamanya bukan Bahasa Prancis.

Semua tes ini deselenggarakan oleh International Centre for French Studies (CIEP) atas nama Kementrian Pendidikan Prancis. DALF adalah versi tingkat lanjut dari DELF, dan DILF adalah tingkatan tes menuju sebelum DALF dan DELF.

Kalian bisa memilih jenis tesnya sesuai usia dan kebutuhan kalian. Sertifikat hasil dari tes-tes ini diakui secara internasional dan berlaku seumur hidup karena tidak memiliki masa kadaluarsa. Untuk lebih jelasnya seputar pembagian dan perbedaan dari ketiga jenis tes ini, kalian bisa melihat penjelasan di bawah:

  • DILF

DILF ditujukkan untuk para pemula usia dewasa dan orang-orang yang baru sampai di Prancis. DILF mengujikan seputar pengetahuan awal tentang Bahasa Prancis (level A1.1). DILF ini hanya dapat diujikan di Prancis

  • DELF Prim

DELF Prim ditujikkan untuk anak-anak sekolah dasar usia 7 sampai 11 tahun. Tes ini dibagi menjadi tiga level, A1.1, A1, dan A2. DELF Prim ini cocok digunakan sebagai motivasi untuk anak-anak dalam mempelajari Bahasa Prancis

  • DELF Junior Version dan DELF for Schools

Kedua jenis tes ini ditujukkan untuk anak-anak SMP dan SMA usia remaja antara 12 sampai 18 tahun. DELF Junior Version dan DELF for Schools dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2.

  • DELF Pro

DELF Pro ditujukkan bagi pelajar ataupun pekerja yang akan belajar atau bekerja di Prancis atau lingkungan berbahasa Prancis. DELF Pro dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2.

  • DELF

DELF ini ditujukkan untuk semua orang yang sedang belajar Bahasa Prancis dengan dengan usia minimal 18 tahun. Tes ini dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2

  • DALF

DALF ini ditujukkan untuk kalangan Universitas dan pekerja. DALF dibagi menjadi 2 level: C1 dan C2. Level C2 adalah level tertinggi dalam ujian setifikasi Bahasa Prancis. Pemegang sertifikat DALF ini adalah orang-orang yang sudah menguasai Bahasa Prancis tingkat ahli.

Untuk setiap jenis ujiannya, ada 4 aspek yang diujikan, yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara). Pada bagian Listening, peserta akan diperdengarkan beberapa rekaman dan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan rekaman yang dimainkan.

Durasi tiap rekaman yang dimainkan bevariasi tergantung level tes, untuk level A1 sampai B1 rekaman yang dimainkan berdurasi maksimal 3 sampai 6 menit. Dan pada level B2, durasi rekaman yang dimainkan maksimal 8 menit.

Pada bagian Reading, peserta akan diberikan beberapa bentuk tulisan singkat dan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan.

Pertanyaan yang diberikan bisa dalam bentuk beragam, seperti pilihan ganda, pilihan betul/salah, dan isian singkat. Untuk tes level A1 dan A2 teks yang diberikan pendek dan singkat, sedangkan pada level B1 dan B2, teks yang diberikan lebih panjang dan kompleks.

baca juga

Pada bagian Writing, materi yang diujikan bervariasi tergantung levelnya. Untuk level A1, peserta diharuskan mengisi dokumen tentang informasi pribadi dan membuat teks singkat seputar kehidupan sehari-hari.

Untuk level A2, peserta diharuskan mendeskripsikan suatu kejadian atau pengalaman dan menulis ungkapan untuk mengundang, memberi selamat, memberi informasi, dll. Untuk level B1, peserta diharuskan membuat karangan dalam bentuk esai, surat, atau artikel seputar pendapat pribadi tentang situasi tertentu.

Dan untuk level B2, hampir mirip dengan B1 hanya saja tingkatannya lebih sulit. Jumlah minimal kata untuk setiap karangannya pun beragam. Minimal 40 kata untuk level A1, 60 hingga 80 kata untuk level A2, 160 hingga 180 kata untuk level B1, dan minimal 250 kata untuk level B2.

Pads bagian Speaking, untuk level A1 dan A2 akan diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan bermain peran dengan penilai.

Untuk level B1, peserta diharuskan untuk berdiskusi dengan penilai, dan untuk level B2, peserta diharuskan untuk mengutarakan dan mempertahankan pendapatnya. Skor minimum keseluruhan untuk lulus adalah 50 dari total 100.

error: Content is protected !!