Mengenal DELE, Tes Kemampuan Bahasa Spanyol

zowhy.com – Tes sertifikasi DELE (Diplomas de Español como Lengua Extranjera) atau dalam Bahasa Inggris disebut Diplomas of Spanish as a Foreign Language, adalah tes resmi yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Sains Spanyol sebagai bukti standard kemampuan berbahasan Spanyol . Sertifikat hasil tes DELE berlaku secara permanen. Setiap tahunnya ada 60 ribu tes yang diadakan di lebih dari 800 tempat tes di lebih dari 100 negara.

Ada 6 level dalam tes DELE, dan setiap levelnya memiliki bentuk tes dan durasi yang berbeda-beda. Berikut adalah rinciannya:

  1. Level A1

Penerima sertifikat DELE level A1 dianggap mampu menggunakan Bahasa Spanyol tingkat dasar untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Tesnya sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu Reading & Writing dan juga Speaking. Peserta akan diuji kemampuannya dalam membaca teks, menulis ungkapan, memahami soal yang dibacakan, dan berinteraksi secara lisan. Skor maksimum yang bisa didapatkan adalah 100, dan skor minimum untuk lulus adalah 60.

  • Level A2

Penerima sertifikat DELE level A1 dianggap mampu memahami kalimat-kalimat yang umum digunakan sehari-hari dan menjelaskan tentang diri mereka dalam Bahasa Spanyol, termasuk juga informasi seputar keluarga, tempat, pekerjaan, dan hobi. Tes level A2 ini terdiri dari dua bagian yang sama dengan level A1, kemampuan yang diuji pun sama. Yang membedakan adalah jumlah soal, tingkat kesulitan soal, dan durasi tes. Untuk skornya juga sama, maksimum 100 dan minimum 60.

  • Level B1

Penerima sertifikat DELE level B1 dianggap mampu memahami topik utama dari teks seputar topik yang berkaitan dengan pekerjaan, pendidikan, dan hobi, mengatasi masalah yang muncul selama perjalanan, membuat artikel singkat seputar topik umum atau topik yang diminati, menceritakan pengalaman, memberikan pendapat, dan menjelaskan rencana. Tesnya terdiri dari dua bagian. Di bagian pertama yang diujikan adalah kemampuan Reading dan Listening. Di bagian kedua yang diujikan adalah Writing dan Speaking. Skor maksimum dari tiap bagian adalah 50, sehingga secara keseluruhan skor maksimum yang bisa didapat adalah 100. Skor minimum untuk lulus adalah 30 untuk setiap bagian dan 60 secara keseluruhan.

  • Level B2

Penerima sertifikat DELE level B2 dianggap mampu memahami teks kompleks yang berkaitan dengan tema apapun, mampu berkomunikasi dengan penutur asli secara fasih, menyusun teks seputar topik yang beragam, mempertahankan pendapat, dan memberikan tanggapan pro dan kontra seputar berbagai opsi. Tes level B2 ini terdiri dari dua bagian yang sama dengan level B1, kemampuan yang diuji pun sama. Yang membedakan adalah jumlah soal, tingkat kesulitan soal, dan durasi tes. Untuk skor maksimum secara keseluruhan adalah 100, dan standar minimum untuk lulu secara keseluruhan adalah 60.

  • Level C1

Penerima sertifikat DELE level C1 dianggap mampu memahami teks panjang dan menangkap maksud yang dituliskan, baik tersirat maupun tidak. Selain itu juga dapat berkomunikasi secara fasih tanpa kesulitan untuk menemukan kata-kata, menggunakan kemampuan Bahasa Spanyol untuk kepentingan sosial, akademik, dan profesional, dan menyusun teks yang detail dan terstruktur seputar berbagai topik yang kompleks. Ada 4 aspek yang diujikan pada level C1 ini, Reading, Listening, Listening dan Writing tingkat lanjut, dan Reading dan Speaking tingkat lanjut. Skor maksimum yang bisa didapat adalah 100 dan skor minimum untuk lulus adalah 60.

baca juga

  • Level C2

Penerima sertifikat DELE level C2 dianggap memiliki kemampuan berbahasa Spanyol yang cukup untuk digunakan dalam situasi apapun. Juga dapat menggunakan grammar dengan tepat dan fasih. Ada tiga aspek yang diujikan, yaitu Reading dan Listening, Listening dan Reading tingkat lanjut, dan Reading dan Speaking tingkat lanjut. Skor maksimum yang bisa didapat adalah 100 dan skor minimum untuk lulus adalah 60.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!