Membantu Pesantren Go Digital Melalui Pesantri.com

https://zowhy.com.com/ Pesantren adalah lembaga pendidikan islam tradisional yang mengharuskan setiap orang yang ingin belajar di dalamnya untuk menetap di asrama atau pondok.

Sebagai lembaga pendidikan islam, pesantren mengajarkan secara rinci pelajaran-pelajaran terkait keislaman dari teks-teks klasik maupun modern.

Dari mulai amalan-amalan ibadah setiap hari seperti sholat, puasa, zakat dan lain-lain sampai kepada pelajaran yang memiliki level lebih tinggi seperti hukum islam (Fiqh), Ushul Fiqh, gramatika Bahasa Arab (Nahwu, Shorof), astronomi (falak) dan lain sebagainya.

Pesantren telah eksis bahkan sejak ratusan tahun lalu yang lalu, karena konsep pondok pesantren diambil dari konsep pembelajaran yang digunakan oleh para resi di Agama Hindu yang mengharuskan mereka tinggal di asrama selama menempuh masa pendidikan.

Sehingga dapat diketahui bahwa pendidikan berbasis pesantren ini lebih dulu ada daripada lembaga pendidikan formal berjenjang seperti halnya yang ada di Indonesia saat ini, dari mulai Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.

Sebenarnya saat ini hampir semua pesantren juga telah mengakomodir lembaga pendidikan formal di internal mereka dengan membangun sekolah-sekolah di yayasan pesantren tersebut.

Artinya para santri (sapaan untuk siswa yang belajar di pesantren) selain memiliki kewajiban untuk belajar teks-teks keagamaan di pesantren juga memiliki kewajiban untuk belajar secara formal di sekolah-sekolah yang didirikan di pesantren sesuai dengan jenjang masing-masing santri tersebut.

Semakin lama pesantren semakin mengakomodir perubahan-perubahan yang disebabkan oleh modernitas. Pesantren semakin mengikuti zaman dan tetap mampu menjadi salah satu lembaga favorit yang menjadi referensi orang tua untuk menyekelohkan anaknya.

Meskipun demikian di banding dengan lembaga pendidikan lain, pesantren masih cukup tertinggal. Terutama dalam segi pengelolaan di internal pesantren itu sendiri.

Pesantren dalam pengelolaannya masih menggunakan sistem tradisional dengan melakukan berbagai hal secara manual. Seperti hanya dalam melakukan pendaftaran, pengelolaan keuangan, pengelolaan kegiatan sehari-hari meliputi absensi, pelanggaran santri dan sebagainya.

Sehingga, hampir kebanyakan pesantren tidak memiliki catatan rapi dan dapat diakses bersama berkaitan dengan informasi-informasi tersebut.

Apa Keunggulan Pesantri.com?

Tentu pesantren sudah seharusnya mulai memikirkan untuk beranjak ke next level yaitu untuk go digital. Meskipun sangat sulit seperti halnya ketika dulu memutuskan untuk mengakomodir pendidikan formal atau tidak.

Namun ternyata pilihan untuk mengakomodir pendidikan formal adalah sebuah kebutuhan di masa ini. Dengan mengakomodir sistem tersebut pesantren tetap bisa eksis sampai saat ini.

Terlebih hampir kebanyakan orang tua sekarang akan memilih pendidikan formal terlebih dahulu sebelum pendidikan informal seperti pesantren.

Begitu juga dalam konteks pengelolaan pesantren dengan sistem yang lebih modern. Saat ini dan ke depan akan sangat berguna bagi pengembangan pesantren-pesantren.

Cara ini dapat membantu pesantren untuk mengembangkan syiarnya secara lebih luas. Misalnya informasi pendaftaran yang sebelumnya hanya bisa diakses dengan harus datang ke pesantren secara langsung, dengan sistem yang lebih modern bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga:

  • Saka Grosir Menyediakan Sembako Harga Grosir
  • Mediatechindo.com, Berkolaborasi Membangun Aplikasi
  • Bankplus.id, Selamatkan Bisnis Layanan Keuangan Anda
  • Belajar dengan mudah melalui Classmiles.com
  • Temukan Tutor tebaikmu di cudy.co

Untuk membantu pesantren go digital, beberapa orang yang tergabung dalam salah satu komunitas santri dan memiliki background profesional di teknologi informasi membuat platform digital bernama Pesantri.com.

Pesantri ini adalah aplikasi manajemen pesantren terpadu untuk memudahkan pesantren dalam melakukan berbagai macam proses administratif.

Komitmen yang besar untuk pesantren ini juga dibuktikan dengan penyediaan aplikasi ini secara gratis untuk pesantren.

Tidak hanya menyediakan bahkan tim Pesantri akan melakukan pemasangan, melakukan training penggunakan dan secara terus menerus melakukan maintenance serta pengembangan dalam sistem tersebut secara gratis pula.

Fitur Tersedia di Pesantri.com

Pesantri memiliki berbagai keunggulan yang bisa memudahkan pesantren dalam melakukan pengelolaan administrasinya.

Keunggulan-keunggulan tersebut adalah; Pertama, berbasis cloud. Dengan data berbasis cloud, data-data pesantren cenderung lebih aman dan lebih mudah diakses.

Sehingga pesantren tidak was-was dengan kemungkinan kehilangan data dan juga mengalami kerusakan data yang diakibatkan oleh situasi tidak terduga misalnya dimakan rayap, terkena hujan dan lain sebagainya.

Kedua, real time sinkron data. Pesantren akan dapat melakukan sinkronisasi data secara realtime jika terdapat perubahan yang diinput di sistem pesantri.

Ketiga, multi user dan admin, setiap pesantren dapat secara mandiri menambahkan user dan admin yang dapat mengakses aplikasi tersebut.

Keempat, bisa akses lewat HP, laptop maupun PC sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Kelima, pesantren tidak perlu ribet melakukan instalasi aplikasi pesantri karena bisa diakses melalui website, sehingga mudah digunakan.

Keenam, tentunya adalah kemanan data yang terjamin karena tim Pesantri sudah membuat sistem dengan menerapkan beberapa lapis keamanan sehingga tidak akan mudah dibobol dari luar oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, dari sisi Tim Pesantri juga berkomitmen menjaga data-data pesantren yang telah tersimpan di dalam sistem, hal ini dikarenakan Tim Pesantri juga merupakan seorang santri yang tidak kurang-kurangnya memiliki ta’dzim kepada para Kyai dan para Ustadz di Pesantren.

Pesantri saat ini menyediakan fitur 14 in 1 dalam aplikasinya. Sangat banyak memang, tetapi fitur tersebut merupakan fitur-fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan pesantren.

Tidak ada fitur yang cenderung akan dianggap tidak berguna bagi pesantren. Hal ini dikarenakan pembuatan aplikasi ini berdasarkan riset panjang para pengembangnya yang juga pernah menjadi santri, pengurus pesantren bahkan juga ada yang memiliki background sebagai pengelola pesantren.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah pendaftaran santri baru, pengelolaan data santri, pengelolaan data alumni, pembayaran online, pencatatan invetaris, pencatatan pelanggaran santri dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya bisa kunjungi website Pesantri.com secara langsung.

Teknologi di Pesantri.com

Selain itu dalam pengelolaan absensi santri, aplikasi Pesantri juga support dengan penggunaan RFID dan Finger Print.

Kartu RFID nantinya akan menjadikan kartu tanda santri yang selama ini hanya dijadikan sebagai tanda identitas santri menjadi barang yang lebih berguna.

Hal itu dikarenakan kartu RFID tersebut akan menjadi alat utama untuk melakukan absensi, pengambilan jatah makanan, dan lain sebagainya.

Aplikasi Pesantri terdiri dari dua aplikasi utama, yaitu aplikasi internal dan aplikasi publik. Aplikasi internal adalah aplikasi yang digunakan oleh para pengurus dan pengasuh pondok untuk melakukan pencatatan apapun berkaitan dengan aktivitas di pesantren.

Aplikasi internal ini hanya bisa diakses oleh para admin pesantren. Kedua adalah aplikasi publik, yaitu aplikasi yang bisa diakses secara umum misalnya untuk melakukan pendaftaran ke pesantren tertentu, melihat informasi terkait pesantren dan lain sebagainya. Aplikasi publik ini dapat diakses oleh siapapun.

Selain itu, nantinya aplikasi Pesantri juga akan tersedia dalam versi android. Tujuannya adalah untuk menghubungkan orang tua wali dengan informasi berkaitan dengan anak-anak mereka di pesantren.

Jadi setiap data yang dicatat oleh pengurus dan pengasuh pondok di aplikasi internal akan langsung dapat dilihat oleh masing-masing orang tua di aplikasi berbasis android tersebut. Sehingga, dalam hal ini orang tua wali juga bisa ikut memonitoring anak-anaknya di pesantren.

Kunjungi: pesantri.com 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!