Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

zowhy.com – Digital marketing atau yang dapat di katakan pemasaran digital di artikan sebagai semua pekerjaan pemasaran yang di lakukan menggunakan perangkat elektronik / internet (di gital) dengan berbagai strategi pemasaran, di mana kamu dapat dengan mudah berkomunikasi dengan calon pelanggan yang menghabiskan waktu secara online.

Calon konsumen dapat melihat penawaran kamu melalui berbagai saluran, seperti situs web, blog, media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dll.). Mereka (pelanggan) akan berkomunikasi dengan kamu melalui kunjungan tertentu.

Sejak tahun 2014, jumlah iklan di Internet telah melampaui jumlah iklan di  jaringan TV dan TV kabel. Periklanan tradi sional tidak lagi memiliki “kekuatan” karena di gital marketing multi saluran, selalu terus tumbuh sebesar 137%, di tambah dengan penggunaan strategi di gital marketing untuk meningkatkan dukungan merek sebesar 500%. Tentu nya, pertumbuhan ini di dorong oleh konsumen dan tentu nya dari di ri kamu sendi ri.

Seba nyak 72% konsumen telah menjalin keterkaitan dengan merek pilihan nya melalui berbagai saluran di gital marketing yang ada. Namun, meski sebagian besar konsumen dan pemilik bisnis memilih di gital marketing, masih ada beberapa usaha kecil yang tidak bisa mengikuti tren ini. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa sistem di gital marketing tidak lah serumit yang kamu kira lho. digital marketing telah membawa manfaat besar bagi pengusaha dan konsumen di seluruh dunia.

Berbeda dari keba nyakan pemasaran offline (toko fisik), pemasaran di gital memungkinkan para pemasar untuk melihat hasil yang akurat berdasarkan waktu saat data hendak di masukkan. Jika kamu pernah beriklan di koran (iklan baris), kamu akan tahu betapa sulit nya memperkirakan berapa ba nyak orang yang benar-benar membeli hasil penawaran kamu kepada mereka dan mengikuti iklan kamu. Tentu nya belum ada cara yang pasti untuk menentukan apakah iklan tersebut telah berhasil membuka semua peluang penjualan.

Dengan pemasaran di gital, kamu dapat mengukur ROI (laba atas investasi) dari hampir semua aspek upaya pemasaran kamu. Tingkat pengembalian investasi itu sendi ri mengacu pada ukuran / jumlah yang di gunakan untuk mengevaluasi efisiensi investasi (di bandi ngkan dengan biaya dan modal awal yang di keluarkan).

Untuk bisnis, digital marketing memiliki manfaat berikut ini, yang nanti nya semoga dapat meyakinkan kamu untuk memulai mempelajari di gital marketing ini.

Menghasilkan Penjualan Yang Sangat Tinggi

Melalui di gital marketing, kamu dapat menarik lebih ba nyak audiens yang dapat di  target. Kamu juga dapat menghasilkan pelanggan yang hot atau bisa di sebut potensial (pelanggan potensial) dan mencapai pertumbuhan konversi (penjualan) hingga mencapai 24%. Dengan digital marketing akan “membuka jalan” untuk aktivitas pemasaran dan akan menghasilkan hasil yang sangat menguntungkan.

Membuat Kamu Menabung Lebih Banyak Alias Hemat

di gital marketing mampu mengurangi biaya kamu. Informasi di gital marketing yang di tulis oleh “Gartnet” merilis sebuah laporan yang menunjukkan bagaimana pengusaha kecil sekarang bisa mendapatkan hasil maksimal dari di gital marketing. Misal nya, seba nyak 40% perusahaan mengatakan bisnis mereka hemat biaya. Bisnis kecil yang di sebutkan di sini adalah bisnis atau perusahaan dengan sumber daya terbatas. di gital marketing dapat dengan mudah membantu pemilik bisnis, dengan tidak ha nya menumbuhkan generasi dan konsumen baru, tetapi juga membantu menghemat pengeluaran dari pengusaha itu sendiri.

Pengembalian Investasi Yang Lebih Tinggi

Dalam laporan yang di tulis oleh “HubSpot”, yang pasti di gital marketing dapat membantu kamu menghasilkan biaya per transaksi (CPL) yang lebih baik di bandingkan dengan pemasaran tradi sional atau bahkan pemasaran jarak jauh.

Aktifkan Layanan Pelanggan Waktu Secara Real

Menurut laporan eMarketer, di gital marketing memberi kamu mekanisme respons konsumen atau pelanggan secara real – time, yang akan berdampak signifikan pada kesuksesan bisnis kamu. Keuntungan dari saluran layanan yang di sedi akan oleh di gital marketing termasuk menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan, dan memberikan kepuasan layanan kepada konsumen bila menghadapi keluhan yang cukup ba nyak.

Siapa pun Dapat Terhubung Dengan Kamu Melalui Internet

Saat ini, setidak nya 80% konsumen menggunakan Internet untuk mendapatkan informasi tentang produk atau layanan dengan lebih mudah dan nyaman dan dengan ba nyak nya alat dan saluran di internet yang tersedia.

Menarik Minat dari Para Pengguna Seluler (Smartphone)

Digital marketing membawa kamu ke area pasar yang sangat besar, dan aktivitas di gital marketing yang di lakukan melalui perangkat seluler dapat menghasilkan hingga 34% lalu lintas organik. di Negara Amerika Serikat, 91% orang dewasa telah menggunakan perangkat seluler mereka. Menurut tulisan “eMarketer”, teknologi seluler juga memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Data menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat telah menggunakan perangkat seluler mereka.

Pertahankan “Sikap Baik” Terhadap Pesaing Dan Membantu Kamu Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Saat ini, ba nyak brand dan perusahaan yang bersaing ketat dengan aktivitas di gital marketing nya. Pengusaha menggunakan berbagai saluran termasuk monitor, PPC dan media sosial. Tidak ha nya meningkatkan posisi kamu di antara pesaing, digital marketing juga memungkinkan kamu bersaing langsung dengan merek dari perusahaan – perusahaan besar.

baca juga

Bersiaplah Kamu Untuk Era “Internet Of Things”

Pada tahun 2020, ada sekitar 26 miliar smartphone, jam tangan, gadget, kacamata, sepatu, tablet, dan perangkat lain yang telah di produksi dan akan saling berhubungan dalam ekosistem online global, yang akan membentuk era Internet of Things.

Saat ini, iklan yang tersedia di mesin pencari memiliki reputasi tertinggi. Enam dari sepuluh (57%) konsumen mengatakan bahwa mereka percaya pada saluran ini. Tingkat kepercayaan tertinggi di Thailand adalah 63%, Indonesia 61%, Filipina 56%, dan Vietnam 55%.

Pada saat yang sama, kredi bilitas iklan di jejaring sosial dan iklan video online masing – masing telah meraih kepercayaan sebesar 53% dan 52%. Kepercayaan terhadap iklan video di empat negara / kawasan Asia Tenggara telah meningkat, dengan Filipina dan Thailand memiliki skor tertinggi sebesar 56%, Vietnam dan Indonesia sebesar 52%, Singapura sebesar 47%, dan Malaysia sebesar 41%.

Penting untuk di ingat bahwa di dunia di gital, ini sangat luas, jadi untuk menarik ba nyak pelanggan, kamu harus memulai dengan ba nyak ide untuk pemasaran konten.

Menjamin kelancaran kemajuan pemasaran konten dengan memperhatikan konten yang di tampilkan pesaing dalam pembuatan konten. Dan jangan lupa untuk tetap berhubungan dengan calon pelanggan kamu melalui pemasaran media sosial karena kedua nya sangat erat kaitan nya. Kamu dapat yakin bahwa kamu akan berhasil memulai bisnis kamu melalui di gital marketing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!