Logam Bima , Produsen Kitchen Ware

https://www.zowhy.com – Bagi para ibu rumah tangga, perkakas dapur adalah sebuah aset penting sekaligus investasi. Banyak dari mereka yang memilih untuk memiliki peralatan memasak yang mahal asal berkualitas daripada murah namun cepat rusak. Tidak banyak produsen kitchen ware asli lokal yang terkenal dan terpercaya kualitasnya.

Bukan berarti, kita tidak punya produsen kitchen ware yang bagus. Di Bandung, ada produsen kitchen ware yang melegenda hingga puluhan tahun. Jika Anda warga Bandung atau berdomisili di sekitar Bandung, pasti tidak asing dengan perkakas dapur yang bermerk “Bima”.

Tentang Perusahaan Logam Bima

Perusahaan Logam Bima adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Perusahaan Logam Bima didirikan pada 1950 oleh Liem Djoeng Sing, Otto Transzeek, dan Liem Tiang Hok. Di awal pendiriannya, perusahaan Logam Bima memproduksi peralatan memasak yang dibuat dari aluminium. Produk ini dipasarkan di seputar daerah produksi, yakni di Bandung dan sekitarnya.

Dengan berbagai upaya dan strategi pemasaran, produk Logam Bima mendapat respon positif dari masyarakat. Jumlah produksi pun mengalami peningkatan sesuai dengan peningkatan permintaan konsumen. Beberapa tahun kemudian, yakni pada 1960, perusahaan Logam Bima mengembangkan jenis produk dengan memperkenalkan peralatan memasak berbahan besi. Meski tidak sama, namun banyak orang yang berminat dengan peralatan memasak dari besi.

Pada 1970, perusahaan Logam Bima menjadi pelopor industri kitchen ware di Bandung. Di masa ini, perusahaan Logam Bima berhasil memproduksi perkakas dapur berbahan baja stainless, yaitu baja yang antikarat sehingga tidak mudah rusak dan tahan lama.

Tidak disangka, banyak konsumen Logam Bima yang antusias dengan produk buatannya. Permintaan konsumen terhadap perkakas dari baja stainless pun meningkat, bahkan lebih daripada perkakas dapur berbahan alumunium dan besi.

Fokus Pada Kitchen Ware

Tingkat penjualan produk kitchen ware berbahan besi menurun lebih daripada yang berbahan alumunium. Melihat kondisi tersebut, perusahaan Logam Bima berfokus pada produksi kitchen ware berbahan baja stainless serta memperkenalkan produk yang dibuat dengan tiga lapisan dasar (sandwich) pada 1981.

Hal ini membuat produk perkakas dari baja stainless sangat populer di kalangan masyarakat terutama ibu rumah tangga.

Dengan popularitas yang menaik jumlah produksi dan penjualan pun turut meningkat hingga membuat perusahaan Logam Bima mampu menguasai pasar produk perabot dapur hingga ke luar Jawa Barat.

Beberapa tahun kemudian, dengan kondisi perusahaan yang terus berkembang, perusahaan Logam Bima mulai menarget pasar baru. Pada 1985-an, perusahaan Logam Bima mengekspor produk kitchen ware-nya ke Australia.

Mulai di Export Ke Australia

Gayung bersambut, produk Logam Bima diterima dengan baik di Australia dan membuat perusahaan Logam Bima melakukan ekspansi pasar dengan memperluas area ekspor produk pada 1989, yaitu ke Jepang, Denmark, dan terus berkembang ke negara lain yang berbeda.

Tahun selanjutnya, tepatnya pada 1990, perusahaan Logam Bima melakukan instalasi alur penuntun fasilitas PTFE menggunakan teknologi dari Jerman. Hal ini memberikan hasil yang memuaskan sehingga dua tahun kemudian, perusahaan Logam Bima mengembangkan instalasi fasilitas pada sendok dan garpu kecil dari teknologi Yunani, dan semakin berkembang di tahun-tahun selanjutnya.

Sekarang, perusahaan Logam Bima telah berganti kepemimpinan. Di tangan Liem Hwie Liong, perusahaan Logam Bima telah berkembang pesat dengan jumlah karyawan sebanyak 350 orang.

Produk yang dijual pun semakin beragam, mulai dari stockpot (panci), wok, colander,  flatware, casting aluminium, fry pan, bake ware, saucepot, multifunction pot, sendok, garpu, cangkir, hingga teko. Negara tujuan ekspor produk perusahaan Logam Bima juga lebih luas dari masa ekspor awal sebelumnya, yaitu Australia, Selandia Baru, Singapura, Jepang, Denmark, Sweden Norway, Inggris, Belgia, Amerika Serikat, Syria, Arab Saudi, Afrika Selatan, hingga Korea Selatan.

Menginspirasi Pebisnis Kitchen Ware Lainnya

Eksistensi perusahaan Logam Bima yang berusia puluhan tahun menjadi semangat tersendiri bagi para pengusaha kitchen ware lokal maupun bagi calon pengusaha lokal di bidang lainnya.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai upaya dan strategi yang bisa meminimalisasi kerugian produksi namun tetap bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Upaya yang dilakukan di antaranya, sistem dalam proses produksi, pengembangan produk, dan strategi pemasaran produk.

Perusahaan Logam Bima jarang sekali mengalami kerugian karena proses produksi dilakukan berdasarkan made by order (dibuat sesuai pesanan). Karenanya, hampir tidak pernah ada produk perusahaan Logam Bima yang tidak lakuk terjual. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, perusahaan Logam Bima hanya menggunakan bahan baku dari perusahaan penyedia bahan baku di Cisangkan.

Proses Pembuatan Secara Detail

Kemudian, bahan baku yang sudah ada diproses menggunakan mesin uncoiler menjadi potongan plat-plat coil yang akan dibentuk menggunakan mesin cyrcle menjadi plat-plat berbentuk lingkaran. Plat-plat yang sudah berbentuk lingkaran, dicetak melalui proses drawing menggunakan mesin press hydraulic agar membentuk ruang wadah. Setelah ruang wadah terbentuk dengan sempurna, produk setengah jadi tersebut akan dipotong (proses trimming) menggunakan mesin bubut agar rapi.

Lalu, permukaan produk akan dicek dengan teliti (rolling) dan dipoles menggunakan polisher machine. Terakhir, produk akan dicek secara keseluruhan (final check), untuk melihat adanya defect (cacat) seperti bintik, flow mark, dan shrink mark.  Jika sudah melewati proses final check, produk yang berkualitas akan dikemas sesuai jenisnya (packaging) dan tujuan distribusinya.

Pengembangan produk yang dilakukan perusahaan Logam Bima juga mengalami perbaikan dan pembaruan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan trend yang ada. Di awal produksinya dulu, produk kitchen ware Logam Bima masih polos dan tidak banyak ragamnya.

Namun, sekarang, perusahaan Logam Bima sudah memproduksi puluhan jenis kitchen ware dengan berbagai ukuran, jenis, dan motif. Hal ini yang membuat banyak konsumen yang setia menggunakan produk Logam Bima. Tidak hanya terbukti awet dan tahan lama, juga banyak ragam pilihan.

Sistem Pemasaran Yang Berinovasi Tinggi

Strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan Logam Bima juga tidak terbatas pada perluasan area distribusi produk saja. Perusahaan Logam Bima juga menawarkan sistem membership  pada konsumen setia, dengan keuntungan berupa potongan harga khusus (diskon) hingga penambahan poin yang bisa ditukar dengan produk atau potongan harga.

Selain itu, perusahaan Logam Bima juga membuka pameran produk di pabrik produksi untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui perusahaan Logam Bima lebih dekat. Mereka yang berkunjung ke pabrik perusahaan Logam Bima, berkesempatan untuk membeli produk Logam Bima langsung dari pabrik dengan harga istimewa yang lebih murah.

bac ajuga

    Bagaimana? Menarik, bukan?

    Banyak orang, terutama warga Bandung, telah mengakui kualitas produk perusahaan Logam Bima. Dari ibu-ibu rumah tangga hingga para penyedia kitchen ware sudah membuktikan fungsi dan ketahanan produk kitchen ware Logam Bima.

    Tertarik mengunjungi perusahaan Logam Bima? Anda bisa melakukan kunjungan ke PT Perusahaan Logam Bima di Jalan Arjuna No. 56 – 58, Bandung – Jawa Barat. Rerata, orang yang berkunjung ke perusahaan tersebut dalam jumlah banyak, atau berkelompok dalam rangka kunjungan wisata Bandung.

    Jika Anda berada di luar Jawa Barat dan ingin memiliki produk Logam Bima, Anda bisa membeli produk perusahaan Logam Bima secara online  melalui market place seperti tokopedia, bukalapak, hingga JD.id.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!