20 Layanan Email Terbaik

zowhy.com – Bila Anda berbisnis menggunakan online sebagai basis Anda, melebarkan sayap melalui e-mail marketing adalah hal yang layak untuk dicoba.

Berdasarkan penelitian dari Radicati Group pada Januari 2017, setidaknya akan ada 3,7 milyar pengguna email di seluruh dunia. Artinya, sekitar 54% penduduk Bumi saat ini memiliki email.

Ini masih dan akan terus berkembang. Dari studi yang sama disebutkan bahwa 8 tahun yang lalu pengguna email adalah 1,9 milyar, dan diproyeksikan empat tahun lagi pengguna email akan mencapai 4,7 milyar di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri pengguna internet mencapai 132 juta jiwa. Email sendiri adalah salah satu aktivitas paling sering dilakukan di internet, bersama dengan mencari berita, mencari informasi lembaga, dan sosial media.

Untuk perangkat akses email yang biasa digunakan untuk mengirim email dengan PC atau laptop berjumlah 46,4 juta jiwa. Sementara penggunaan smartphone berjumlah 84,6 juta jiwa. Alamat email yang paling banyak digunakan adalah Gmail dengan total pengguna 81,8 juta jiwa sedangkan, sedangkan yahoo 43,6 juta jiwa dan email perusahaan 5 juta jiwa.

Dari sini kita bisa melihat bahwa email masih tetap menjadi saluran pemasaran yang menjanjikan, baik itu untuk promosi produk ataupun promosi artikel di blog.

Namun apa saja layanan email yang bisa Anda gunakan? Lalu apa saja penyedia layanan email marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk saluran pemasaran melalui email?

Artikel kami kali ini akan memberikan pembahasan lengkap seputar layanan email, jasa email marketing, dan fitur-fiturnya.

Apa saja?

9 Fitur yang Harus Ada Dalam Layanan Email Anda

Sebelum kita membahas mengenai layanan email marketing, Anda perlu memiliki sebuah akun email terlebih dulu.

Akan lebih profesional bila Anda memisahkan akun email pribadi dengan akun email untuk keperluan pekerjaan.

Karena email bisnis ini penting, maka memutuskan penyedia layanan email yang tepat akan butuh beberapa pertimbangan. Ini karena tiap bisnis punya kebutuhan spesifik, namun kami mempunyai beberapa kriteria tepat yang bisa Anda jadikan referensi.

Fitur-fitur yang perlu ada untuk email Anda adalah:

  1. Spam Filter – Pesan spam seperti pesan berantai, hoax, dan lain sebagainya bisa sangat memenuhi kotak masuk Anda. Anda pasti tak mau membuang waktu menghapusi email-email tersebut, namun di sisi lain bila dibiarkan akan membuat Anda kesulitan mencari email masuk yang penting. Untuk itu, pilihlah layanan email yang punya sistem mendeteksi dan menyaring spam dari inbox Anda.
  2. Server yang selalu hidup – Layanan email Anda harus selalu aktif dan bisa diakses kapanpun Anda membutuhkannya. Email Anda harus selalu bisa diakses. Bila saat Anda butuh membuka email dan ternyata Anda tidak bisa mengaksesnya karena server down, tentu ini akan sangat merugikan bisnis Anda.
  3. Terintegrasi dengan layanan lain – Beberapa layanan email kini terintegrasi dengan layanan lain seperti kalender, cloud storage, dan pengolah dokumen. Jika bisnis Anda membutuhkan layanan lain selain email, pertimbangkan integrasi ini agar dapat memudahkan Anda.
  4. Keamanan – Kerahasiaan database email Anda harus tetap terjaga. Anda mungkin akan mengkomunikasikan hal-hal rawan seperti informasi keuangan, kata sandi, dan hal lain yang perlu terjaga. Dengan aktivitas pembajakan email yang kini semakin rawan, maka Anda perlu menggunakan layanan email yang dilengkapi dengan keamanan kuat. Keamanan kuat ini pun tidak hanya melindungi Anda dari ancaman hack, pun juga menjaga privasi Anda dari penyedia layanan email itu sendiri. Anda harus memilih penyedia layanan yang menjaga pesan-pesan Anda dengan aman dan tidak disalahgunakan oleh siapapun.
  5. Mudah digunakan – Gunakanlah email yang simpel dan mudah dipelajari. Selain menghemat waktu Anda, Anda juga menghemat waktu karyawan-karyawan Anda dari waktu beradaptasi yang berlebihan.
  6. Kemampuan arsip – Layanan email yang terbaik adalah yang menyediakan Anda fasilitas untuk menyimpan, mengarsip, dan menyusun email-email Anda. Layanan email yang baik harus menyediakan kemampuan ini, sehingga Anda selaku pemilik email dapat mudah mencari email-email tanpa bingung.
  7. Fitur canggih – Beberapa layanan email modern kini punya fitur-fitur canggih seperti membatalkan pengiriman pesan, membatalkan penghapusan pesan, atau menjadwalkan pengiriman email. Jika Anda membutuhkan fitur semacam ini, Anda bisa memanfaatkan penyedia layanan email yang memilikinya.
  8. Reputasi – Anda sangat disarankan untuk memilih layanan email yang memiliki reputasi bagus. Menggunakan layanan email yang sudah familiar akan mencegah calon pembeli Anda dari salah kirim email. Selain itu email dengan reputasi bagus lebih bisa diandalkan.
  9. Kapasitas Penyimpanan – Dalam memilih jasa layanan email, ingatlah bahwa ukuran penyimpanan sudah termasuk dalam akun Anda. Anda pastilah tidak ingin suatu saat menunggu email yang tak kunjung masuk, hanya untuk menyadari bahwa kapasitas penyimpanan email Anda sudah terlalu penuh. Layanan email kini ada yang sudah menggratiskan kapasitas penyimpanan sampai 15 GB. Bila Anda berniat menyimpan email dalam jumlah masif, tak ada salahnya menjadikan ini sebagai pertimbangan.

Layanan email sendiri sebenarnya ada yang menggunakan jasa yang tersedia, namun bila Anda sudah memiliki situs, Anda bisa juga membuat email khusus perusahaan. Anda dapat mengakses fitur ini melalui cpanel (bila menggunakan cpanel). Email sendiri ini biasanya terbatas dari segi penyimpanan dan tidak punya fitur filtering spam.

Berikut ini kami sediakan beberapa layanan email gratis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan pribadi maupun untuk korporasi.

baca juga

    Layanan Email Gratis Terbaik

    1. Gmail – Paling populer


    Anda pengguna Android sudah pasti menggunakan Gmail. Google cukup pintar dalam mengintegrasi dan “memaksa” penggunanya untuk membuat akun terkait Google. Ini membuat Gmail menjadi email dengan pengguna terbanyak. Menurut statistik dari TechCrunch, lebih dari satu milyar pengguna menggunakan Gmail.

    Gmail sendiri jadi yang terbaik bukan tanpa alasan. Gmail terkenal dengan kapasitasnya yang besar, mencapai 15 GB, dengan fasilitas seperti batalkan pengiriman email dan forwarding. Gmail juga dilengkapi dengan kemampuan pencarian pesan berdasarkan isi pesan tersebut.

    Satu fitur paling baik menurut kami, dan belum dimiliki penyedia email lain, adalah kemampuan filter otomatisnya. Gmail secara otomatis memisahkan email promosi, update, dan email pribadi. Sehingga Anda tidak akan melihat inbox pribadi Anda penuh sesak. Ini juga memudahkan untuk menghapus update-update masuk yang jarang Anda buka.

    Google juga dilengkapi dengan kekuatan keamanan dua lapis, serta filter spam yang kuat. Ini membuat akun Anda lebih aman dari pembajakan dan pesan-pesan hoax atau mengandung virus.

    Selain itu, Gmail juga terintegrasi dengan layanan lain seperti Google Docs dan Google Drive, yang akan memudahkan Anda menggunakan beberapa layanan dalam satu akun.

    2. Outlook.com – Email terintegrasi Microsoft

    Meskipun Gmail adalah layanan email yang bagus, mungkin Anda mengalami beberapa kendala. Kendala yang jamak dialami adalah username yang Anda inginkan sudah diambil orang.

    Bila Anda mau, Anda bisa beralih menggunakan penyedia layanan email lain. Salah satu opsi bagus adalah Outlook.com. Microsoft selaku penyedia Outlook mengklaim bahwa pengguna email Outlook sudah mencapai 400 juta pengguna.

    Seperti Gmail, Outlook juga memiliki banyak fitur andal yang memudahkan aktivitas berkirim email Anda. Ada fitur seperti Clutter, yang mendeteksi email dengan prioritas rendah dan otomatis memindahkannya. Selain itu ada fitur Undelete, yang dapat merecover email yang tak sengaja terhapus. Outlook juga terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya. Windows 10 kini sudah terinstall Outlook otomatis. Jadi, bila Anda mengaktifkan program tersebut, Anda dapat menerima email secara real time tanpa perlu buka browser terlebih dulu.

    Outlook juga terbilang cukup aman, artinya Anda perlu memberikan dua lapis informasi untuk bisa masuk. Ini memberikan Anda keamanan dua lapis, yang mempersulit hacker mengakses akun Anda.

    baca juga

    http://zowhy.com.com/strategi-email/

    3. iCloud Mail – Email dengan autoresponder

    Jika Anda pengguna perangkat Apple, Anda tentu saja akan diminta membuat Apple ID dan iCloud terlebih dulu.

    iCloud email sendiri merupakan pilihan email yang bisa Anda gunakan bila Anda sering menggunakan email dari perangkat Apple.  Apple sendiri memiliki fitur verifikasi sampai tiga lapis, yang memungkinkan akun Anda jadi lebih aman. Dan ada juga filter spam, sehingga inbox Anda terjaga dari email-email tak diinginkan.

    iCloud juga menyediakan fitur canggih seperti autoresponder. Jadi Anda yang menjalankan marketing melalui email dapat lebih mudah dalam mempromosikan produk Anda. Layanan lain yang dimiliki iCloud adalah kalender, reminder, catatan, dan penyimpan kontak.

    4. Yahoo! Mail – aman dan lengkap

    Pemain lama di dunia internet pasti pernah menggunakan alamat email satu ini. Yahoo merupakan salah satu perusahaan internet yang cukup tua, sejak 1994. Meskipun telah mengalami banyak kemunduran dan disalip oleh para pesaingnya, namun Yahoo Mail masih tetap populer bagi banyak pengguna.

    Beberapa fitur Yahoo yang membuatnya masih layak digunakan adalah:

    • Menghapus pesan di tempat sampah setelah 90 hari
    • Kapasitas penyimpanan hingga 1 TB
    • Alat pencarian, kalender, dan kontak yang terintegrasi
    • Filter spam dan enkripsi SSL

    Yahoo Mail juga terintegrasi dengan Yahoo Messenger dan feed berita.

    Terlepas dari iklan yang kadang muncul dan mengganggu, namun layanan dari Yahoo Mail tetap layak digunakan.

    5. AOL Mail – Email dengan kustom domain

    Perusahaan internet lainnya yang tak kalah jadul adalah AOL. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 80-an dengan nama America Online. AOL dikenal sebagai provider koneksi internet, namun merambah ke layanan lain seperti email.

    Fitur kunci dari AOL Mail di antaranya adalah proteksi dari email bervirus. Selain itu Anda juga bisa mengkustom alamat email Anda dengan fitur MyAddress, sehingga Anda bisa juga menggunakan domain Anda sendiri.

    baca juga

    http://zowhy.com.com/email-penting/

    6. Zoho Mail – Email tanpa iklan

    Anda mungkin jarang mendengar Zoho. Zoho Mail adalah layanan email berbasis premium, dengan beberapa jenis paket berlangganan.

    Namun Zoho Mail juga menyediakan layanan email gratis. Fitur yang terdapat dalam Zoho Mail gratis di antaranya adalah kapasitas penyimpanan sampai 5 GB, proteksi virus, dan filter spam. Layanan email ini juga terintegrasi dengan tools Zoho lainnya seperti kalender, notes, dan agenda.

    Beberapa layanan email gratis menyelipkan iklan di layanannya. Anda mungkin akan sedikit terganggu dengan hal ini. Namun Zoho berbeda. Bahkan pada level gratis pun, Zoho bebas iklan.

    Memang fitur untuk Zoho versi gratis agak terbatas. Namun untuk bisnis yang baru dimulai, semua fitur yang ditawarkan ini sudah cukup.

    7. GMX Email 

    GMX Mail menyediakan layanan email gratis yang lumayan gratis. Satu hal yang menyenangkan dari GMX Mail adalah kapasitas penyimpanannya yang tanpa batas. Selain itu tampilannya mudah dipelajari.

    Seperti layanan email lainnya, GMX dilengkapi dengan perlindungan dari virus dan spam. Ada juga fitur agenda, bernama GMX Organizer, yang membantu Anda menyusun agenda kegiatan Anda.

    Fitur unik lainnya adalah Anda dapat mengatur berapa lama Anda menyimpan email Anda. Jika Anda mengatur agar email Anda cukup disimpan selama 30 hari, misalnya, maka setelah 30 hari email lama Anda akan terhapus otomatis.

    8. Yandex Mail – Layanan Email dengan penerjemah

    Yandex adalah mesin pencari dari Rusia. Tak hanya menyediakan mesin pencari, Yandex juga menyediakan cloud storage dan layanan email.

    Layanan email dari Yandex sudah termask perlindungan dari virus dan spam. Yandex juga menyediakan penyimpanan tanpa batas, namun untuk awalnya Anda hanya diberikan 10 GB terlebih dulu. Kapasitas akan ditambah apabila penyimpanan Anda tersisa kurang dari 200 MB.

    Fitur unik lainnya adalah Anda bisa memberi label, tombol personal, atau kombinasi tombol otomatis untuk akses instan ke fitur tertentu. Selain itu Anda bisa preview file gambar dan media tanpa perlu mengunduhnya terlebih dulu.

    Ada juga fitur lainnya seperti penerjemah pesan masuk dan keluar. Ini akan sangat membantu Anda yang berkorespondensi atau berbisnis secara internasional, namun terkendala bahasa.

    baca juga

      9. Mail.com – Layanan Email untuk Profesional

      Mail.com adalah layanan email gratis yang menawarkan banyak fitur menarik untuk Anda.

      Salah satu fitur menarik dari Mail.com adalah Anda bisa memilih 200 domain berbeda untuk alamat email Anda. Misalkan Anda adalah seorang konsultan keuangan, Anda bisa membuat email dengan ekstensi @financier.com. Bila Anda adalah dokter, Anda bisa menggunakan ekstensi @dr.com. Ini tentu membuat alamat email Anda terlihat lebih profesional, dibandingkan ekstensi seperti @yahoo.com atau @gmail.com. Terlebih, fitur ini gratis digunakan.

      Fitur lain adalah proteksi virus dan spam. Selain itu, bila Anda menggunakan beberapa alamat e-mail sekaligus, Anda bisa menyatukan e-mail-e-mail tersebut dalam satu tempat. Sehingga Anda tidak perlu pindah-pindah akun hanya untuk memeriksa kotak masuk.

      Keterbatasan yang dimiliki layanan ini adalah integrasinya dengan iklan, serta adanya artikel-artikel clickbait di homepage Mail.com. Namun dengan akses gratis selamanya, tampaknya keterbatasan ini bisa dimaklumi.

      10. Lycos.com – Classic Free Email Service Provider

      Lycos pernah merasakan kejayaan di awal era 90-an, saat internet belum seintegral sekarang. Lycos kini tetap menyediakan mesin pencari, dan juga ada jasa layanan email gratis.

      Versi gratis dari Lycos memiliki kapasitas hingga 500 MB. Ada juga filter spam dan cek virus. Selain itu, Anda bisa memblokir domain dan alamat email tertentu, sehingga Anda hanya menerima email yang Anda inginkan saja.

      11. ProtonMail – Email dengan enkripsi

      Perbedaan utama antara ProtonMail dengan layanan email lain adalah fokusnya pada enkripsi. Keamanan pesan Anda dijaga ketat, sehingga pihak yang bisa membaca pesan Anda hanyalah Anda sendiri dan penerima pesan. Orang lain, bahkan pihak ProtonMail sekalipun, tidak bisa membobol dan membaca pesan Anda.

      Bila Anda berkirim pesan dengan sesama pengguna ProtonMail, opsi ini akan dijalankan otomatis. Namun Anda harus menekan tombol enkripsi terlebih dulu apabila penerima pesannya menggunakan layanan email lain.

      Jika Anda mengenkripsi pesan Anda, Anda juga bisa mengatur pesan tersebut agar bisa hancur atau tak terbaca setelah beberapa waktu tertentu. Pesan ini bisa diatur maksimal empat minggu, dan minimal satu jam.

      Bahkan meskipun Anda tidak mengatur opsi pun, pesan Anda otomatis akan hancur setelah 28 hari.

      Kapasitas gratis untuk ProtonMail adalah sekitar 500MB dan hanya bisa mengirim pesan hingga 150 kali sehari. Namun untuk kebanyakan orang rasanya fitur ini sudah cukup.

      12. Fastmail

      Fastmail adalah layanan email lain yang dapat Anda gunakan. Layanan ini sudah bertahan selama 10 tahun, jadi sudah cukup lama. Fastmail mengklaim mempunyai perlindungan dari email spam, perlindungan menggunakan SMS, folder berbasis web, dan lain sebagainya.

      Fastmail juga menyediakan fitur perlindungan dari hacking, spam, dan blokir ancaman keamanan lain. Fitur keamanannya berupa standar industri seperti SPF, DKIM, dan DMARC.

      Fastmail juga menyediakan fasilitas penyimpanan data terenkripsi, dengan server yang tertutup dan dijaga ketat.

      We operate an extensive range of encryption practices to keep your data safe from prying eyes. Selain itu komunikasi antar pesan dilindungi dengan Strict Transport Security, sehingga apabila penerima pesan Anda masih menggunakan browser lama sekalipun, hacker tak bisa menyusup dan membaca pesan Anda.

      Fastmail tak hanya menyediakan pengalaman pengguna yang baik, Fastmail juga mudah diimplementasikan ke dalam sistem perusahaan dan juga mudah dikelola oleh sistem administrasi.

      Penyimpanan untuk email versi gratis ini berkapasitas 25 MB, IMAP, dan 120 hari aktif.

      Versi gratis ini memang cukup terbatas, namun untuk versi berbayar ini hanya $5/per bulan, per pengguna. Hanya itu saja. Pembayarannya cukup transparan. Jadi tidak ada lagi fitur yang tersembunyi atau pembayaran tambahan.

      baca juga

      http://zowhy.com.com/performa-email/

      13. Inbox.com

      Inbox adalah satu lagi layanan lain yang dapat menyediakan Anda fasilitas email.

      Kelebihan yang dimiliki inbox adalah kemudahannya dalam mengubah tampilan inbox sesuai keinginan Anda dengan fasilitas drag n drop. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan RSS feeds yang dapat sesuai kebutuhan Anda.

      Inbox.com juga menawarkan Anda kemampuan berbagi foto, kalender, agenda, dan catatan. Pesan yang masuk ke Inbox juga mudah dikelola, karena ia menawarkan kustomisasi folder. Anda bisa memindahkan masing-masing email yang masuk secara manual, namun Anda juga bisa membuat pengaturan agar pesan masuk ke folder-folder tertentu secara otomatis.

      Nah, demikian tadi beberapa layanan email gratis yang Anda gunakan. Anda dapat melihat bahwa setiap layanan email punya karakteristik masing-masing; ada yang punya kapasitas tanpa batas, kustomisasi folder, dan ada juga yang punya keamanan tingkat tinggi.

      Anda mungkin tidak butuh semua fitur, jadi lebih baik sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda dan bisnis Anda.

      Layanan Email Marketing Terbaik

      Seperti yang telah kita bahas di awal, email adalah salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan di internet. Email ini dimiliki oleh hampir setengah populasi dunia, sementara di Indonesia sendiri penggunanya mencapai 132 juta.

      Ini membuat email marketing sebagai saluran pemasaran yang layak dicoba.

      Email marketing bisa dibilang saluran pemasaran yang paling efektif dari segi biaya. Email marketing mudah dikelola, memberi Anda kontrol penuh, serta memungkinkan Anda menciptakan kontak langsung dengan para pelanggan maupun prospek Anda.

      Namun efektifkah menggunakan email marketing? Bukankah lebih efektif bila uangnya digunakan untuk beriklan di jejaring sosial atau Adwords?

      Jika Anda bertanya-tanya tentang efektivitas email marketing, maka Anda mungkin perlu membaca penelitian berikut ini.

      Menurut survei dari Adestra, pelanggan lebih suka berkomunikasi dengan brand favoritnya melalui email, yang notabene lebih personal dan privasi.

      Email juga cenderung banyak digunakan oleh profesional. 95% profesional aktif menggunakan email, sehingga bila bisnis atau blog Anda menargetkan profesional, email marketing bisa jadi senjata yang layak diasah dan dicoba.

      Anda memang bisa melakukan email marketing dengan layanan email standar seperti Gmail atau Yahoo Mail. Namun, layanan email standar tidak bisa mengirim ke ribuan kontak sekaligus. Selain itu ada kemungkinan delay, masuk ke spam, dan juga Anda tidak melakukan tracking, dan sulit melakukan split test.

      baca juga

      http://zowhy.com.com/email-newsletter/

      Berkirim email boleh saja menggunakan layanan email gratis, namun email marketing butuh alat yang berbeda lagi.

      Ada banyak tools untuk marketing email yang beredar, namun dengan semuanya merupakan tools berbayar, Anda perlu mempelajari semua tools email marketing ini dengan seksama. Jika tidak, Anda mungkin akan membayar terlalu banyak untuk fitur yang mungkin kurang Anda perlukan.

      Layanan email marketing yang baik adalah yang memungkinkan Anda membuat email yang menarik. Email marketing yang baik juga bisa digunakan untuk mengelola kontak, membagi pengguna dengan kategori-kategori tertentu, dan ada sistem tracking yang bisa membuat Anda mempelajari dan memudahkan split test.

      Yang terpenting, layanan email marketing yang baik memastikan email Anda tidak berakhir di folder spam.

      Berikut ini beberapa layanan email marketing terbaik yang bisa Anda pilih. Fitur dan harga yang ditawarkan berbeda-beda, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.


      1. Constant Contact

      Constant Contact adalah layanan email marketing terbesar dan bertumbuh paling cepat saat ini. layanan email marketing satu ini juga cukup mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

      Anda bisa mengelola daftar email campaign Anda, kontak, template email, dan masih banyak lagi.

      Anda diberikan akses cepat untuk tracking dan report, dilengkapi dengan tools untuk sharing ke jejaring sosial, database untuk menyimpan gambar, serta penyimpanan cloud sebesar 1 GB.

      Constant Contact menawarkan pula layanan pengguna via live chat, email, dukungan komunitas, dan dukungan lain yang membantu Anda meningkatkan efektivitas email marketing Anda.

      Ada juga dukungan seperti online training dan seminar yang berbagi ilmu seputar email marketing. Ini membuat bisnis kecil jadi lebih mudah belajar email marketing dan mempraktikkannya.

      Constant Contact punya trial gratis selama 60 hari. Setelahnya, Anda dikenakan biaya $20 per bulan.

      2. AWeber

      AWeber adalah salah satu layanan email marketing yang paling banyak digunakan di dunia, baik oleh blogger maupun situs komersil. Aweber memberikan tools yang beragam untuk mengelola kebutuhan layanan email marketing penggunanya.

      Aweber sendiri dikenal mudah digunakan. Layanan email marketing satu ini dapat diintegrasikan tanpa masalah terhadap berbagai platform ternama seperti WordPress atau Joomla. Anda diberikan pula akses untuk menggunakan berbagai template, manajemen list kontak, autoresponder siap pakai, dan tracking campaign email dengan informasi yang detail.

      Jika Anda merasa bingung dengan penggunaan Aweber, Anda bisa menghubungi CS melalui live chat, telepon, atau email. Ada pula webinar dan sederet tutorial yang membantu Anda mengoptimasi Aweber.

      AWeber menyediakan trial gratis selama satu bulan. Setelah itu Anda dikenakan biaya yang dimulai dari $19 per bulan.

      3. ConvertKit

      ConvertKit adalah layanan email marketing lainnya yang bisa digunakan untuk pemasar, blogger, dan penulis. ConvertKit dikenal sangat mudah digunakan dan powerful.

      Jika Anda ingin “memancing” list email melalui form pendaftaran, ConvertKit sangat sesuai untuk itu. Selain itu, pernahkah Anda menerima email berisi tutorial yang dikirim secara harian dan bertahap? ConvertKit bisa digunakan untuk itu. ConvertKit memudahkan Anda mengelola autoresponder, sehingga Anda bisa membuat layanan berlangganan email harian tanpa perlu mengirimnya secara individual.

      Ada pula fitur segmentasi kontak, sehingga Anda bisa membedakan mana kontak yang masih prospek dan mana yang sudah pernah membeli. Dengan demikian, Anda bisa mengatur dan memilih konten mana yang hendak dikirim. Sehingga, antara calon pembeli dan yang pernah membeli tidak perlu mendapatkan email atau promo yang sama.

      ConvertKit menawarkan harga mulai dari $29/bulan. Namun sedikit keterbatasan dari ConvertKit adalah customer support yang diberikan hanya berupa email. Namun apabila Anda terkendala masalah atau merasa kurang puas dengan Convert Kit, ada kebijakan uang kembali.

      baca juga

      http://zowhy.com.com/performa-email/

      4. GetResponse

      GetResponse adalah layanan email marketing berikutnya yang cukup populer. Layanan email marketing satu ini dikenal mudah digunakan untuk pemula yang belum mahir email marketing, dan untuk bisnis kecil.

      GetResponse dilengkapi dengan tools marketing yang memungkinkan Anda menciptakan campaign marketing cerdas dan tersegmen. Dengan builder drag and drop yang mudah dipelajari, Anda bisa membuat campaign, mengelompokkan kontak, dan mengirimkan konten yang didesain untuk segmen tertentu. Ini tentu membuat Anda bisa menciptakan promosi yang efektif dan ujung-ujungnya profit.

      GetResponse dilengkapi dengan form responsive siap pakai, landing pages, A/B testing, tracking, dan autoresponse. Selain itu layanan email marketing ini juga bisa diintegrasikan dengan software lain seperti OptinMonster, SalesForce, Google Docs, ZenDesk, dan lain-lain.

      Dukungannya pun cukup lengkap, yakni melalui telepon, live chat, dan email. Anda juga diberikan materi belajar seperti video, webinar, artikel dan ebook tutorial, dan lain-lain.

      Harganya pun tergolong cukup murah dibanding yang lain yakni $15/bulan. Bila Anda ragu, GetResponse juga menyediakan trial gratis selama 30 hari.

      5. MailChimp

      Jika Anda ingin menggunakan layanan email marketing yang gratis, Anda bisa coba MailChimp. MailChimp menyediakan UI yang mudah dipelajari, dengan tools dan dukungan pelanggan yang bagus.

      Yang menarik dari layanan email marketing satu ini adalah mudah diintegrasikan dengan banyak platform, seperti WordPress, Magento, Shopify, dan banyak platform lainnya.

      MailChimp juga dilengkapi dengan banyak fitur seperti autoresponder, kontak tersegmen, tracking dan analytics, serta email creator yang mudah dipelajari. Jika Anda mengincar pelanggan internasional, Anda juga bisa mengatur jadwal pengiriman email berdasarkan zona waktu dan geolokasi. Sehingga pengiriman bisa diatur sesuai dengan waktu paling optimal.

      Dukungan lain yang ditawarkan adalah email, live chat, serta tutorial dan video.

      Seperti yang kami katakan, MailChimp menawarkan opsi gratis. Namun opsi gratis ini hanya berlaku sampai database Anda mencapai 2000 email. Setelahnya, paketan MailChimp mulai dari $10/bulan.

      MailChimp dapat jadi opsi bagi Anda yang benar-benar memulai blogging atau bisnis dengan minim biaya.

      6. Campaign Monitor

      Campaign Monitor is another popular email marketing solution. It gives you everything you would need to run successful campaigns and then some more.

      They have a beautiful drag and drop email builder. It allows you to use professionally designed email templates and make them your own. They also offer a drag and drop segmenting tool to create different campaigns for different contacts based on behavior and actions.

      You can personalize each message using the rich customer data. This makes your emails more personal and gives much better results.

      Not to mention their easy to use A/B testing, tracking, optimization, and social sharing tools.

      Support is available 24/7 via email and support forums. Premier customers can also avail phone support. They have extensive documentation step-by-step how-tos to help you get started and fix things on your own.

      Campaign Monitor’s pricing plans start from $9/month.

      baca juga

      http://zowhy.com.com/email-bounce/

      7. ActiveCampaign

      ActiveCampaign mengkombinasikan layanan email marketing, otomasi, dengan CRM dan penjualan. Ini membuat ActiveCampaign cocok untuk Anda yang ingin membuat campaign marketing super tertarget.

      Layanan email marketing ini juga dilengkapi dengan template email yang bagus, dan form pendaftaran untuk calon prospek yang menggunakan perangkat mobile. Anda juga bisa melakukan segmentasi kontak berdasarkan lokasi, perilaku, dan data sosial mereka. ActiveCampaign juga mampu memberikan Anda data lebih lanjut tentang kontak-kontak yang Anda punya hanya berdasarkan alamat email mereka.

      ActiveCampaign bisa diintegrasi dengan mudah pada WordPress. Anda juga bisa mengirimkan pesan SMS pada kontak Anda untuk follow up, memastikan email yang Anda kirim benar-benar dibuka.

      ActiveCampaign mengenakan biaya mulai dari $9/bulannya. Bila Anda masih ragu, ActiveCampaign juga menawarkan demo dengan fitur terbatas.

      8. Kirim.Email

      Layanan email marketing memang tampaknya menarik, namun bagaimana bila Anda tidak punya kartu kredit? Bagaimana bila Anda belum punya akun PayPal? Bagaimana pula bila Anda belum mahir berbahasa Inggris?

      Anda bisa menggunakan layanan email marketing baru dari Indonesia. Layanan ini bernama Kirim.email.

      Kirim.email didesain untuk pebisnis online dan blogger. Kelebihan utama dari kirim.email adalah bahasanya yang mudah dipahami, serta instruksi dengan gaya bahasa yang mengalir dan mudah dicerna.

      Bila Anda ingin menguak lebih banyak rahasia tentang email marketing yang efektif, kirim.email juga menyediakan forum tempat tanya jawab bersama marketer Indonesia lainnya. Ada juga kursus online untuk mengkonversi database email Anda menjadi pembeli.

      Ada juga kursus untuk membangun list dari Facebook. Jadi bila Anda ingin melakukan email marketing namun belum punya website, Anda perlu juga mengikuti kursus gratis ini. Ada juga 43 video tutorial yang akan terus ditambah tiap bulan.

      Yang lebih menguntungkan lagi, biaya berlangganan kirim.email didasarkan dengan kontak email yang Anda punya sekarang. Harganya pun tergolong murah untuk budget orang Indonesia.

      Kirim.email sendiri sudah digunakan oleh beberapa ukm dan tokoh terkenal di Indonesia, seperti Hedtutu dan Merry Riana. Sehingga rasanya Anda tak perlu ragu bila ingin memilih kirim.email sebagai layanan email marketing Anda.

      baca juga




        9. MyEmma

        Emma adalah layanan email marketing terakhir dalam artikel ini. Emma dilengkapi dengan desain yang bisa dikustom, sehingga Anda bisa membuat campaign yang unik sesuai dengan tema bisnis Anda.

        Ada juga form dan newsletter, fitur analytics, dan fitur untuk melakukan survey pada database kontak Anda. Emma sendiri cukup mahal dibandingkan dengan seluruh kompetitornya, yakni $99 per bulan, ditambah lagi $30 untuk setiap 1000 email.

        Nah, demikian tadi beberapa penyedia layanan email dan layanan email marketing yang bisa Anda coba. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengoptimasi blog ataupun bisnis Anda. Selamat mencoba!

        error: Content is protected !!