Kursus Bahasa Spanyol di Indonesia

zowhy.com – Ketika anda mendengar nama Negara Spanyol diucapkan, mungkin olah raga sepak bola adalah hal pertama yang muncul di benak anda. Namun tahukah anda bahwa Negara matador ini lebih kaya daripada sekadar sepak bola?

Negara ini memiliki warisan sejarah yang tidak terhingga. Mulai dari karya karya ilmuwan terkenal seperti Leonardo da Vinci hingga bekas peradaban muslim dibawah kekhalifahan Umayyah II di Granada dan Toledo.

Bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi Negara ini juga tidak hanya digunakan oleh penduduk Negara ini saja. Pengaruh penjajahan Spanyol ke Negara Negara lain di seberang lautan Negara tersebut turut membantu penyebaran bahasa ini bahkan ke Indonesia Timur.

Setidaknya menurut jumlah yang tertera di laman Wikipedia.com[i], bahasa Spanyol menempati urutan ke-4 dalam hal bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia setelah bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Hindi. Tercatat sekitar 537 juta orang bercakap dengan menggunakan bahasa ini. 463 juta diantaranya merupakan penutur asli bahasa Spanyol sementara 74 juta sisanya menjadikan bahasa ini sebagai bahasa kedua.

Oleh karena itu tidak mengherankan apabila bahasa Spanyol menjadi salah satu bahasa resmi dalam Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dan Uni Eropa (European Union). Sebab bahasa ini digunakan 463 juta orang yang hidup di Spanyol, Equatorial Guinea, Filipina dan 18 negara lain di benua Amerika.

Jadi jika anda menguasai bahasa Spanyol, anda tidak hanya akan bisa menikmati panorama Negara indah tersebut dengan lebih baik melainkan juga kesempatan anda untuk memiliki pendidikan dan karir yang cemerlang di masa depan akan lebih terbuka lebar. Namun sebelum kita membahas bagaimana cara yang dapat anda tempuh untuk menguasai bahasa asing ini, kita akan membahas mengenai seluk beluk bahasa ini terlebih dahulu.

Mengenal bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa yang menjadi anggota rumpun bahasa Roman. Sehingga bahasa Spanyol memiliki cukup banyak kemiripan dengan bahasa anggota rumpun ini lainnya seperti bahasa Prancis dan bahasa Italia.

Namun demikian bahasa Spanyol juga banyak terpengaruh oleh bahasa bahasa lain seperti bahasa dari rumpun Germanic dan terlebih lagi bahasa Arab. Menurut tulisan di laman encyclopedia.com[ii], terdapat 4000 atau sekitar 8% kosa kata dalam bahasa Spanyol yang merupakan kata serapan dari bahasa Arab.

Hal ini kemungkinan besar terjadi akibat asimilasi sebagian masyarakt Spanyol yang tinggal di Andalusia Spanyol seperti Granda atau Toledo. sedangkan bahasa Germanic cenderung mempengaruhi bahasa Spanyol untuk kosa kata yang berhubungan dengan peperangan.

Sama seperti halnya bahasa Prancis yang sebelumnya kita bahas, bahasa Spanyol juga memiliki kosa kata yang penggunaannya berubah sesuai dengan mood atau nada yang digunakan oleh sang pembicara. Bahasa Spanyol juga membedakan bahasa berdasarkan gender dan jumlah benda atau orang yang dituju sama seperti bahasa Prancis.

Karena banyak kesamaan inilah belajar bahasa Spanyol relatif lebih mudah untuk orang orang yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Prancis dalam kehidupan sehari hari. Akan tetapi bahasa ini akan lebih sulit dipelajari oleh kita masyarakat Indonesia yang notabene jarang memakai bahasa Inggris apalagi bahasa Prancis dalam kehidupan sehari hari.

Dengan demikian, jika anda ingin membuka wawasan dan kesempatan anda untuk kliah, bekerja atau berjalan jalan di negeri matador tersebut anda harus belajar lebih ekstra. Cara untuk berlatih lebih itu macam macam mulai dari membeli buku latihan bahasa Spanyol, menonton film dalam bahasa Spanyol hingga mengikuti kursus bahasa Spanyol di daerah dekat anda.

Kursus bahasa Spanyol di Indonesia

Sama seperti halnya bahasa Prancis yang kita bedah dalam artikel sebelum artikel ini, kursus bahasa Spanyol di Indonesia juga masih tersedia di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta. Pun demikian kursus tersebut juga masih diselenggarakan secara offline. Sehingga bagi anda yang berasal dari luar Jawa ataupun dari dalam pulau Jawa tetapi terkendala Covid19, anda akan menghadapi tantangan tambahan.

Kursus bahasa Spanyol di Indonesia juga didasarkan pada level level CEFR (the Common European Framework or Reference for Languages). Sehingga jika anda masih belajar bahasa Spanyol sebagai seorang pemula, anda harus masuk kelas A1. Sebaliknya jika anda sudah cukup ahli dalam bahasa ini, anda bisa masuk level C1.

Sebagaimana bahasa asing lain, bahasa Spanyol juga memiliki Proficiency test. Biasanya tes ini digunakan sebagai bukti anda menguasai bahasa Spanyol ketika anda ingin kuliah atau bekerja di Negara tersebut.

Nama tes kemahiran bahasa Spanyol ini adalah Diplomas de Español como Lengua Extranjera (DELE) atau dalam versi bahasa Inggrisnya berarti Diplomas of Spanish as a Foreign Language. Pada tahun 2015, DELE menyusun versi terbaru. Versi terbaru ini diberi nama Servicio Internacional de Evaluación de la Lengua Española (SIELE).

Meskipun demikian anda masih bisa mengambil DELE saja atau mengambil keduanya sekaligus. Namun sayangnya saat ini di Indonesia hanya satu lembaga yang menyediakan tes ini dan lembaga itupun terletak di Yogyakarta.

Jika anda berasal dari luar jawa terutama luar Yogyakarta dan ingin mengikuti kursus bahasa Spanyol, anda bisa mengikuti kursus bahasa ini di zowhy.com. Sebab pembelajaran bahasa Spanyol di zowhy.com  dapat anda ikuti secara online. Jadi, waktu dan jarak tidak akan menjadi kendala anda dalam belajar.

Meskipun demikian, anda tidak hanya dibiarkan belajar mandiri. Terdapat tutor tutor professional dan berpengalaman yang siap membantu anda belajar bahasa Spanyol.

baca juga

Materi pembelajaran bahasa Spanyol di zowhy.com berfokus pada praktik baik itu praktik bahasa Spanyol secara lisan maupun tulisan. Materi materi tersebut dapat anda ulang sesuai dengan keinginan anda. Sebab pembelajaran di zowhy.com akan direkam untuk bahan evaluasi baik evaluasi untuk penyelenggara kursus, tutor maupun siswa.

Anda juga akan diberi banyak latihan berkala yang menantang. Latihan ini ditujukan untuk mengevaluasi dan mempertahankan kemampuan anda dalam menggunakan bahasa Spanyol.

Selain belajar dengan menggunakan kursus berbayar, anda juga bisa mengakses puluhan video dan audio latihan gratis bahasa Spanyol melalui link yang penulis sematkan dalam catatan akhir artikel ini[iii]. Sehingga anda dapat belajar bahasa Spanyol terus menerus meskipun masa belajar anda bersama zowhy.com telah habis.

Belajar bahasa Spanyol terdengar cukup menantang bagi saya dan anda. Sebab bahasa ini terbilang tidak cukup banyak dipelajari di Indonesia. Akan tetapi karena hal ini juga lah tidak terlalu banyak orang Indonesia yang menguasai bahasa ini sebagai bahasa kedua atau ketiga. Dengan demikian jika kita belajar bahasa ini, kita akan memiliki keunggulan lebih dibanding tenaga kerja lain saat kita mencari kerja.

Jadi, Tunggu apalagi yuk belajar bahasa Spanyol di zowhy.com!


[i] https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_languages_by_total_number_of_speakers. Di akses pada tanggal 18 Oktober 2020.

[ii] https://www.encyclopedia.com/literature-and-arts/language-linguistics-and-literary-terms/language-and-linguistics/spanish-language#SPANISH. Di akses pada tanggal 18 Oktober

error: Content is protected !!