Kursus Bahasa Rusia di Indonesia

https://zowhy.com/ – Negara Rusia adalah salah satu Negara paling luas dan memiliki sejarah yang panjang di dunia. Negara yang dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet ini kini juga menjadi salah satu Negara eksportir minyak terbesar di dunia. Jadi bagi anda yang ingin memasuki jurusan pertambangan minyak, maka Rusia adalah salah satu destinasi pendidikan yang dapat anda pertimbangkan baik di level sarjana ataupun magister dan doktoral.

Mungkin salah satu faktor yang mencegah anda untuk belajar di Negara matroshka ini adalah kendala bahasa. Maklum, Rusia sebagaimana Negara bekas USSR yang lain tidak menggunakan tulisan latin seperti Indonesia. Melainkan Negara Negara tersebut menggunakan huruf Cyrillic yang notabene memang sulit untuk dibaca.

Namun sekalinya anda menguasai bahasa Rusia, maka akan banyak kesempatan terbuka untuk anda. Tidak hanya kesempatan untuk berwisata di Negara besar tersebut melainkan juga sebagai jasa translite mendalami kebudayaan Negara tersebut dan membuka kesempatan anda untuk  bekerja dengan orang orang dari Negara itu. Terlebih kini bahasa Rusia telah menjadi bahasa resmi yang digunakan oleh PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) aka United Nations (UN).

Salah satu cara yang bisa anda tempuh untuk menguasai bahasa Rusia adalah mengambil kursus dan tes bahasa Rusia di Indonesia. Akan tetapi sebelum membahas hal tersebut, artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai profil bahasa Rusia itu sendiri. Yuk simak!

Mengenal bahasa Rusia

Bahasa Rusia adalah bahasa resmi yang digunakan oleh Negara Rusia. Di samping bahasa Rusia penduduk Negara ini juga secara luas menggunakan bahasa daerahnya masing masing.

Karena dahulu bahasa ini merupakan bahasa resmi USSR secara de facto, maka tidak mengherankan apabila kini bahasa Rusia banyak dipahami dan digunakan oleh penduduk Negara Negara lain di luar Rusia yang dulunya memang bekas bagian Uni Soviet seperti Kazakhstan, Kyrgiztan, Ukraina, Belarusia, Latvia dan Negara Negara Eropa Timur dan Asia Tengah yang lain.

Menurut data dari laman ethnolouge.com sebagaimana di lansir dari laman Wikipedia.com[i], kini bahasa Rusia telah digunakan oleh sekitar 258 juta penduduk dunia. 150 juta diantaranya merupakan penutur asli bahasa tersebut. Sehingga bahasa ini dinobatkan sebagai bahasa dari Negara Negara Eropa yang memiliki penutur asli terbanyak.

Dalam hal grammar, setiap kosa kata dalam bahasa Rusia memiliki klasifikasi tertentu untuk gender baik itu untuk laki laki, perempuan maupun netral. Klasifikasi ini terlihat pada bentuk akhir kalimat.

Selain itu sebagaimana bahasa Inggris, bahasa Rusia juga memiliki tiga jenis tenses berdasarkan waktu yaitu past (yang telah lalu), present (sekarang) dan future (yang akan datang).  Kata kata dalam bahasa Rusia akan selalu berubah berdasarkan gender dan tenses-nya.

Dalam hal tes kemahiran, bahasa Rusia mengikuti standar yang ditetapkan dalam CEFR (the Common European Framework or Reference of Languages) yaitu level A1 dan A2 untuk kemampuan dasar, B1 dan B2 untuk kemampuan menengah dan C1 atau C2 untuk kemampuan mahir. Adapun nama tes kemahiran bahasa Rusia ini adalah Test of Russian as a Foreign Languages (TORFL).

Tes ini terdiri dari 5 bagian tes yaitu writing, grammar/vocabulary, reading, listening dan speaking. Durasi tes ini bermacam macam tergantung level tes yang anda ambil. Untuk level pemula durasi tes umumnya sekitar 3 jam 30 menit sedangkan untuk mahir, durasi tes bisa mencapai 4 jam 55 menit.

Pengerjaan tes ini akan dibagi menjadi dua hari. Hari pertama, bagian yang akan diujikan adalah bagian listening, reading dan grammar/vocabulary.Sedangkan pada hari kedua anda akan dites kemampuan menulis dan berbicara anda dalam bahasa Rusia.

Saat ini tes kemahiran bahasa Rusia tersebut sudah ada di berbagai Negara di dunia. Namun sayangnya hingga tulisan ini dibuat, tes ini belum tersedia untuk pasar Indonesia.

Kursus Bahasa Rusia di Indonesia

Bahasa Rusia bukanlah bahasa asing yang populer dan banyak di pelajari di Indonesia. Oleh karena itu jumlah kursus bahasa Rusia di negeri ini masih sangat minim. Padahal peminat bahasa Rusia diperkirakan terus akan melonjak mengingat bahwasanya pemerintah Negara Rusia melalui Kedubes Rusia di Jakarta menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Negara tirai besi tersebut.

Tidak hanya jumlahnya yang sangat sedikit, kursus bahasa Rusia di Indonesia juga masih tersedia secara offline di empat kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bekasi, Yogyakarta dan Bali. Jadi, jika anda ingin belajar bahasa ini secara langsung, mau tidak mau anda harus pergi ke salah satu dari empat kota tersebut.

Sebenarnya ada alternatif kursus bahasa Rusia yang dapat anda pilih yitu melalui kursus online. Namun demikian mayoritas kursus online tersebut masih diragukan kapabilitasnya.

Apabila anda tertarik untuk belajar bahasa Rusia dan terkendala lokasi dan pandemi Covid19 seperti saat ini, anda bisa mengambil kursus bahasa Rusia daring di zowhy.com. Sebab kursus bahasa Rusia di lembaga ini terjamin kualitasnya.

Anda tidak hanya akan diberi materi mengenai bagaimana menulis dengan huruf Cyrillic yang baik dan benar tetapi juga diajari  mengenai bagaimana cara berbicara dan bergaul dengan orang Rusia. Anda juga akan diajar oleh tutor tutor profesional yang sudah berpengalaman mengajar bahasa Rusia.

Salah satu keuntungan belajar bahasa Rusia di zowhy.com adalah anda dapat mengulang ulang materi yang belum anda pahami. Sebab kursus di zowhy.com selain dapat di akses di mana pun dan kapanpun juga direkam untuk keperluan evaluasi baik oleh tutor, oleh penyelenggara kursus maupun evaluasi yang anda lakukan untuk diri anda sendiri.

Di samping belajar langsung dengan tutor dalam sebuah kursus, anda juga bisa belajar secara mandiri dengan banyak banyak mendengarkan musik, podcast atau film berbahasa Rusia. Sebab saat ini Rusia juga menjadi salah satu Negara terkemuka di bidang perfilman. Adapun untuk penyanyi berbahasa Rusia yang penulis rekomendasikan untuk anda coba dengarkan adalah Dimash Kudaibergenov,  Daneliya Tuleshova dan Jamala.

Belajar bahasa Rusia bisa jadi memiliki tantangan tersendiri bagi penulis maupun anda. Karena bahasa Rusia tidak hanya asing secara bunyi melainkan juga asing secara tulisan. Namun dengan perkembangan teknologi dan globalisasi seperti ini, bukannya tidak mungkin bagi kita untuk belajar bahasa ini dengan lebih mudah dan mengasyikkan. Selamat Belajar!


[i] https://en.wikipedia.org/wiki/Russian_language#cite_note-29. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2020.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!