Kursus Bahasa Mandarin

zowhy.comkursus Bahasa Mandarin merupakan salah satu skill yang banyak diminati untuk dipelajari oleh anak muda jaman sekarang. Bahasa Mandarin terkenal banyak digunakan di seluruh dunia, bahkan jumlah penggunanya melebihi Bahasa Inggris.

Selain itu, penggunaan Bahasa Mandarin juga sangatlah luas, bisa mencakupi banyak daerah dan banyak industri. Inilah yang menyebabkan kemampuan berbahasa Mandarin tidak akan sia-sia.

Bagi orang Indonesia, belajar Bahasa Mandarin mungkin bisa terkesan sulit. Pertama, huruf-huruf yang digunakan akan berbeda, selain itu cara pengucapannya juga cukup sulit dilakukan dengan lidah orang Indonesia.

Berikut adalah beberapa tips dan trik ampuh belajar Bahasa Mandarin untuk para pemula:

Tentukan tujuan yang jelas Kursus Bahasa Mandarin

Sudah ada banyak kasus dimana para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin menyerah di tengah jalan karena tidak tahan dengan tingkat kesulitannya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dimulai dengan menentukan tujuan yang jelas sebelum mulai belajar.

Ada berbagai tujuan yang biasanya menajdi alasan orang mulai belajar Bahasa Mandarin. Ada yang untuk mencari pekerjaan atau untuk memenuhi CV, ada yang untuk keperluan bisnis pribadi, ada juga yang belajar untuk keperluan mengurus pendaftaran kuliah.

Jika memiliki target atau tujuan yang jelas, seberapa sulit pun Bahasa ini, pasti bisa dilewati dengan baik demi tercapainya tujuan tersebut. Selain itu, dengan tujuan yang jelas, wilayah kebahasaan yang dipelajari pun bisa lebih jelas sehingga bisa menambah keefektifan dalam belajar.

Kursus Bahasa Mandarin Pelajari Pinyin

Dalam Bahasa Mandarin dikenal sistem romanisasi untuk membantu pembacaan huruf Mandarin. Sistem ini dikenal dengan istilah Hanyu Pinyin atau biasa disebut Pinyin.

Bagi para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin, penting untuk mulai belajar dengan mempelajari sistem Pinyin ini. Pinyin biasanya akan diajarkan di tempat kursus yang bertempat di luar negara berbahasa Mandarin, karena di negara asalnya sistem ini belum tentu akan diajarkan.

Pinyin akan sangat membantu pemula dalam mengucapkan intonasi yang tepat dalam pembacaan huruf-huruf Bahasa Mandarin. Kesalahan intonasi bisa berakibat fatal karena bisa merubah maksud dari arti dari setiap kalimat.

Karena itulah intonasi atau nada sangatlah penting dalam belajar Bahasa Mandarin. Dalam Bahasa Mandarin dikenal 4 nada yang berbeda.

Berlatih mengenali dan mengucapkan keempat nada ini dengan benar akan sangat diperlukan sebelum anda praktek berbicara dalam Bahasa Mandarin. Keempat nada itu secara sederhana bisa dibagi menjadi nada datar, nada tinggi atau naik, nada melengkung atau naik turun, dan nada turun.

Setiap nada ini memiliki cara penulisannya tersendiri yang bisa dikenali pada setiap tulisan latin dari Bahasa Mandarin yang menggunakan sistem Pinyin. Inilah sebabnya mempelajari Pinyin bisa memudahkan untuk lebih lanjut lagi belajar mengenali nada-nada dalam Bahasa Mandarin.

baca juga

Kursus Bahasa Mandarin Mulai dengan kosakata dasar

Seperti pada saat belajar Bahasa asing lain, belajar Bahasa Mandarin pun tidak jauh berbeda triknya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai dari kosakata-kosakata dasar yang mudah diingat.

Biasanya yang menjadi target pertama adalah kalimat-kalimat sapaan dan juga perkenalan diri. Contohnya selamat pagi, siang, dan malam, halo, terima kasih, dan juga cara memperkenalkan nama, umur, asal, dll.

Setelah cukup mahir dan bisa mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari bisa dilanjut dengan mempelajari kosakata dasar lain seperti angka, nama-nama hari, cara membaca waktu, dll.

Jika kosakata dasar sudah dikuasai dengan baik, akan mempermudah saat mulai lanjut mempelajari cara merangkai kalimat nantinya.

Kursus Bahasa Mandarin Belajar mengenal Hanzi

Hanzi adalah sebutan untuk karakter atau huruf yang digunakan dalam Bahasa Mandarin. Sama seperti pada Bahasa Jepang, setiap karakter Hanzi terkenal dengan perpaduan garis yang rumit dan urutan penulisan yang membingungkan.

Menurut penelitian, ada sekitar 2.600 karakter Hanzi yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain itu masih ada sekitar seribu lebih karakter Hanzi lain yang cukup jarang digunakan. Bayangkan saja harus menghapalkan cara penulisan yang berbeda-beda untuk karakter sebanyak itu.

Trik bagi pemula adalah dengan belajar mengenali atau membaca Hanzi terlebih dahulu sebelum belajar cara menulisnya. Dengan begini anda diharapkan juga belajar karakteristik garis untuk setiap hurufnya.

Setelah bisa mengenali karakter Hanzi, sekarang mulai belajar cara menulisnya. Sebagai permulaan, anda bisa mempelajari Hanzi yang sederhana terlebih dahulu, biasanya yang terdiri dari beberapa kombinasi garis saja.

Setelah sudah bisa menguasainya, bisa lanjut dengan mempelajari Hanzi yang lebih sulit tapi yang merupakan gabungan dari beberapa Hanzi sederhana yang sudah dipelajari sebelumnya. Dengan begini anda bisa belajar cara mengenali dan juga membedakannya.

Dalam mempelajari Hanzi perlu ketekunan untuk terus berlatih menulis dan membaca sehingga lama kelamaan akan terbiasa dan mahir menggunakan Hanzi dalam kehidupan sehari-hari.

Bicara dalam Bahasa Mandarin

Salah satu skill penting yang tidak bisa dilewatkan saat belajar Bahasa asing adalah belajar teknik speaking atau berbicara. Karena kerumitannya, dari segi nada dan susunan kalimat, berbicara dalam Bahasa Mandarin perlu perhatian khusus.

Cara yang paling efektif tentunya dengan praktek berbicara dengan guru atau teman yang mahir berbahasa Mandarin. Tapi jika tidak ada, anda masih bisa menyiasati dengan mencari lawan berbicara melalui sosial media atau berbagai aplikasi belajar Bahasa asing yang banyak tersedia.

Selain itu, mendengarkan berbagai audio berbahasa Mandarin, beberapa yang bisa dijadikan sumber adalah acara tv, radio, berita, ataupun video dari Youtube. Tata Bahasa atau grammar dalam Bahasa Mandarin sebenarnya tidak memiliki banyak aturan.

Bahasa Mandarin menggunakan tipe grammar analitis yang disesuaikan dengan konteks kalimat. Ini mungkin akan menyulitkan bagi yang terbiasa dengan grammar terstruktur seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Salah satu cara paling cepat untuk mempelajari struktur Bahasa Mandarin adalah dengan banyak membaca dan mendengarkan kalimat dalam Bahasa Mandarin. Untuk praktek membaca bisa menggunakan koran, majalah, artikel di internet, komik, atau buku berbahasa Mandarin.

Ikut kursus Bahasa Mandarin

Dibandingkan dengan belajar secara otodidak, mengikuti kursus Bahasa Mandarin memiliki banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah kurikulum pembelajaran yang terstruktur dan tenaga pengajar yang profesional.

Selain itu, sistem pembelajaran di kursus juga bisa disesuaikan dengan tujuan belajar anda, misalnya untuk keperluan mengambil ujian sertifikasi Bahasa atau hanya ingin belajar tingkat dasar saja. Di tempat kursus juga anda bisa bertemu dengan teman-teman lain yang sama-sama belajar Bahasa Mandarin.

Salah satu tempat kursus yang terkenal dan terbukti kualitasnya adalah di Lister.co.id.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

You May Also Like