Kursus Bahasa Jepang Online

Kursus Bahasa Jepang Online ,

Jepang merupakan salah satu negara besar di Asia yang sudah melebarkan sayapnya di berbagai bidang. Semua orang pasti pernah mendengar pengaruh Jepang yang sangat luas, terutama di bidang bisnis, teknologi, dan hiburan.

Ini membuat banyak orang mulai tertarik untuk mempelajari Bahasa Jepang demi bisa lebih mendalami kebudayaan Jepang. Tapi tidak semudah itu, karena Bahasa Jepang ternyata merupakan salah satu Bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia.

Mengapa Bahasa Jepang Dianggap Sulit Untuk Dipelajari?

Kira-kira apa yang membuat belajar Bahasa Jepang menjadi sangat sulit? Berikut adalah beberapa alasannya:

Tingkat formalitas yang rumit

Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi kesopanan. Hal ini juga tercermin dari penggunaan bahasanya.

Dalam Bahasa Jepang semua kata dan kalimat memiliki dua versi, yaitu formal dan informal. Dalam prakteknya, penggunaannya akan tergantung pada situasi pada saat pembicaraan dan juga siapa lawan bicaranya.

Bahasa yang digunakan akan berbeda pada saat berbicara dengan orang yang setara dan orang yang tingkatannya lebih tinggi. Orang yang setingkat misalnya adalah teman sebaya, orang yang lebih muda, atau orang lain yang sudah dianggap teman.

Orang yang tingkatannya lebih tinggi misalnya adalah orang yang lebih senior, orang yang memiliki jabatan lebih tinggi, atau orang yang lebih tua. Karena banyaknya aturan formalitas yang berlaku, ini juga menjadi salah satu alasan Bahasa Jepang cukup sulit untuk dipelajari.

Perlu diingat juga bahwa orang Jepang tidak terlalu suka dengan orang yang berbicara tidak sesuai kaidah formalitas yang sesuai, karena dianggap tidak sopan. Kabar baiknya adalah walaupun memiliki tingkatan formalitas yang cukup rumit, tata Bahasa dalam Bahasa Jepang terhitung sederhana.

Jika dibandingkan dengan Bahasa Inggris yang memiliki banyak aturan tenses, aturan tata Bahasa dalam Bahasa Jepang akan terasa lebih sederhana.

Huruf kanji yang terlalu banyak

Dalam Bahasa Jepang mengenal tiga jenis huruf, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah hiragana dan katakana, tapi kanji juga terkadang digunakan.

Pemula dalam Bahasa Jepang biasanya akan diajarkan terlebih dahulu huruf hiragana dan katakana, setelah itu baru lanjut ke huruf kanji. Banyak orang yang hampir menyerah saat mempelajari huruf-huruf kanji karena hurufnya yang banyak dan cara penulisannya yang rumit.

Tapi kabar baiknya adalah, huruf kanji tidak terlalu banyak digunakan dalam prakteknya, tapi masih tetap harus dipelajari. Bahkan jaman sekarang orang Jepang asli pun masih banyak yang tidak hafal dengan huruf-huruf kanji.

Kunci dalam mempelajarinya adalah dengan banyak berlatih, baik teknik pengucapan, teknik penulisan, hingga penggunaannya dalam kalimat. Dengan banyak berlatih maka lama kelamaan akan menjadi terbiasa dalam menggunakan huruf kanji.

Ada banyak logat

Salah satu teknik belajar yang bisa digunakan dalam belajar Bahasa Jepang adalah dengan banyak praktek mendengarkan. Sumbernya bisa melalui film, anime, berita, radio, video di Youtube, atau acara-acara tv berbahasa Jepang.

Yang menjadi permasalahan adalah, terkadang orang Jepang memiliki logat bicara yang membuat perkataannya sulit dipahami oleh orang asing. Hal ini akan sangat terasa jika melihat acara-acara seperti reality dan variety show atau di beberapa film Jepang.

Ini tentunya akan sangat menyulitkan bagi orang yang ingin belajar memahami arti dari perkataan mereka. Kebanyakan kendalanya adalah karena orang Jepang banyak yang suka berbicara dengan cepat sehingga pengucapannya tidak terlalu jelas.

Cara untuk mengatasinya ada dua, yang pertama adalah dengan menonton menggunakan subtitle. Jika tidak bisa menangkap apa yang dikatakan, kita masih bisa mengetahui artinya dari subtitle yang ada.

Cara yang kedua adalah mengulangi. Jika kita sedang menonton film atau video berbahasa Jepang, kita bisa memutar kembali dan mengulangi bagian perkataan yang tidak bisa kita dengar dengan jelas.

Cara ini mungkin bisa sedikit merepotkan, tapi pasti akan berguna dalam proses pembelajaran. Cara ini juga bisa digunakan saat berbicara dengan orang Jepang yang logat berbicaranya sangat kental sehingga kita tidak bisa mendengar dengan jelas perkataannya.

Banyak kata yang memiliki arti sama

Kendala ini akan banyak dialami pada saat berkomunikasi secara lisan. Dalam Bahasa Jepang ada banyak kata yang cara pengucapan dan pembacaannya sama, tapi artinya berbeda.

Inilah sebabnya perlu konsentrasi ekstra saat bicara dalam Bahasa Jepang, karena jika tidak akibatnya bisa fatal. Masalah ini bisa diatasi dengan merubah cara komunikasi menjadi tertulis.

Kata-kata yang artinya sama tadi memiliki teknik penulisan yang berbeda, sehingga akan lebih mudah diartikan jika melihat dari tulisannya. Cara lain yang bisa dicoba adalah mencoba mencocokkan arti kata tersebut dengan konteks kalimat yang sedang dibicarakan, sehingga bisa menghindari kesalahpahaman.

Sistem penulisannya yang sulit

Sistem penulisan berbagai huruf dalam Bahasa Jepang merupakan hasil adaptasi dari karakter-karakter dalam Bahasa Mandarin. Inilah yang menyebabkan huruf-huruf ini terlihat rumit dari segi penulisannya.

Bagi para pemula, biasanya akan belajar menggunakan buku latihan menulis Bahasa Jepang. Di dalamnya akan ada banyak bagian latihan menulis termasuk teknik menulis dengan bantuan titik-titik seperti pada saat kita pertama kali belajar menulis alfabet.

Beberapa buku latihan bahkan dilengkap urutan langkah-langkah menulis yang benar. Ini tentunya sangat membantu para pemula dalam belajar Bahasa Jepang.

Jenis huruf yang penulisannya paling rumit adalah huruf kanji yang jika tidak dilihat dengan baik, setiap garis yang membentuk hurufnya akan terkesan saling tumpang tindih dan tidak jelas. Ini biasanya menyebabkan banyak kesalahan pembacaan yang bisa berakibat fatal.

Ramah dengan orang asing

Jika beberapa kendala di atas mulai membuat anda semakin ragu untuk belajar Bahasa Jepang, jangan takut karena ternyata orang-orang Jepang itu sangat ramah terhadap orang asing. Jepang sudah terbiasa didatangi banyak wisatawan asing setiap harinya, sehingga warga lokal pasti sudah terbiasa.

Tidak semua wisatawan yang datang bisa berbahasa Jepang, sehingga orang asli Jepang kebanyakan justru akan merasa senang saat ada wisatawan yang terlihat sedang belajar Bahasa Jepang. Jadi tidak perlu takut lagi untuk memulai pembicaraan walaupun Bahasa Jepang anda belum sempurna.

Bahkan terkadang, mereka akan membantu membenarkan jika anda melakukan kesalahan.

Salah satu cara yang paling efektif dalam belajar Bahasa Jepang adalah dengan mengikuti kursus bahasa jepang yang sudah terpercaya. Melalui lembaga kursus, anda dijamin akan mendapatkan metofe belajar yang terbaik dan diajar oleh tenaga pengajar profesional, salah satunya adalah di zowhy.com.

zowhy.com memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. zowhy.com juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jepang.

Di zowhy.com tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!