Kursus Bahasa Italia di Indonesia

kbi – Negara Itali adalah salah satu Negara di Eropa barat yang memiliki title sebagai Negara cantik selain Negara Prancis. Title tersebut bukan berarti omong kosong. Negara Italia memang banyak memiliki destinasi wisata ciamik di seluruh dunia.

Selain memiliki destinasi wisata yang cantik, Negara Italia juga memiliki banyak warisan budaya dari salah satu peradaban tertua di dunia yaitu peradaban Romawi. Walaupun bukan bagian dari Negara ini, Negara kota Vatikan sebagai pusat pengajaran utama agama Kristen di seluruh dunia juga dekat dari Italia. Sehingga Negara ini cocok untuk anda yang ingin belajar sejarah dan keagamaan sekaligus berwisata.

Bahasa resmi Negara ini hanyalah satu yaitu bahasa Itali. Sebagaimana bahasa Prancis dan bahasa Spanyol, bahasa Itali merupakan turunan dari bahasa Latin. Bahkan dibanding dengan kedua bahasa lainnya diatas, bahasa Itali adalah bahasa yang paling dekat dengan bahasa Latin.

Bahasa ini adalah salah satu bahasa penting di Eropa. Mengingat bahasa ini adalah salah satu bahasa yang resmi digunakan sebagai bahasa pengantar oleh dewan Eropa (Council of Eropa). Namun demikian, bahasa ini bukan salah satu bahasa resmi yang dipakai di Persatuan Bangsa Bangsa atau United Nations (UN).

Bahasa Itali seringkali juga diidentifikasi sebagai bahasa seni. Sebab pada jaman dahulu, bahasa Latin sebagai bahasa pendahulu bahasa Itali banyak digunakan dalam seni baik itu seni teater, seni musik dan seni lainnya.

Bahasa Itali kadangkala juga diidentifikasi sebagai bahasa keagamaan terutama keagamaan Kristen katolik roma. Sebab bahasa ini adalah bahasa resmi yang digunakan dalam berbagai literatur keagamaan agama tersebut.

Artikel ini akan membahas mengenai bahasa Itali dan seluk beluknya seperti tata bahasa, jumlah penutur asli hingga mengapa anda lebih baik menguasai bahasa ini dan mengambil kursus bahasa ini di Indonesia.

Contents

Mengenal bahasa Itali

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, bahasa Itali merupakan bahasa yang satu rumpun dengan bahasa Spanyol dan bahasa Prancis. Namun demikian berbeda dengan kedua bahasa tersebut terutama bahasa Prancis, bahasa Itali cenderung diucapkan dengan bunyi yang sama sesuai dengan huruf yang tertulis.

Bahasa ini juga tidak hanya digunakan di Italia saja melainkan juga digunakan secara luas oleh kelompok kelompok tertentu di Swiss, beberapa bagian dari benua Afrika dan Negara Negara Eropa secara umum. Secara keseluruhan total pengguna bahasa ini lebih dari 80 juta jiwa di seluruh dunia dengan 70 juta diantaranya adalah penutur asli. Sehingga jika anda mempelajari bahasa ini, anda tidak hanya dapat menggunakannya di Italia saja melainkan juga Negara lain di luar Italia.

Bahasa Itali memiliki struktur tata bahasa yang kurang lebih sama dengan bahasa Spanyol dan bahasa Prancis. Hanya saja bahasa Itali tidak memiliki kata benda atau kata kerja yang mewakili jumlah secara spesifik. Dalam hal ini bahasa Itali sama dengan bahasa Inggris hanya membedakan jumlah subyek dan obyek secara umum kedalam format singular dan plural.

Hal yang membedakan bahasa Itali dengan ketiga bahasa lainnya diatas adalah bahasa Itali memiliki struktur bahasa yang ditujukan untuk menghormati orang yang lebih tua atau lebih terhormat (istilah bahasa jawanya adalah bahasa Kromo alus). Hal lain yang menjadi irisan bahasa Itali dengan bahasa Spanyol dan bahasa Prancis adalah penggunan kosa kata untuk mendefinisikan gender. Dalam hal ini bahasa Itali memiliki aturan tersebut seperti halnya bahasa Prancis, namun bahasa Spanyol tidak. Untuk lebih lengkapnya mengenai perbedaan ketiga bahasa ini, anda bisa mengunjungi link yang telah penulis sematkan di akhir artikel[i].

Oleh karena itu, meskipun dengan menguasai bahasa Spanyol atau bahasa Prancis anda dapat cukup terbantu saat anda belajar bahasa Itali anda tetap harus mengkaji bahasa Itali sebagai bahasa tersendiri. Karena walau bagaimanapun ketiga bahasa tersebut berbeda satu sama lain dan berkembang seiring waktu.

Kursus bahasa Italia di Indonesia

Meskipun termasuk bahasa penting di Uni Eropa, bahasa Itali bukan bahasa resmi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Lain halnya dengan bahasa Spanyol dan bahasa Prancis. Oleh sebab itu tidak mengherankan apabila jumlah kursus bahasa Itali di Indonesia relatif lebih kecil dibanding kedua bahasa saudaranya tersebut. Terlebih lagi mengingat bahwa Negara Itali juga bukan Negara yang menjadi salah satu destinasi pendidikan utama mahasiswa Indonesia.

Namun demikian, jika anda tertarik untuk mempelajari bahasa ini, anda bisa mengikuti kursus bahasa Itali di zowhy.com. Lembaga ini menyediakan pembelajaran bahasa Itali yang komprehensif khusus untuk anda.

Anda tidak hanya akan diajari mengenai tata bahasa dan cara menulis dalam bahasa Itali dengan baik dan benar melainkan juga diajari bagaimana cara menggunakan bahasa Itali dalam percakapan sehari hari.

Materi materi tersebut didukung dengan latihan yang terus menerus sehingga anda  akan terkena eksposure bahasa Itali yang cukup untuk anda gunakan sebagai bekal pariwisata atau menmpuh studi di Negara maju tersebut.

Sebagaimana bahasa Eropa lainnya, kemahiran bahasa Itali juga diukur dengan standar CEFR (Common European Reference or Framework for Languages). Sehingga saat tes penempatan kursus di zowhy.com anda akan diberi kelas yang sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda masuk ke kelas A1, itu artinya anda masih belajar bahasa Itali sebagai pemula. Namun jika anda ditempatkan di kelas C1, itu artinya pihak penyelenggara kursus menilai anda sudah mahir dalam bahasa Itali.

Kursus bahasa Itali di zowhy.com disajikan melalui medium video conference. Jadi, anda dapat melangsungkan kursus di mana saja dan kapan saja sesuai keinginan anda sepanjang anda memiliki koneksi internet yang bagus. Keuntungan dari kursus online adalah ana tidak perlu kelokasi kursus sehingga pandemic Covid19 tidak akan menjadi halangan anda untuk belajar bahasa Italia.

baca juga

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan metode kursus seperti ini adalah anda dapat mengulang ulang materi yang belum anda mengerti secara bebas bahkan ketika masa kursus anda di zowhy.com sudah selesai. Selain itu, umumnya kursus secara daring juga memiliki biaya yang lebih terjangkau dibanding kursus secara luring (offline). Terlebih saat ini zowhy.com menawarkan kursus bahasa Itali dengan diskon 50% untuk anda yang mendaftar paling cepat.

Meskipun diselenggarakan secara daring dan relatif terjangkau, kualitas kursus bahasa Italia di zowhy.com tetap dapat dipertanggung jawabkan. Sebab materi kursus di lembaga ini adalah materi materi yang terus mengalami pembaharuan menyesuaikan dengan kemampuan peserta kursus. Lain daripada itu, kursus bahasa apapun di zowhy.com akan diampu oleh tutor tutor professional yang berpengalaman di bidangnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kursus bahasa Italia di zowhy.com!


[i] https://en.wikipedia.org/wiki/Italian_language#Grammar. Di akses pada tanggal 18 Oktober 2020.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!