Kursus Bahasa Asing Di Indonesia

zowhy.com – Saat ini kursus bahasa asing di Indonesia tidak hanya kursus bahasa Inggris saja melainkan juga bahasa asing lainnya terutama bahasa resmi PBB seperti bahasa Arab, bahasa Spanyol, bahasa Prancis dan lain lain. Akan tetapi kita tidak dapat memungkiri bahwasanya kurikulum kursus bahasa Inggris merupakan kurikulum dengan struktur yang paling lengkap.

Kursus bahasa Inggris memiliki struktur yang terperinci mulai dari kualifikasi tutor hingga susunan rencana pembelajaran dan tes kemahiran. Oleh karena itu tidak heran jika kursus bahasa Inggris menjadi percontohan untuk kursus bahasa asing yang lainnya di Indonesia.

Menurut laman wikipedia.org[1],  sekitar 99 negara didunia memiliki tes profisiensi sendiri sendiri termasuk bahasa Indonesia dan bahasa asing yang banyak dipelajari di Indonesia seperti bahasa Arab, bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Akan tetapi tidak semua tes profisiensi untuk bahasa bahasa tersebut tersedia di Indonesia bahkan untuk beberapa tes profisiensi bahasa Inggris juga masih belum ada di negara ini.

Masih menurut laman tersebut, sebenarnya bahasa Inggris memiliki jauh lebih banyak tes kemahiran dari yang selama ini kita kenal.  Umumnya orang Indonesia cukup familiar dengan tes TOEFL (Test of English as Foreign Language) atau tes IELTS (International English Language Testing System).

Hal ini wajar karena kita dapat menemukan penyelenggara tes tersebut  di seluruh Indonesia. Kedua tes tersebut diterima secara luas baik secara nasional maupun Internasional. Diterima baik oleh institusi akademis maupun perusahaan.

Kursus Bahasa Inggris Sebagai Contoh Kursus Bahasa Asing Lain di Indonesia

Namun tahukah anda jika bahasa lain selain bahasa Inggris juga memiliki tes kemahiran tersendiri? . Misalnya bahasa Arab  dan bahasa Belanda. Bahasa Arab memiliki tes kemahiran yang bernama The Arabic Language Proficiency Test (ALPT).

The Arabic Language Proficiency Test (ALPT) adalah  tes kemahiran bahasa Arab yang disusun oleh  Arabic Academy pada tahun 2002 dan didukung oleh 56  negara yang tergabung dalam Islamic Chamber of Commerce Industry (ICCI).  Meskipun demikian tes kemahiran bahasa Arab ini nampak kurang populer di Indonesia.

Padahal masyarakat Indonesia banyak yang belajar bahasa Arab sebagai bahasa ketiga setelah bahasa daerah dan bahasa Indonesia.  Selain itu banyak juga masyarakat Indonesia yang ingin kuliah atau bekerja di negara negara Timur Tengah terutama untuk kuliah  dan bekerja dibidang keagamaan.

Sedangkan uji kemahiran bahasa belanda atau yang disebut dengan Nederlands als Tweede Taal (NT2) sudah banyak tersedia di Indonesia. Namun popularitas tes ini masih sebatas pada individu individu yang ingin tinggal atau kuliah di negara kincir angin itu saja. Padahal dengan memiliki sertifikat tes ini, anda bisa meningkatkan kualifikasi karir anda baik untuk bekerja di perusahaan nasional maupun perusahaan Internasional.

baca juga

Khusus untuk tes profisiensi bahasa Arab, Indonesia telah mengembangkan tes sendiri bernama tes TOAFL (Test of Arabic as Foreign Language). Tes ini dikembangkan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada awal dekade 2000an. Saat ini tes tersebut banyak digunakan untuk kalangan internal banyak perguruan tinggi keagamaan diseluruh Indonesia sebagai metode penempatan mahasiswa baru dan sebagai prasyarat kelulusan mahasiswa.

Namun demikian masih belum ada informasi terperinci mengenai apakah tes ini diterima sebagai salah satu tes bahasa Arab untuk level Internasional atau belum. Selain itu belum juga ada informasi mengenai universitas mana saja di Timur Tengah yang menerima sertifikat tes ini sebagai bukti  kemampuan bahasa Arab.

Disamping kredibilitas hasil tes,  pengembang tes TOAFL, Pusat Bahasa UIN Jakarta, juga tidak memberikan kejelasan mengenai bagaimana cara mengontrol kualitas tes ini. Bahkan UIN Jakarta baru mmegang lisensi pengembangan tes ini pada tahun 2019 yang lalu.

Hal ini jelas berbeda dari tes kemahiran bahasa Inggris. Baik TOEFL maupun IELTS adalah tes yang diterima secara luas oleh banyak perguruan tinggi bergengsi di seluruh dunia. Soal TOEFL (iBT) dan soal IELTS juga dibuat langsung oleh pengembang kedua tes tersebut yaitu ETS untuk TOEFL dan IELTS.org untuk IELTS. Jadi kualitas soal terjamin dan soal memiliki kemungkinan kecil untuk bocor atau terulang.

Disamping memang kebutuhan akan bahasa Inggris terus meningkat setiap tahunnya, TOEFL dan IELTS populer di Indonesia karena penyelenggara kedua tes tersebut terdapat diberbagai kota di Indonesia dan tidak hanya bergantung pada tes online. Kedua lembaga pengembang tes ini bekerja sama dengan berbagai institusi di Indonesia untuk menyediakan tes yang kredibel.

baca juga

Kursus bahasa Inggris juga unggul dalam hal seleksi pengajar. Bahasa Inggris memiliki pelatihan dan sertifikat khusus untuk pengajar bahasa Inggris. Sertifikat dan pelatihan tersebut bernama sertifikat TEFL (Teaching English as Foreign Language) atau TESOL (Teaching English as Second or Foreign Language).

Dengan demikian kursus bahasa Inggris yang memiliki  tutor yang memegang sertifikasi ini dapat dipastikan merupakan kursus bahasa Inggris yang kredibel. Sebab tutor yang dipilih tidak hanya berdasarkan pengalamannya tinggal di negara berbahasa Inggris melainkan juga dipilih berdasarkan pengalamannya mengajar bahasa Inggris di negara non-English Speakers di luar Indonesia.

Lain halnya dengan bahasa lain seperti bahasa Arab. Umumnya tutor yang dipilih merupakan orang Indonesia yang sudah fasih berbahasa Arab atau native speaker yang biasanya merupakan dosen dari Timur Tengah. Sehingga bisa jadi dosen tersebut belum pernah mengajar bahasa Arab diluar negara negara Timur Tengah atau negara negara teluk jadi belum terbiasa menghadapi pelajar bahasa Arab sebagai bahasa kedua.

zowhy Dengan Tutor Kualifikasi

Salah satu lembaga kursus yang memiliki tutor kualifikasi ini adalah zowhy.com. Namun demikian anda tidak perlu risau jika anda ingin mengambil kursus bahasa lain di lembaga ini. Sebab zowhy.com memastikan semua pengajar baik untuk kursus bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya merupakan pengajar yang kredibilitasnya telah diakui.

zowhy.com juga memastikan materi dan soal tes telah disusun secara benar dan tepat untuk anda yang ingin belajar bahasa asing apapun di lembaga ini. Entah itu bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Jadi jika anda kebingungan untuk menentukan mana lembaga kursus yang terjamin kualitas baik pengajar maupun materinya, maka zowhy.com adalah jawaban untuk anda.

Bahasa Inggris adalah Lingua Franca masyarakat dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kursus bahasa Inggris diseluruh dunia memiliki struktur yag rapi baik dari sisi pengelolaan maupun quality control termasuk di Indonesia.

Harapannya kursus bahasa asing lainnya di Indonesia juga memiliki hal hal diatas yaitu: pengajar yang tersertifikasi, tes profisiensi yang terkontrol dengan baik serta hasil tes yang dapat digunakan untuk sekolah dan bekerja baik didalam maupun diluar negeri.


[1] https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_language_proficiency_tests. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2020.

error: Content is protected !!