KURSUS ACADEMIC ESSAY

https://zowhy.com/ Mahasiswa di sebuah Unversitas biasanya melakukan kegiatan penulisan, untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka.  Untuk mereka yang suka menulis, Academic Essay adalah kegiatan menulis yang bisa dilakukan.  Apa itu Academic Essay? Dan bagaimana cara menulisnya? Berikut adaah informasinya.

Apa Itu Academic Essay?

Academic Essay adalah sebuah tulisan  yang ditulis , sekitar  500 kata panjangnya. Tulisan ini  digunakan untuk menyampaikan ide atau gagasan,  dari mahasiswa atau pelajar.  Selain itu , mahasiswa atau pelajar juga dapat berkreativitas lewat tulisan.

Agar membuat tulisan  Academic Essay  menjadi bagus, Academic Essay harus terdapat sebuah topik pembahasan. Setelah menentukan topik pembahasan, baru Academic Essay ditulis dengan struktur yang baik dan bahasa yang bagus.

Manfaat Academic Essay

Academic Essay sangat bermafaat bagi kita semua.   Ada beberapa manfaat dari Academic Essay, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengasah Kemampuan Dari Mahasiswa atau Pelajar

Academic Essay digunakan untuk mengasah kemampuan , dan juga kreativitas dari seorang mahasiswa atau pelajar.Lewat sebuah tulisan, mahasiswa dapat menyampaikan gagasan atau pemikiran pemikirannya.

Jika kamu suka dengan penulisan, menulis academic Essay adalah hal yang bisa kamu lakukan.  Lewat Academic Essay, wawasan kamu akan terbuka terhadap suatu hal.  Kamu juga bisa menulis tema apapun, lewat Academic Essay ini.

  • Dapat digunakan Untuk Mengajukan Beasiswa

Untuk bisa kuliah dan dapat beasiswa di luar negeri, membuat Academic Essay adalah salah satu syarat yang diperlukan.   Academic Essay diperlukan untuk mengajukan beasiswa, supaya pihak kampus mengetahui sejauh mana kemampuan kamu .

Kemampuan yang dilihat oleh pihak kampus lewat Academic Essay adalah,  bagaimana kamu bisa berpikir kritis.  Dengan cara berpikir kritis, kamu bisa mendapat pengetahuan yang lebih luas.

  • Bisa Menambah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu

Jika kamu ingin menambah kemampuan Bahasa Inggris kamu, kamu dapat menulis Academic Essay dengan Bahasa Inggris.  Kamu dapat memilih  kosakata Bahasa Inggris yang baik dan juga benar, sehingga tulisan kamu menjadi bagus.  

Jenis Academic Essay

Ada beberapa jenis Academic Essay , berikut adalah penjelasannya:

  1. Narasi  Essay  

Narasi Essay adalah sebuah  essay  atau tulisan yang berisi sebuah narasi.  Topik yang bisa kamu ambil untuk Narasi Essay adalah, cara kita merawat lingkungan supaya bersih.  Lewat Narasi Essay, kamu bisa mengeluarkan pendapat yang ingin kamu sampaikan.

  • Persuasi Atau Argumentasi Essay

Persuasi atau Argumentasi Essay adalah essay , yang sering digunakan dalam pembelajaran di kampus.  Essay ini berisi sebuah topik yang sudah ditentukan, yang nantinya akan menjadi persuasi atau menjadi argumentasi.

  • Expository Essay (Essay Menjelaskan)

Expository Essay atau bahasa Indonesianya adalah menjelaskan, berisi tentang sebuah tema yang nantinya dijelaskan dalam sebuah tulisan.  Contoh tulisan Essay Expository adalah , Bahaya dan Penyebab Penyakit Kanker .

baca juga

Tips Menulis Academic Essay

  1. Pilih Topik Yang Ingin Dibahas

Untuk menulis Academic Essay, kamu harus menentukan topik yang ingin dibahas.  Topik tersebut bisa tentang politik, pedidikan, dan lain sebagainya.  Topik tersebut harus relevan dengan keadaan zaman sekarang, sehingga Academic Essay kamu bisa menarik untuk dibaca.

  • Buat Tulisannya

Setelah membuat topik yang ingin dibahas, langkah selanjutnya adalah membuat tulisannya. Tulisan kamu awali dengan pendahuluan, isian dari Essay, dan juga penutup.  Buat tulisan yang rapi dan menark, agar Academic Essay kamu berbeda dengan yang lain.

Sekian informasi mengenai kursus dan tips menulis Academic Essay. Semoga informasinya bisa bermanfaat, untuk kamu yang ingin menulis Academic Essay.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!