Kumpulan Kata Bijak Bahasa Korea Untuk Hidup yang Lebih Berwarna

zowhy.com – Saat mendengar kata Korea apa yang hadir dalam benak kamu, zowhy? K-Drama, K-Pop, tempat kuliner, tempat wisata, atau justru keinginan untuk belajar di negeri ginseng?
Terlepas dari jawaban kamu, memang negeri ginseng ini memiliki daya pikatnya sendiri. Dari segi pendidikan saja, ada Korea Selatan masih menjadi negara favorit incaran kaum pelajar internasional. Karena kualitas pendidikan yang ditawarkan tidak main-main. Lulusannya banyak dicari di perusahaan multinasional.

Mungkin beberapa hal tersebut adalah alasan bahasa Korea menjadi bahasa yang menarik untuk dipelajari bahkan wajib nih.

Sekilas Tentang Negeri Ginseng

Dilansir dari wikipedia.org, Korea merupakan sebutan untuk wilayah dari semenanjung Asia Timur, terletak di antara Jepang dan Tiongkok tepatnya. Pasca perang dunia ke 2, wilayah Korea terbagi menjadi dua bagian, yaitu Republik Rakyat Demokratik (Korea Utara) dan Republik Korea (Korea Selatan). Secara ideologi dan pemahaman, kedua negara ini sangat berbeda, Korea selatan yang demokratik sedangkan Korea Utara yang komunis.

Sekilas Keunikan Bahasa Korea

Penulisan pada bahasa Korea disebut Hangul disusun berdasarkan alfabet, gabungan dari vokal dan huruf yang membentuk suku kata. Alfabet bahasa Korea pertama kali dikembangkan oleh King Sejong the Great pada abad ke-15. Sebelum itu, bahasa Korea ditulis menggunakan karakter alfabet China. Keunikan bahasa Korea terletak di bagian bunyi dan makna kata-katanya yang terkadang sangat dekat sehingga terasa indah.

Kata-kata Bijak Bahasa Korea yang Memotivasi

Jika menguasai bahasa Korea adalah salah satu target kamu, inilah saat yang tepat untuk memulainya, zowhy. Eits, gak perlu belajar yang susah-susah dulu, kok. Menyimak ungkapan sederhana seperti kata-kata bijak bisa jadi pilihan menarik. Karena selain menambah pengetahuan akan kosa-kata, juga memberikan pelajaran bagi kita.

Berikut ini daftar kata bijak bahasa Korea beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

  1. Impian dan Masa Depan

미래는 꿈을 믿고 일을 전심으로 일하는 사람들에게 달려 있습니다. 온 마음으로 당신의 꿈을 이루십시오.
milaeneun kkum-eul midgo il-eul jeonsim-eulo ilhaneun salamdeul-ege dallyeo issseubnida. on ma-eum-eulo dangsin-ui kkum-eul ilusibsio

Mungkin merasakan kekhawatiran terhadap masa depan seringkali kita hadapi. Melihat banyak teman seusia sudah mencapai mimpinya masing-masing, kita menjadi sangsi. Karena boro-boro mengejar mimpi, lha diri sendiri keinginannya apa saja tidak mengerti. Pernah merasa seperti itu?

Nah, makna dari kata bijak bahasa Korea ini adalah: Masa depan adalah milik mereka yang percaya akan mimpi dan bekerja sepenuh hati untuk mewujudkannya. Oleh sebab itu, merasa khawatir terhadap masa depan kita seperti apa, hanyalah membuang waktu dan energi saja. Lebih baik, mulai melangkah untuk raih impianmu dengan sepenuh hati dari sekarang.

2. Motivasi dan Kebiasaan

출발하게 만드는 힘이 ‘동기’ 라면, 계속 나이가게 만드는 힘은 ‘습관’ 이다.

Chulbalhage mandeuneun himi ‘donggi’ ramyeon, gyesok naigage mandeuneun himeun ‘seubgwan’ ida

Setiap apa yang kita lakukan pasti memiliki alasan atau motif dibaliknya. Misalnya, ketika kamu ingin menerbitkan sebuah buku solo, kamu pasti memiliki alasan kenapa harus menulis buku. Semakin kuat alasannya, semakin dalam pula pengaruhnya untuk segera bertindak. Seperti kata para motivator, mulailah dengan ‘strong why’ dan pertahankan dengan ‘strong commitment’.

Begitulah makna dari kata bijak bahasa Korea di atas: Sebuah motivasi yang memberikan suatu awalan, kebiasaan adalah yang menjaga dalam melangkah.

3. Langkah Hidup

당신의 생각이 당신의 말이 되고, 당신의 말이 당신의 행동이 되며, 당신의 행동이 당신의 습관이 되고, 당신의 습관이 당신의 품성이 되며, 당신의 품성이 당시의 운명이 된다.

Dangsineui saenggagi dangsineui mari dweigo, dangsineui mari dangsineui haengdongi dweimyeo, dangsineui haengdongi dangsineui seubgwani dweigo, dangsineui seubgwani dangsineui phumseongi dweimyeo, dangsineui phumseongi dangsineui unmyeongi dweinda

Makna dari kata bijak bahasa Korea di atas adalah kita harus bisa mengontrol pikiran dengan baik. Seperti pepatah dalam bahasa Inggris, ‘You are what you think’ artinya kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Pemikiranmu menjadi perkataanmu, perkataanmu menjadi tindakanmu, tindakanmu menjadi kebiasaanmu, kebiasaanmu menjadi karaktermu, dan karaktermu menjadi nasibmu.

4. 99 kali kegagalan

99 번 시도하고 실괘했으나 100 번 째에 성공이 찾아 왔다.

Gusibgu beon sidohago silgwaehaessena baek beon jaee seonggongi chaja watda.

Kata bijak bahasa Korea di atas berarti: ‘Saya sudah berusaha 99 kali dan selalu gagal, tetapi pada ke 100 kalinya mendapatkan kesuksesan.’ Maknanya, jika kita sudah berusaha dengan keras untuk mencapai suatu hal, kesuksesan hanyalah perihal waktu. Tetap mencoba sampai berhasil atau memilih mimpi yang lain, pilihan tersebut ada di tangan masing-masing.

5. Seorang Pemenang

승자는 결코 시도하길 멈추지 않는다.
Seungjaneun gyeolkho sidohagil meomchuji annenda.

‘Seorang pemenang tidak akan pernah berhenti berusaha.’ Artinya, kita diciptakan untuk selalu berusaha menjadi pemenang, masih ingat perumpamaan janin yang berhasil lahir ke dunia dikatakan pemenang karena memenangkan pertempuran dengan sel-sel lainnya? Begitulah, di sini, usaha menjadi poin yang sangat penting.

6. Pemilik Masa Lalu dan Masa Depan

학습을 중단하는 사람들은 과거의 소유자가되지만, 계속 공부하는 사람은 미래의 소유자가됩니다. 절대로 새로운 것을 배우지 마라
hagseub-eul jungdanhaneun salamdeul-eun gwageoui soyujagadoejiman, gyesog gongbuhaneun salam-eun milaeui soyujagadoebnida. jeoldaelo saeloun geos-eul baeuji mala

Makna dari kata bijak bahasa Korea di atas adalah: ‘Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu, namun mereka yang terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan. Oleh karenanya, jangan pernah menyerah mempelajari hal baru.’

7. Hidup Seakan Mati Besok

마치 네가 내일 죽고 영원히 사는 것처럼 공부하면된다. 우리는 죽음이 올 때까지는 알지 못하지만 인생을 위해 최선을 다합니다
machi nega naeil juggo yeong-wonhi saneun geoscheoleom gongbuhamyeondoenda. ulineun jug-eum-i ol ttaekkajineun alji moshajiman insaeng-eul wihae choeseon-eul dahabnida.

Setiap hari kita diberi jatah waktu selama 24 jam. Hitungan waktu itu akan terus berputar setiap detik dan menit. Sebagaimana waktu tidak bisa menunggu, tidak bisa berhenti, dan tidak bisa terulang. Begitulah gambaran perputaran waktu yang begitu berharga. Barang siapa menyia-yiakannya, ia akan merugi.

Makna dari kata bijak bahasa Korea di atas adalah ‘hiduplah seolah kamu mati besok dan belajarlah seolah engkau hidup selamanya. Kita tidak tahu sampai kapan ajal tiba, namun lakukan yang terbaik untuk hidup.’


Nah, itulah kumpulan kata bijak bahasa Korea yang layak kamu ketahui secara lebih jelas, zowhy. Selain memberikan semangat juga bisa dijadikan permulaan untuk mempelajari bahasa Korea lebih dalam. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan semangat untuk mempelajari bahasa Korea ya. Jika kamu menginginkan wadah untuk belajar bahasa Korea dengan tutor yang profesional, kamu bisa ambil kelas speaking basic belajar bahasa Korea di zowhy.

Semoga Bermanfaat.

sumber :

http://sigitarifian.web.ugm.ac.id/

http://sigitarifian.web.ugm.ac.id/belajar-bahasa-korea-bagi-pemula/


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!