KUASAI TIMUR TENGAH DENGAN ARABIC CONVERSATION YANG FASIH

zowhy.com – Berbagai Negara di wilayah Timur Tengah dikenal sebagai Negara yang kaya raya. Baik dari hasil bumi, ilmu pengetahuan, sejarah dan kebudayaan, serta pekerjaan dengan pendapatan yang tinggi. Itu mengapa banyak sekali warga Indonesia yang memilih bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Negara Timur Tengah.

            Untuk pekerjaan yang tidak membutuhkan level pendidikan tinggi saja, mereka (para TKI) bisa mengumpulkan pundi-pundi uang yang bisa digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan keluarga mereka di Indonesia, membangun rumah, membeli mobil, dan lainnya yang bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Coba bayangkan, bila anda mendapatkan pekerjaan di berbagai Negara Timur Tengah tersebut dengan kualifikasi pendidikan anda yang tinggi? Berapa kira-kira penghasilan yang akan anda dapatkan dengan beberapa tahun saja bekerja di sana?

            Tidak hanya arab, Dubai juga menjadi Negara Timur Tengah yang dikenal sangat kaya dan bisa memberikan gaji yang tinggi untuk para pekerjanya. Negara Timur Tengah juga dikenal sebagai pusat pendidikan tinggi yang dikenal sejak awal peradaban manusia. Banyak sekali karya ilmuwan muslim yang kita gunakan hingga saat ini, salah satunya adalah Aljabar.

            Nah, anda tertarik untuk kuliah atau bekerja di Timur Tengah? Arab? Dubai? Anda bisa kuliah atau bekerja di berbagai Negara tersebut, dengan satu syarat: menguasai bahasa Arab. Perlu anda ketahui, sama seperti Indonesia yang memiliki berbagai logat atau aksen daerah, bahasa Arab pun memiliki 4 aksen bahasa Arab yang perlu anda pahami sebelum memutuskan untuk mempelajari bahasa Arab.

            Apa saja kah ke empat aksen atau dialek bahasa arab tesebut? Berikut ini pembagian dialek bahasa arab yang perlu anda ketahui:

  1. Irak / Negara-negara Teluk / Semenanjung Arab       
  2. Suriah / Libanon / Palestina   
  3. Mesir  
  4. Maghreb

Nah, anda harus menentukan tujuan Negara Timur Tengah anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mempelajari bahasa Arab. Setelah anda mengetahui tujuan Negara anda, anda bisa mengikuti kursus bahasa arab yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips Memilih Lembaga Kursus Arabic Conversation

            Untuk mempelajari Arabic conversation, anda perlu mempelajari beberapa hal dasar terlebih dahulu, seperti huruf, kosa kata, dan tata bahasa. Tanpa mempelajari ke tiga hal dasar tersebut, sulit bagi anda untuk bisa mempelajari Arabic conversation. Karena huruf arab adalah huruf yang asing untuk kita masyarakat Indonesia, dan bahasa arab bukanlah bahasa ibu bagi kita yang tinggal di Indonesia. Jadi, anda perlu memilih lembaga kursus bahasa arab dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki program membaca, menulis, mendengar, dan berbicara dalam menggunakan bahasa Arab dengan tahapan yang jelas.

Untuk bisa berbicara dengan Arabic conversation, kita harus mempelajari huruf, cara membaca huruf tersebut, menulis dan membaca tulisan bahasa arab, menghafal dan memahami penggunaan kosa kata dan tata bahasa, mendengar dan baru kemudian menggunakan Arabic conversation sebagai bahasa komunikasi.

Tentu anda yang muslim mengetahui, ada yang namanya huruf arab gundul. Nah, pastikan anda juga akan mendapatkan materi ini dari lembaga kursus Arabic conversation yang anda pilih nantinya.

Perhatikan modul materi pengajaran yang mereka tawarkan. Apakah tahapan pembelajarannya memang masuk akal dikuasai dengan total waktu kursus? Karena bila ada tahapan yang terlewat karena keterbatasan waktu kursus, ini akan menyulitkan anda saat mempelajari Arabic conversation.

  • Memiliki program pengenalan empat dialek atau aksen dalam bahasa arab.

Setelah anda memastikan mereka memiliki modul materi pengajaran yang benar dan tepat tahapan prosesnya, cari tahu lagi apakah mereka juga akan mengajarkan Arabic conversation dengan menggunakan 4 dialek atau hanya 1 dialek saja?

Ini penting karena berkaitan dengan tujuan Negara anda. Bila anda menguasai bahasa Arab dengan dialek yang digunakan di semenanjung arab, padahal tujuan anda adalah untuk belajar atau berkuliah di Mesir, anda kemungkinan akan membutuhkan waktu lebih lama dalam mempelajari perbedaan dialek tersebut.

Untuk mempersingkat waktu, pilihhlah lembaga kursus Arabic conversation yang menggunakan 4 dialek, atau paling tidak mengajarkan Arabic conversation dengan menggunakan dialek yang anda butuhkan.

  • Pengetahuan dan sejarah, serta budaya beberapa Negara di Timur Tengah.

Anda juga bisa menanyakan apakah mereka juga akan menyelipkan materi pengetahuan sejarah dan budaya beberapa Negara Timur Tengah kepada lembaga kursus bahasa arab tersebut.

Tujuannya, tentu bila anda sudah sedikit banyak mengenal sejarah dan budaya masyarakat lokal Negara tersebut, anda akan mengetahui bagaimana seharusnya anda berkomunikasi dengan mereka pada situasi tertentu.

Contoh: budaya beberapa Negara di Eropa, bila ada yang berulang tahun, maka teman-teman mereka akan mentraktir yang ulang tahun, kebalikan dengan budaya di Indonesia bukan? Jadi, jangan sampai saat ada yang berulang tahun, lalu dengan maksud bercanda layaknya di Indonesia, anda minta ditraktir, padahal cara bercanda seperti itu di beberapa Negara dianggap sebagai sikap yang kurang sopan.

Itu mengapa, penting bagi kita untuk mengetahui sejarah, budaya, dan karakteristik masyrakat Negara tujuan kita tinggal selanjutnya.

  • Arabic conversation untuk berbagai situasi komunikasi.

Ini hampir sama dengan contoh kejadian di atas. Jadi, kita perlu memahami Arabic conversation untuk berbagai situasi. Saat berbicara dengan atasan, dengan orang yang lebih muda usianya dari kita, pada saat kuliah, pada saat bekerja, atau pada saat sedang nongkrong bareng beberapa teman. Situasi formal dan informal. Memahami Arabic conversation di berbagai situasi komunikasi, akan sangat membantu kita untuk beradaptasi dan segera bisa diterima oleh masyarakat Negara Timur Tengah tersebut.

  • Memiliki berbagai program ke Negara Timur Tengah.

Kalau tujuan anda mempelajari bahasa arab adalah untuk melanjutkan kuliah ke Mesir misalnya, maka sebaiknya anda mencari dan memilih lembaga kursus Arabic conversation yang memiliki program beasiswa atau bekerja sama dengan beberapa universitas di beberapa Negara Timur Tengah.

baca juga

Atau bila tujuan anda hanya sekadar liburan, pilihlah lembaga kursus yang menawarkan program liburan atau wisata sebagai salah satu cara untuk memperlancar komunikasi anda dalam Arabic conversation.

Kalau tujuan anda untuk bekerja, maka pililah lembaga kursus Arabic conversation yang juga memiliki program persiapan untuk bekerja di beberapa Negara Timur Tengah. Hal ini penting, agar rencana anda untuk bekerja di salah satu Negara Timur Tengah lebih mudah dan lebih cepat terwujud.

Sekarang anda sudah tahu cara memilih lembaga kursus Arabic conversation yang tepat untuk anda. Mulai sekarang, pilihlah beberapa lembaga kursus yang terbaik, dan pilihlah satu yang benar – benar bisa membantu anda mewujudkan tujuan anda menguasai Arabic conversation.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!