Kosakata Paling “Unik” di Dunia yang Perlu Kamu Tau

Pernah membayangkan ngga sih berapa jumlah kosakata bahasa di dunia ini? Atau ada berapa jumlah penutur bahasa-bahasa yang ada di dunia? Pastinya setiap manusia yang hidup di dunia menggunakan bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi, bukan?

Menurut laman wikipedia, dalam edisi Almanac tahun 2005 melaporkan bahasa-bahasa dengan 10 juta jumlah penutur utama. Apa saja?

Perkiraan World Almanac 2005:

  1. Bahasa Mandarin 874 juta
  2. Bahasa Inggris 514 juta
  3. Bahasa Hindustan 496 juta
  4. Bahasa Spanyol 425 juta
  5. Bahasa Rusia 275 juta
  6. Bahasa Indonesia 260 juta
  7. Bahasa Arab 256 juta
  8. Bahasa Bengali 215 juta
  9. Bahasa Portugis 194 juta
  10. Bahasa Prancis 129 juta

Dari daftar bahasa di atas, kita bisa melihat bahwa bahasa Inggris yang kita pelajari di sekolah tentu akan sangat berguna untuk kehidupan (karir, pendidikan, sosial) karena memiliki jumlah penutur yang sangat banyak. Jaringan pertemanan yang kamu miliki akan sangat luas dan tidak terbatas. Kalau kamu adalah tipe orang yang sangat tertantang mempelajari bahasa asing lain tak hanya bahasa Inggris, ada saatnya kamu belajar beberapa kosakata unik di dunia ini yang akan menambah perbendaharaan kosakata kamu. Simak yuk!

Baca juga: Cara Mudah Belajar Bahasa Asing Paling Efektif dan Cepat

Shivviness

Pernah mendengar kata shivviness sebelumnya? Apa sih artinya?

Dalam Bahasa Inggris kuno, definisi kata “Shivviness” adalah perasaan nyaman pada seseorang.

Uhtceare

Ketika kamu insomnia atau tidak bisa tidur karena overthinking akan hari esok, maka kamu sdang mengalami “uhtceare”. Itu adalah istilah Bahasa Inggris serapan kuno dari Uhta (jelang fajar) dan Cearu (duka), dua kata Bahasa Jerman kuno.

Twattling

Twattling terjadi saat kamu nongkrong rame-rame sambil bergosip soal hal – hal yang kurang berfaedah. Istilah tersebut berasal dari Bahasa Inggris sekitar abad 16. Kata dasarnya adalah Twat yang berarti orang bodoh tingkatan lebih rendah dari Stupid.

Cacoethes

Apakah kamu memiliki teman atau saudara yang keras kepala melakukan hal-hal yang bodoh, merugikan diri sendiri, dan konyol? Biasanya mereka melakukan hal itu karena cacoethes. Maksudnya, sebuah dorongan dalam hati untuk melakukan hal tersebut, berasal dari kata bahasa Inggris abad ke 16.

Frobly-mobly

Frobly-Mobly berarti kondisi seseorang yang sedang sakit namun tidak parah. Kata yang berasal dari bahasa Inggris abad 18.

Grumbletonians

Di media sosial saat ini, mungkin kamu sering menemui sekumpulan buzzer atau netizen yang tidak suka kinerja pemerintah kemudian menjelek-jelekkan bukan? Bahasa Inggris pada abad 17 menyebut mereka sebagai para grumbletonians, alias sekumpulan orang yang tidak bahagia, marah, benci, murka, keki, dengan pemerintahnya.

Kakistocracy

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, para grumbletonians bisa jadi ngomel-ngomel lantaran pemerintahannya berbentuk kakistocracy. Istilah Bahasa Inggris abad ke 19 ini digunakan untuk mendefinisikan sistem pemerintahan yang dijalankan orang-orang paling tidak kompeten.

Snollygoster

Istilah snollygoster juga dikenal pada abad ke 19 untuk menyebut pejabat-pejabat di kakistocacy. Apa itu? Itu adalah orang-orang bejat yang tidak berprinsip dan umumnya seorang politisi.

Callipygian

Para perempuan Inggris di abad ke 19 yang berolahraga untuk melatih otot bawah tubuh dengan gerakan macam squat sehingga menjadi callipygian, artinya memiliki bentuk tubuh yang indah dan ideal pada zamannya.

Peg Puff

Anak-anak kecil atau remaja perempuan yang berdandan seperti layaknya orang dewasa memiliki sebutan peg puff. Kalo secara harfiah, peg puff adalah perempuan muda yang berperilaku seperti orang tua bahkan nenek-nenek. Asal katanya dari Bahasa Skotlandia kuno.

Nah, itulah beberapa kosakata unik yang ada di dunia untuk menambah khasanah pengetahuan kamu di bidang bahasa zowhy. Tertarik mempelajari bahasa asing juga? zowhy siap membantu kamu dari level pemula sampai mahir!

Daftar kelas Kursus Bahasa Asing Sekarang!

Referensi:

Wikipedia. Daftar Bahasa Menurut Jumlah Penutur Asli. Diakses pada 09 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_bahasa_menurut_jumlah_penutur_asli

error: Content is protected !!