Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Belajar Bahasa Inggris

zowhy.com – Belajar Bahasa asing bisa melalui banyak cara. Ada yang melalui kursus ataupun belajar secara mandiri. Keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika memilih kursus adalah, kalian memiliki guru yang bisa mendampingi kalian belajar. Guru-guru ini juga bisa mengingatkan jika kalian salah, karena mereka memiliki tingkat kemampuan Bahasa Inggris yang tinggi dan juga banyak pengalaman. Hal tersebut, agak sulit kalian dapatkan jika kalian memilih belajar secara otodidak.

Untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan Bahasa Inggris secara langsung kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut. Lebih baik salah sekarang saat masih belajar daripada salah saat kalian sudah menggunakan Bahasa Inggris untuk keperluan profesional.

  1. Terlalu memikirkan grammar

Grammar adalah istilah untuk menyebut struktur tata Bahasa yang digunakan dalam Bahasa tertentu. Dalam Bahasa Inggris sendiri grammar memiliki banyak cabang dan jenis. Cukup banyak sebenarnya, untuk penggunaan kalimat berdasarkan waktu saja terbagi menjadi 16 tenses. Dan memang mempelajari grammar ini penting dan tidak boleh dilupakan. Kita akan membutuhkan grammar untuk membuat karangan, menulis email, dan bahkan grammar muncul di soal ujian sertifikasi seperti TOEFL dan IELTS.

Walaupun begitu, dari segi penggunaan praktisnya, grammar sebenarnya tidak perlu terlalu dipikirkan. Jika kalian akan berbicara dalam Bahasa Inggris, tidak perlu memikirkan akan menggunakan tenses apa dan bagaimana rumusnya. Kalian hanya perlu menyusun kalimat yang sekiranya mampu menyampaikan maksud kalian. Bahkan para penutur asli pun banyak yang tidak menerapkan konsep grammar yang baik saat berbicara.

  • Tidak percaya diri saat berbicara

Ini juga adalah yang biasanya dirasakan oleh para pemula, apalagi saat bertemu dengan orang bule. Sebenarnya apapun kesalahan yang akan kita katakan nantinya, besar kemungkinan akan dimaklumi juga. Karena toh kita adalah orang asing bagi mereka.

Banyak orang Indonesia yang malu saat akan berbicara Bahasa Inggris karena aksen yang berbeda. Bahasa Inggris sendiri memiliki dua aksen yang terkenal, Amerika dan Inggris. Aksen Amerika memang mudah untuk diikuti karena pengucapannya jelas dan intonasinya juga biasa. Tetapi aksen Inggris agak sulit diikuti lidah orang Indonesia. Tidak perlu malu saat kita tidak menggunakan dua aksen tersebut. Karena mau diucapkan dengan bagaimanapun, Bahasa Inggris tetaplah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris dengan aksen jawa pun juga tetap dapat tersampaikan dengan baik. Jadi tidak perlu malu.

  • Kurang praktik

Ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pemula yang hanya belajar melalui buku alias teorinya saja. Tanpa praktik, kalian tidak akan bisa menguasai penggunaan Bahasa Inggris secara sempurna. Jadi usahakan untuk tetap mempraktikkan apa yang sudah kalian pelajari. Kalian bisa mempraktikkannya sesuai dengan aspek Reading, Writing, Listening, Speaking. Beberapa caranya adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris, menulis artikel dalam Bahasa Inggris, menonton film dalam Bahasa Inggris, atau mengobrol dengan penutur asli atau orang sekitar menggunakan Bahasa Inggris.

  • Tidak berlatih Listening (mendengarkan)

Listening adalah salah satu aspek yang paling penting dalam belajar Bahasa. Melalui praktik Listening, kalian juga bisa mempraktikkan beberapa aspek yang lain seperti grammar, vocabulary, dan pronunciation. Caranya pun tidak sulit. Kalian bisa praktik Listening sambil menonton film atau acara tv yang kalian sukai, mendengarkan lagu favorit, atau yang sedang trend sekarang, mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

baca juga

  • Tidak konsisten

Terakhir, adalah kurang konsisten. Konsistensi diperlukan dalam setiap metode pembelajaran. Dan hasil belajar kalian akan jadi sia-sia kalau kalian tiba-tiba menyerah dan berhenti belajar di tengah-tengah. Tidak ada proses belajar yang instan, kalaupun bisa cepat itu pasti tidak akan bertahan lama. Untuk mengatasinya, kalian bisa memasukkan program belajar Bahasa Inggris dalam rutinitas sehari-hari kalian. Kalian juga bisa merubah metode belajar kalian jadi lebih menyenangkan dengan memasukkan games atau menyambungkannya dengan hal-hal yang kalian sukai. Selamat belajar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!