Kenapa Belajar Hangul Korea Penting? Ini Alasannya

Di era persaingan global yang terjadi saat ini, memiliki keahlian berbahasa asing pasti akan memberikan banyak manfaat. Jika kamu tertarik belajar bahasa asing seperti bahasa Korea misalnya, kamu harus mulai belajar Hangul Korea. Namun, sebelum penjelasan lebih lanjut, pelajari sejarah huruf Hangul Korea berikut ini.

Sejarah Huruf Hangul

Raja Sejong

Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung. Selanjutnya, pada tahun 1446, Hangeul ditampilkan dalam bentuk terpublikasi beserta pedoman penjelasan rinci. Sejong menamakan alfabet tersebut Hunminjeongeum (“Suara yang tepat untuk diajarkan kepada rakyat”). Alfabet ini sekarang dinamakan Hangeul yang bermakna “Alfabet Han” atau “Alfabet Agung”. Meskipun dianjurkan oleh raja, tidak banyak sarjana Joseon yang mau menulis dengan Hangeul. Para sarjana menganggap bahwa Hangeul adalah alfabet untuk wanita (eon-mun) karena sangat mudah untuk dipelajari. sarjana dan bangsawan yang kebanyakan kaum pria masih menggunakan hanja. Sastrawan wanita yang dikenal akan karya-karya dalam Hangeul antara lain Shin Saimdang (1504-51), Heo Nanseolheon (1563-89) dan Myeongseong (1851-95).

Belajar Huruf Korea

Belajar menulis Hangeul mungkin akan lebih mudah karena hurufnya lebih sederhana. Memangnya, huruf Hangeul itu seperti apa sih? Nah, ayo coba pelajari dulu!

40 Huruf Hangul

Huruf Hangeul terdiri dari huruf vokal dan huruf konsonan. Gimana ya, cara bacanya?

Huruf Hangeul: Vokal

Jika huruf vokal Hangeul berdiri sendiri tanpa huruf konsonan, maka harus ada huruf ㅇ yang mendampinginya.

Contoh:
우 :  (u)

Huruf HangeulRomanisasi
A
Ya
Eo
Yeo
O
Yo
U
Yu
Eu
I
Ae
Yae
E
Ye
Wa
Wae
Oe
We
Wo
Wi
Ui/Yi

Huruf Hangeul: Konsonan

Huruf vokal nggak bisa berdiri sendiri tanpa huruf konsonan. Seperti apa bentuk huruf konsonan untuk Hangeul?

Huruf HangeulRomanisasi
G/K
N
D
R/L
M
B/P
S
-Ng
J/C
Kh
T
P
Ch
H

Huruf Hangeul: Konsonan Double

Huruf konsonan double Hangeul biasanya digunakan untuk menunjukkan kalimat dengan penekanan.

Contoh:

빨리 (Ppal-li) = Cepat.

Huruf HangeulRomanisasi
Kk
Dd/Tt
Bb/Pp
Ss
Jj

Huruf Hangeul: Batchim

Batchim (밭침) atau sounds of the final consonant merupakan bunyi konsonan akhir yang ada pada suatu kata yang akan mempengaruhi pelafalan kata tersebut.

Contoh:

Huruf BatchimContoh KataArtiPenjelasan
ㅂ (B)어렵다 (Eo-ryeob-da)Susah어렵다 berubah menjadi 어려워요 (Eo-ryeo-wo-yo). ㅂ hilang diganti dengan 워 (Wo).
ㄷ (D)듣다 (Deud-da)Mendengar듣다 berubah menjadi 들어요 ( Deur-eo-yo) karena ㄷ hilang dan diganti dengan ㄹ.
ㄹ (R)만들다 (Man-deul-da)Membuat만들다 berubah menjadi 만듭니다 (Man-deub-ni-da). Batchim ㄹ akan hilang jika bertemu dengan huruf ㄴ, ㅂ, ㅅ, dan 으.

Arti Nama Tulisan Hangul

Setelah mengerti sejarah tulisan Hangul dan macam-macam huruf Hangul, kamu bisa belajar apa sih filosofi Hangul untuk mengenal lebih lanjut. Hangul adalah alfabet dalam bahasa Korea dan Hangul diciptakan oleh dasar filosofil Raja Sejong. Tulisan Hangul diciptakan dari gabungan garis-garis yang mengandung arti filosofis menggabungkan komponen langit, bumi dan manusia. 

Penulisan huruf hangul memiliki aturannya tersendiri, diantarannya seperti ini:

  • penulisan huruf dimulai dari sebelah kiri
  • huruf ditulis horizontal ke arah samping, walaupun dulunya bangsa Korea menulis dengan aturan vertikal ke bawah.

Cara Menulis Hangul

Cara Menulis Hangul di Keyboard

Berikut cara menulis hangul menggunakan keyboard komputer yang bisa kamu coba, zowhy!

  1. Tambahkan layout keyboard korea. Buka jendela pengaturan atau Settings dengan mengeklik Start lalu Settings. Pada jendela Settings, pilih menu Time & language.
  2. Pilih Region & language di panel kiri dan klik Add a language di panel kanan. Carilah pilihan 한국어 Korean untuk menambahkan bahasa Korea.
  3. Di bagian Languages, klik 한국어 lalu klik Options. Kamu mungkin perlu menunggu beberapa saat untuk Windows men-download fitur tambahan untuk mengetik.
  4. Di layar Options, lihat pada bagian Keyboards. Pastikan bahwa keyboard Microsoft IME sudah terdaftar di situ. Jika tidak ada, klik Add a Keyboard lalu pilih Microsoft IME.

Cara Menulis Hangul di HP

Selain melalui keyboard, adakalanya kamu ingin menulis hangul di HP. Berikut cara menulis huruf Hangul menggunakan Hp yang bisa kamu praktekkan, zowhy:

  1. Buka menu setelan, klik bahasa dan kawasan
  2. Klik Touchpal for Vivo (Jika kamu pengguna vivo) lalu pilih menu bahasa.

Kenapa Belajar Tulisan Hangul Penting?

Tahukah kamu bahasa Korea adalah bahasa ke-17 yang paling banyak digunakan di dunia dengan estimasi sekitar 80 Juta penutur asli. Demikian Korea Selatan merupakan negara dengan ekonomi terbesar ke-13 di dunia dan negara yang indah serta dinamis. Jadi, jika kamu ingin bepergian, belajar, bekerja atau bahkan berbisnis di sana, kamu harus mempertimbangkan untuk belajar bahasa Korea dahulu.

Lalu, kenapa belajar Hangul Korea itu penting? Ketika kamu bisa mahir bahasa Korea ada banyak peluang bagus yang siap menghampiri kamu, seperti peluang karir dan beasiswa pendidikan.

Peluang Beasiswa Pendidikan

Korea Selatan memiliki beberapa universitas hebat yang memiliki kekhususan studi tentang teknologi, beberapa di antaranya adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH). Salah satu syarat mutlak untuk berkuliah di kampus-kampus tersebut adalah kemampuan berbahasa Korea yang tentunya akan sangat berpengaruh pada kehidupan perkuliahan di sana nantinya. Kita sudah melihat bagaimana negara ini mampu melahirkan merek-merek besar dengan teknologi yang diakui dunia.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di negara Korea, kemampuan mahir berbahasa Korea tentu sangat membantu kamu mewujudkan mimpi itu. Beberapa beasiswa ke Korea ini bisa kamu coba.

  1. Korean Government Scholarship Program (KGSP)
  2. Scholarship for Asian Students Studying in Korea dari POSCO TJ Park Foundation
  3. Art Major Asian (AMA) + Scholarship
  4. The Korea International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program
  5. POSCO Fellowship for Graduate Institute of Ferrous Technology (GIFT) Students di POSTECH
  6. Korea Green Promotion Agency (KGPA) Scholarship Program
  7. AFoCo Landmark Graduate Scholarship Program dari ASEAN-Korea Forest Cooperation (AFoCo)

Baca juga: Beasiswa GIST Scholarship untuk kuliah S2 S3 di Korea Selatan

Peluang Karir

Apakah tujuan kamu belajar bahasa Korea adalah mendapatkan peluang karir yang bagus dan luas?

Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal, Korea Selatan adalah negara ketiga terbesar yang berinvestasi di Indonesia setelah Singapura dan Jepang. Perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, LG, dan Pacific Place Indonesia telah menghasilkan investasi sebesar triliunan dolar AS, dan saat ini ada 2200 perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia. Menguasai Bahasa Korea tentunya akan meningkatkan kesempatan kamu untuk memiliki karir yang baik di perusahaan-perusahaan Korea tersebut.

Jika kamu memiliki keahlian bahasa Korea, berikut beberapa peluang kerja yang bisa kamu pertimbangkan diantaranya seperti di bawah ini:

  1. Perawat hewan peliharaan
  2. Teknik pembangunan
  3. Akuntan
  4. Perhotelan atau pariwisata
  5. Guru

Daftar pekerjaan di atas bisa kamu coba jika kamu memiliki background pendidikan dan pengalaman yang relevan ya, zowhy.

Itulah mengapa belajar ‘hangul’ atau kursus bahasa Korea itu penting. Kursus bahasa Korea tentunya bukan hanya sebagai gaya-gayaan semata. Pasalnya, salah satu persyaratan untuk bisa bekerja di Korea adalah mengetahui kosakata bahasa Korea dengan minimal 2.000 kata. Selain itu peluang mendapatkan beasiswa pendidikan di Korea juga terbuka luas.

Jadi, apakah kamu semakin tak sabar untuk mulai belajar Hangul Korea? Tenang saja, kamu pasti bisa menggapai impian tersebut, kok.

error: Content is protected !!