Kenapa Belajar Bahasa Korea?

zowhy.com – Semua orang di seluruh dunia sekarang ini pasti sudah mengenal tentang Korea dan segala kreatifitas dunia hiburannya, sebut saja drama korea, K-pop, bahkan sekarang makanan-makanan khas Korea pun sudah mendunia.

Perbandingannya adalah, jika dulu fans girlband atau boyband K-pop hanya terbatas di Korea Selatan saja, sekarang bahkan hampir setengah fans mereka berasal dari luar Korea.

Seiring semakin mendunianya dunia hiburan Korea, Bahasa Korea juga ikut naik daun dan menjadi salah satu Bahasa yang paling diminati untuk dipelajari. Walaupun begitu, Bahasa Korea juga tergolong cukup sulit karena bentuk alfabetnya dan juga pengucapan atau pronunciation-nya yang unik.

Hal ini membuat orang-orang yang ragu untuk mulai belajar Bahasa Korea. Selain karena dunia hiburannya yang menarik, Bahasa Korea masih memiliki banyak alasan lain untuk dipelajari. Di bawah ini adalah beberapa alasan untuk belajar Bahasa Korea bagi kalian yang masih ragu:

Pasti Berguna

Walaupun hanya digunakan sebagai Bahasa resmi di Korea, jangan remehkan Bahasa Korea, karena pengguna Bahasa Korea sekarang kurang lebih ada 75 juta orang di seluruh dunia. Bahasa Korea juga menduduki peringkat ke-18 sebagai Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Kalian bisa menggunakan Bahasa Korea untuk berbagai keperluan, mulai dari wisata sampai bisnis. Jika tidak ada kepentingan dalam bidang itupun, Bahasa Korea masih bisa digunakan untuk membantu pada saat menonton drama atau film Korea yang sekarang sudah mendunia.

Jika dibandingkan dengan “saudaranya”, seperti Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin, Bahasa Korea juga terhitung cukup mudah untuk dipelajari. Jadi tidak akan sia-sia waktu dan tenaga yang kalian korbankan untuk belajar Bahasa Korea.

Alfabetnya tidak sesulit itu

Mungkin banyak di antara kalian yang takut duluan sebelum mulai belajar Bahasa Korea karena melihat bentuk alfabetnya yang tidak biasa. Hangul atau Hangeul adalah istilah untuk menyebut alfabet Bahasa Korea yang diciptakan pada masa pemerintahan Raja Sejong.

Pada saat itu Hangeul ini sengaja diciptakan untuk mempermudah belajar Bahasa dan membasmi buta huruf yang mengancam masyarakat kelas bawah.  Bahkan para cendekiawan menyebut Hangeul ini sangat mudah dipelajari sampai keluar kalimat, “orang pintar bisa mempelajarinya dalam satu hari, dan orang bodoh bisa mempelajarinya dalam sepuluh hari”.

Jika kalian memang berniat untuk mempelajarinya, bentuk Hangeul jauh lebih mudah dan tidak rumit jika dibandingkan dengan alfabet Bahasa Cina atau Jepang. Jadi tidak ada alasan lagi untuk takut belajar ya.

Banyak kata Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Korea ada istilah “Konglish” yang mengacu pada penggunaan kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan perubahan pengucapan dan penulisan sehingga menjadi seperti Bahasa Korea. Beberapa contohnya adalah kata “live” dan “vibe” yang bisa berubah menjadi “lai-beu” dan “pai-beu”.

Ini tentunya sangat memudahkan para orang asing yang ingin belajar Bahasa Korea. Jika kalian tiba-tiba lupa suatu kata dalam Bahasa Korea, coba saja gunakan Bahasa Inggris dengan sedikit merubah teknik pengucapannya menjadi logat khas Korea.

Tidak hanya orang asing saja yang menggunakan trik ini, kebanyakan anak muda Korea juga banyak yang mengucapkan Konglish dalam kehidupan sehari-hari. Mereka menganggap Konglish sebagai gaya Bahasa yang keren dan trendy.

Negara yang indah

Korea adalah negara yang indah dan terkenal akan berbagai sarana dan prasarana pariwisatanya yang terawat dengan baik. Ada Pulau Jeju juga Namsan Tower yang terkenal sebagai objek wisata favorit.

Selain itu, Korea juga merupakan negara empat musim yang menawarkan pengalaman berwisata yang berbeda di setiap musimnya. Jika kalian memiliki hobi traveling atau memang ingin berkunjung ke Korea, menguasai Bahasa Korea tentunya dapat semakin memaksimalkan pengalaman berlibur kalian.

Bahasa Korea bisa membantu untuk berkomunikasi dengan warga lokal. Selain itu, di daerah objek wisata juga banyak papan petunjuk dan penjelasan dalam Hangeul atau alfabet Korea, sehingga butuh skill Bahasa Korea untuk bisa membacanya.

Konten hiburannya

Korea tidak bisa lepas dengan berbagai konten hiburannya yang menarik, mulai dari K-pop hingga K-drama dan K-movie. Dengan menguasai Bahasa Korea, kalian tentunya dapat lebih meningkatkan pengalaman kalian menikmati konten-konten ini.

Kalian yang suka K-pop jadi lebih bisa memahami arti lirik-lirik lagu favorit kalian. Bagi yang suka drama, film, atau reality show Korea juga jadi lebih bisa memahami konten-konten tersebut dengan baik.

Tidak perlu lagi hanya iku-ikutan tertawa karena tidak mengerti apa yang dibercandakan. Selain itu, makna yang disampaikan para berbagai konten hiburan ini juga akan tersampaikan dan dipahami dengan baik dan mungkin bisa menjadi pelajaran hidup yang berharga.

Peluang kerja terbuka

Alasan yang ini tentu saja akan diminati oleh para pencari kerja jaman sekarang. Seperti yang kita tahu, Korea juga merupakan salah satu negara yang unggul dalam bidang bisnis dan teknologi di Asia dan dunia.

Ada beberapa perusahaan-perusahaan asal Korea yang sudah mendunia seperti Samsung, Hyundai, dan LG. Korea juga terkenal dengan berbagai inovasi-inovasi bisnisnya yang menarik.

Jadi, jika kalian menguasai Bahasa Korea, tentunya akan dapat memperbesar peluang untuk diterima bekerja di berbagai perusahaan besar asal Korea. Penguasaan Bahasa Korea yang dibuktikan dengan sertifikat resmi akan memberikan nilai tambah yang menguntungkan di mata perusahaan.

Universitas kelas dunia

Bagi para calon mahasiswa baru ataupun mahasiswa yang sedang mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan S2 maupun S3, Korea Selatan bisa dijadikan pilihan. Di Korea ada banyak universitas berkualitas yang tidak kalah kualitas pendidikannya dengan universitas di negara barat.

Beberapa yang terkenal adalah universitas-universitas yang berfokus pada bidang teknologi seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH). Kedua universitas tersebut sudah menghasilkan banyak lulusan berkualitas dan juga menciptakan berbagai inovasi teknologi yang bermanfaat.

Jika anda berminat untuk berkuliah di Korea Selatan, salah satu syaratnya adalah harus menguasai Bahasa Korea dengan level tertentu. Penguasaan Bahasa Korea akan sangat membantu jalannya kuliah dan juga komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Jika anda berminat untuk mendalami lebih dalam tentang Korea dan mempelajari bahasanya, salah satu cara belajar yang paling efektif adalah dengan mengikuti kursus. Di tempat kursus anda akan diajar oleh pengajar-pengajar profesional menggunakan kurikulum pembelajaran yang sudah terbukti efektif.

zowhy.com memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. zowhy.com juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Belajar bahasa korea

bahasa korea untuk pemula

undercovercoid

tips bahasa korea

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Korea.

baca juga

Di zowhy.com tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!