Shrink Film & Stretch Film Untuk Packaging Makanan

Multikemasplastindo , Multi Kemas Plastindo , Distributor Shrink Film , Distributor Stretch Film , Walaupun merupakan salah satu material packaging yang paling banyak diminati di dunia, tidak semua jenis produk cocok menggunakan shrink film.

Berusaha memaksakannya justru akan berpotensi mendatangkan masalah baru, mulai dari masalah keamanan hingga kesehatan.

Dengan mencari tahu informasi jenis produk apa yang tidak cocok dengan distributor shrink film ,

pemilik usaha akan bisa memperkecil resiko dan memilih tipe packaging yang sesuai. Berikut adalah beberapa jenis produk yang tidak disarankan menggunakan shrink film untuk packaging-nya:

Shrink Film Produk interaktif

Pengaplikasian shrink film akan menutup rapat produk dan membuat produk susah digerakkan. Hal ini tentunya tidak sesuai untuk jenis produk-produk interaktif yang memang butuh untuk digerakkan.

Contohnya adalah produk mainan anak yang memiliki tombol yang bisa disentuh atau tuas yang bisa digerakkan.

Jika ingin mengijinkan pembeli mencoba menggerakan produk, tentunya hal itu tidak bisa terjadi jika produk dibungkus menggunakan shrink film.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan jenis kardus atau tipe packaging lain yang tidak menutupi keseluruhan produk atau yang masih memungkinkan produk untuk digerakkan.

Shrink Film Produk yang butuh oksigen

Karena hasil akhirnya yang rapat dan kedap udara, shrink film tentunya tidak akan cocok untuk produk yang butuh oksigen atau ruang untuk “bernapas”.

Memang sekarang sudah ada pilihan shrink film yang menggunakan perforasi, tetapi harganya lebih mahal dibandingkan shrink film yang biasa.

Beberapa contoh produk yang membutuhkan oksigen diantaranya adalah makanan yang mudah busuk dan bahan organik lain yang butuh oksigen untuk tetap fresh.

Shrink Film Produk sensitif suhu

Proses pengaplikasian shrink film membutuhkan ekspos panas dalam waktu yang cukup lama. Ini tentunya tidak cocok digunakan kepada produk yang sensitif terhadap suhu panas atau yang tidak tahan terkena suhu panas tinggi dalam waktu lama.

Jika dipaksakan, produk justru bisa mengalami kerusakan atau bahkan meleleh saat dilewatkan di mesin pemanas. Produsen bisa mengetes terlebih dulu sensitivitas produk sebelum memulai proses packaging.

Shrink Film Produk hasil industri kecil

Tidak bisa dipungkiri, biaya yang dibutuhkan untuk proses packaging menggunakan shrink film tidaklah sedikit. Selain membeli bahan baku shrink film, masih diperlukan juga mesin atau alat pemanas, ini tentunya bisa sangat membebani industri kecil atau rumahan.

Shrink film mungkin cocok untuk industri besar yang memproduksi banyak produk sekaligus dan butuh waktu cepat untuk proses packaging. Industri besar juga bisa membeli banyak gulungan shrink film sekaligus, sehingga bisa menghemat biaya.

Sedangkan untuk industri yang memproduksi tidak terlalu banyak produk, ini tentunya malah berpotensi mendatangkan kerugian. Apalagi jika packaging yang dipilih bukanlah shrink film polos, melainkan shrink film printed yang sudah dihias dengan design gambar atau logo.

baca juga

stretch film Alternatif pengganti shrink film

Ada banyak tipe packaging lain yang bisa menjadi alternatif pengganti shrink film. Untuk bahan plastik, ada stretch film yang mirip tapi memiliki pengaplikasian yang berbeda dari shrink film, atau bisa juga menggunakan plastik dalam bentuk lain seperti misalnya kotak atau pouch.

POF Shrink Film

Untuk bahan selain plastik juga masih banyak yang bisa digunakan, seperti kardus atau kaca. Memilih tipe packaging yang sesuai dengan produk anda tentunya dapat menjamin kualitas produk, meningkatkan penampilan produk, dan tentunya meneka biaya packaging.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP).

Perusahaan Distributor ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!