Inilah Penjelasan Tipe Kepribadian INFP Paling Lengkap

“Unlike any other creature on this planet, humans
can think themselves into other people’s places.”

J.K Rowling

Contents

Apa Itu INFP?

Season 3 Discovery GIF by Paramount+

Orang dengan kepribadian INFP fokus ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi orang-orang. Tujuan utama mereka adalah menemukan arti mereka dalam kehidupan. Mereka adalah orang yang idealis dan perfeksionis, yang menggerakkan diri mereka untuk mencapai tujuan. Mereka juga terus mencoba menemukan kebenaran dan arti dari sesuatu yang tertutupi.

Julukan untuk orang dengan kepribadian INFP: The Idealist, The Dreamer

Introversion (I): INFP cenderung pendiam dan menyendiri. Mereka lebih memilih berteman dengan sedikit orang.

Intuitive (N): INFP cenderung melihat pada gambaran besar daripada detail. Mereka teliti pada hal yang disukai tapi mengabaikan detail yang membosankan.

Feeling (F): INFP lebih banyak dipengaruhi oleh perasaan mereka daripada informasi obyektif.

Perceiving (P): INFP senang menjaga pilihan tetap terbuka, jadi mereka lebih sering menunda membuat keputusan untuk melihat apakah ada pilihan atau situasi yang baru.

Watak: Intuitive – Feeling (visionary)
Populasi:
Total: 2%

Pria: 1,5%
Wanita: 2,5%

Fungsi primer: Introversion Feeling
Fungsi sekunder: Extraversion Intuition
Fungsi tertier: Introversion Sensing

Fungsi inferior: Extraverted Thinking

Secara umum, INFP adalah pendengar yang baik dan menempatkan orang dalam ketentraman. Meskipun merekamenahan untuk mengekspresikan emosi, mereka dapat peduli dan tertarik untuk mengerti orang lain. Hal ini menjadikan INFP seorang teman yang bernilai. Mereka dapat menjadi hangat dengan orang-orang yang mereka kenal baik.

INFP tidak menyukai konflik dan mencoba untuk menjauhinya.Jika mereka harus menghadapi konflik, mereka akan selalu menggunakan pendekatan perasaan.

INFP memiliki standar yang tinggi dan perfeksionis, mereka biasanya keras pada diri sendiri dan tidak memberikan diri mereka cukup penghargaan. Mereka mungkin akan memiliki masalah saat berkerja dalam kelompok, karena standar mereka cenderung lebih tinggi dari anggota lainnya. Di situasi kelompok, mereka memiliki masalah dalam “kontrol.” INFP perlu bekerjadengan seimbang memenuhi standar mereka dan kebutuhan sehari-hari.

Beberapa ciri kepribadian INFP antara lain:

a. Sistem nilai kuat
b. Tertarik dan hangat pada orang lain
c. Service-oriented, mengutamakan kebutuhan orang lain
daripada diri sendiri
d. Loyal dan mengabdikan diri para orang lain atau alasan
tertentu

e.Future-oriented
f. Growth-oriented, selalu ingin berkembang secara positif
g. Kreatif dan inspiratif
h. Fleksibel
i. Sensitif dan kompleks

j.Tidak suka berhadapan dengan detail dan pekerjaan rutin
k. Orisinil dan individualistik, “out of the mainstream”
l. Memiliki kemampuan komunikasi lewat tulisan dengan
baik
m. Memilih untuk bekerja sendirian dan memiliki
masalah saat bekerja dalam tim

n. Ingin dilihat dan diapresiasi siapa mereka sebenarnya

Karir INFP

Pekerjaan-pekerjaan berikut ini merupakan pekerjaan yang
cocok atau menjadi pekerjaan favorit bagi orang dengan tipe
kepribadian INFP:

Aktivis
b. Arsitek
c. Artis
d. Aktor
e. Pembimbing konseling
f. Editor
g. Pembuat film

h. Fashion desainer
i. Jurnalis
j. Penulis
k. Psikolog
l. Pekerja sosial
m. Musisi

Anne Hathaway Quarantine GIF by HBO Max

Kekuatan dan Kelemahan

Idealis. INFP adalah orang yang idealis yang percaya bahwa orang lain sebenarnya baik, hanya mungkin karena salah paham saja.

Mencari keharmonisan. Orang INFP tidak memiliki ketertarikan untuk mengendalikan orang lain. Mereka memiliki pendekatan demokratis dan bekerja keras agar setiap suara dan pandangan dapat didengar.

Terbuka dan fleksibel. INFP tidak suka dibatasi dengan aturan. Mereka memberikan manfaat dan selama prinsip dan ide mereka tidak diganggu maka mereka akan selalu mendukung orang lain yang mereka pikir benar.

Sangat kreatif. INFP mengkombinasikan intuisi mereka dengan pikiran terbuka sehingga mereka dapat melihat dari sudut pandang yang tidak biasa. Menjadi bisa menghubungkan titik-titik yang jauh menjadi sebuah tema, jadi tak heran banyak dari INFP yang menjadi penyair dan penulis.

Orang INFP akan mendedikasikan waktu, energi, dan pikirannya untuk sesuatu yang mereka percayai dan menjadi tujuan hidupnya. Sifat pemalu mereka mungkin akan menjauhkan mereka dari podium, tapi mereka akan menjadi orang pertama yang memberikan bantuan saat dibutuhkan.

Saat yang lain fokus pada tantangan yang membuat mereka menyerah karena terlalu keras, maka INFP (terutama yang assertive) dapat memberikan bantuan.

Kelemahan

Terlalu idealis. INFP sering melihat idealisme terlalu dalam sehingga sering membuat mereka kurang puas lagi dan lagi. Ini juga bisa terjadi pada level pribadi, seperti pandangan mereka terhadap pasangan.

Terlalu mementingkan orang lain. INFP kadang melihat diri mereka sebagai seorang yang egois, tapi hanya karena mereka ingin memberikan yang lebih dari yang mereka mampu. Mereka kadang terlalu memaksakan diri untuk mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri.

Tidak praktis/berguna. Saat INFP mengimajinasikan sesuatu, mereka menjadi tidak peduli pada kebutuhan sehari-hari dan kesenangan.

Tidak suka berhadapan dengan data. INFP kadang terlalu fokus pada gambaran besar dan mereka kemudian lupa bahwa hutan saja terdiri dari pohon-pohon. INFP dipengaruhi oleh perasaan mereka, jadi saat fakta dan data tidak sesuai dengan idealism mereka maka itu akan menjadi tantangan bagi mereka.

Menghadapi masalah secara personal. Kadang mereka menghadapi tantangan dan kritik secara personal dan tidak membuatnya sebagai inspirasi. Untuk menghindari konflik, kadang INFP harus menghabiskan energi untuk membuat prinsip dan kritik mereka dapat memuaskan semua orang.

Sulit untuk diketahui. INFP adalah orang yang privat, pendiam, dan sadar diri. Hal tersebut membuat mereka sulit untuk diketahui.

Itulah penjelasan lengkap dari tipe kerpibadian INFP. Kenalilah tipe diri kamu sendiri seperti apa agar lebih bisa mengoptimalkannya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

www.16personalities.com

Sumber gambar: freepik.com

error: Content is protected !!